Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Yusuf Ayat 33

قَالَ رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ

Arab-Latin: Qāla rabbis-sijnu aḥabbu ilayya mimmā yad'ụnanī ilaīh, wa illā taṣrif 'annī kaidahunna aṣbu ilaihinna wa akum minal-jāhilīn

Terjemah Arti: Yusuf berkata: "Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh".

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Yusuf berkata memohon perlindungan dari keburukan dan tipu daya mereka, ”wahai tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada apa yang mereka pinta kepadaku berupa perbuatan zina. Dan bila engkau tidak menghindarkan dariku tipu daya mereka, niscaya aku akan condong kepada mereka dan aku akan termasuk orang-orang bodoh yang melakukan dosa karena kebodohan mereka.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

33. Yusuf -'alaihissalām- berdoa kepada Tuhannya seraya berkata, "Ya Tuhanku! Aku lebih suka dijebloskan ke dalam penjara seperti ancamannya daripada melayani keinginannya berbuat mesum. Jika Engkau tidak menghindarkan aku dari tipu daya mereka, niscaya aku akan terpikat oleh mereka. Dan jika aku terpikat oleh mereka dan menuruti apa yang mereka inginkan, niscaya aku termasuk ke dalam golongan orang-orang yang bodoh."

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

33. قَالَ (Yusuf berkata)
Sambil bermunajat dan berlindung kepada Tuhannya.

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِمَّا يَدْعُونَنِىٓ إِلَيْهِ ۖ( Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku)
Yakni ajakan mereka untuk berbuat kemaksiatan yang besar yang dapat melenyapkan kebaikan dunia dan akhirat.
Yusuf berdoa dengan doa ini kerena para wanita tersebut juga mengajaknya untuk berzina dengannya, dengan dalil perkataan sang raja yang akan disebutkan pada lanjutkan kisah ini (قال ما خطبكن إذ راوتن عن نفسه).

وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّى كَيْدَهُنَّ (Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka)
Yakni makar mereka kepadaku berupa godaan untuk mentaati mereka dan ancaman jika menolak mereka.

أَصْبُ إِلَيْهِنَّ (tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka))
Yakni aku akan condong kepada mereka.

وَأَكُن مِّنَ الْجٰهِلِينَ (dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh)
Yang berbuat dengan perbuatan orang-orang bodoh.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

33. Yusuf berdoa memohon kepada Allah SWT: “Wahai Tuhanku, hukuman penjara yang diancamkan oleh wanita ini lebih aku sukai daripada kemaksiatan yang mereka serukan kepadaku. Jika engkau tidak membebaskanku dari tipu daya mereka, maka aku akan condong kepada mereka dan membantu mereka dalam memenuhi keinginan mereka. Dan saat itu juga aku akan termasuk golongan orang-orang bodoh yang terlibat dalam kemungkaran karena sembrono.” Permintaan perlindungan kepada Allah ini ketika musibah dan fitnah semakin besar.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Makna kata :
(أَصۡبُ إِلَيۡهِنَّ) ashbu ilahihinn : aku condong kepada mereka.
(وَأَكُن مِّنَ ٱلۡجَٰهِلِينَ) wa akum minal jaahiliin : menjadi orang-orang berdosa, karena tidak lah seseorang melakukan maksiat kecuali orang itu bodoh akan kekuasaan Allah dan pengawasan-Nya.

Makna ayat :
Setelah itu Yusuf pun bersegera lari kepada Rabbnya agar bisa terlepas dari jerat makar wanita itu berdoa—sebagimana yang Allah kabarkan—( قَالَ رَبِّ ٱلسِّجۡنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدۡعُونَنِيٓ إِلَيۡهِۖ) Wahai Rabbku—dengan perkataan ini permohonannya kepada Rabbnya terhitung sebagai doa—( ٱلسِّجۡنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدۡعُونَنِيٓ إِلَيۡهِۖ) penjara lebih aku sukai dari apa yang mereka ajak aku kepadanya berupa dosa (وَإِلَّا تَصۡرِفۡ عَنِّي كَيۡدَهُنَّ) jika Engkau tidak menjauhkan aku dari tipu daya para wanita itu (أَصۡبُ إِلَيۡهِنَّ) dan aku condong kepada mereka (وَأَكُن) aku akan menjadi—karena perbuatanku ini—( مِّنَ ٱلۡجَٰهِلِينَ ) orang-orang yang berdosa karena bermaksiat kepada Mu.

Pelajaran dari ayat :
• Lebih sukanya Yusuf ‘alaihi salam untuk masuk penjara daripada bermaksiat kepada Allah. Ini adalah bukti dari kejujuran imannya.

Aisarut Tafasir / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, pengajar tafsir di Masjid Nabawi

Disebutkan dalam riwayat, bahwa kaum wanita itu menyuruh Yusuf menaati majikannya. Kemudian Yusuf mengucapkan kata-kata seperti yang disebutkan dalam ayat di atas.

Nabi Yusuf 'alaihis salam lebih mengutamakan dipenjara dan menerima penderitaan duniawi daripada kesenangan sesaat yang menghendaki untuk menerima azab yang berat.

Karena sesungguhnya aku lemah.

Ya, termasuk kebodohan adalah jika seseorang lebih mengutamakan kesenangan sesaat (dengan berbuat maksiat dan tidak bersabar) daripada kesenangan yang kekal selama-lamanya (dengan berbuat taat dan bersabar).

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Mendengar perkataan istri al-aziz, nabi yusuf berkata seraya memohon kepada Allah, wahai tuhanku! penjara yang gelap lagi sempit lebih aku sukai daripada tinggal di dalam istana hanya untuk memenuhi ajakan mereka memenuhi nafsu birahinya. Jika aku tidak engkau hindarkan dari tipu daya dan rayuan mereka, niscaya aku akan cenderung untuk memenuhi keinginan mereka. Dan jika aku tunduk terhadap kemauan mereka tentu aku termasuk orang yang bodoh karena telah menjerumuskan diri dalam perbuatan yang hina. Maka tuhan memperkenankan doa nabi yusuf, dan dia menghindarkan nabi yusuf dari tipu daya mereka, yakni istri al-aziz dan teman-temannya. Dialah yang maha mendengar permohonan orang-orang yang berdoa, lagi maha mengetahui seluruh perbuatan dan niat hamba-Nya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Yusuf Ayat 34 Arab-Latin, Surat Yusuf Ayat 35 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Yusuf Ayat 36, Terjemahan Tafsir Surat Yusuf Ayat 37, Isi Kandungan Surat Yusuf Ayat 38, Makna Surat Yusuf Ayat 39

Category: Surat Yusuf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!