Surat Hud Ayat 98

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يَقْدُمُ قَوْمَهُۥ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ فَأَوْرَدَهُمُ ٱلنَّارَ ۖ وَبِئْسَ ٱلْوِرْدُ ٱلْمَوْرُودُ

Arab-Latin: Yaqdumu qaumahụ yaumal-qiyāmati fa auradahumun-nār, wa bi`sal-wirdul-maurụd

Artinya: Ia berjalan di muka kaumnya di hari kiamat lalu memasukkan mereka ke dalam neraka. Neraka itu seburuk-buruk tempat yang didatangi.

« Hud 97Hud 99 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Tentang Surat Hud Ayat 98

Paragraf di atas merupakan Surat Hud Ayat 98 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam tafsir penting dari ayat ini. Tersedia aneka ragam penjelasan dari beragam pakar tafsir terhadap kandungan surat Hud ayat 98, di antaranya seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Fir’aun akan berjalan di depan kaumnya pada hari kiamat lalu memasukan mereka ke dalam neraka. Amat buruk tempat tinggal yang mereka masuki.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

98. Pada hari kiamat Fir’aun berjalan di depan para pengikutnya dan menggiring mereka ke neraka, sebagaimana di dunia dia menggiring mereka kepada kesesatan; dan mereka mentaatinya seperti segerombol domba yang mentaati penggembalanya. Sungguh tempat yang mereka tuju itu adalah seburuk-buruk tempat.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

98. Kelak di hari Kiamat Fir'aun akan memimpin kaumnya hingga membawa mereka masuk ke dalam Neraka bersama dirinya. Dan seburuk-buruk tempat ialah tempat yang mereka datangi itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

98. يَقْدُمُ قَوْمَهُۥ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ (Ia berjalan di muka kaumnya di hari kiamat)
Ia berada didepan mereka untuk menggiring mereka kedalam azab neraka sebagaimana ia telah memerintahkan mereka di dunia agar menjadi kafir dan mereka mentaatinya.

فَأَوْرَدَهُمُ النَّارَ ۖ (lalu memasukkan mereka ke dalam neraka)
Mereka mengikutinya sampai masuk ke dalam neraka.

وَبِئْسَ الْوِرْدُ الْمَوْرُودُ(Neraka itu seburuk-buruk tempat yang didatangi)
Karena orang yang mendatangi sumber air sesungguhnya bertujuan untuk menghilangkan dahaga, namun neraka adalah kebalikan dari semua itu.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Qotadaha berkata : Fir'aun akan berjalan di depan kaumnya, sampai akhirnya ia menjerumuskan mereka ke dalam neraka!

Seperti itulah pemimpin dalam kesesatan yang memasukkan pengikut-pengikutnya ke dalam kebinasaan, maka lihatlah di belakang siapa kah kamu berjalan!


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

98. Fir’aun berjalan memimpin kaumnya menuju azab neraka pada hari kiamat, lalu dia memasukkan mereka ke dalam neraka Jahanam. Seburuk-buruk tempat yang didatangi adalah tempat yang mereka datangi dan masuki karena biasanya tempat berair itu biasanya didatangi manusia karena kehausan namun neraka itu kebalikan dari hal itu


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Dia di depan kaumnya} Fir’aun berjalan di depan kaumnya {pada hari Kiamat, lalu membawa mereka} memasukkan mereka {ke dalam neraka. Itulah seburuk-buruk tempat masuk} tempat masuk {yang dimasuki} yang dimasuki


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

98 tidak aneh ketika kaumnya mengikutinya, maka firaun mencelakakan dan membinasakan mereka ”ia berjalan dimuka kaumnya di hari kiamat lalu memasukan mereka kedalam neraka. neraka itu seburuk buruk tempat yang didatangi”


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 96-99
Allah SWT berfirman memberitahukan tentang pengutusan nabi Musa dengan ayat-ayatNya dan dalil-dalil yang jelas kepada Fir'aun, raja negeri Mesir dari bangsa Qibti dan para pemimpin (tetapi mereka mengikuti perintah Fir'aun) yaitu ajaran, jalan, dan caranya dalam kesesatan (padahal sekali-kali perintah Fir'aun bukanlah (perintah) yang benar) yaitu tidak mengandung bimbingan dan petunjuk, melainkan hanya kebodohan, kesesatan, kekufuran, dan pembangkangan. Sebagaimana mereka mengikuti Fir'aun di dunia sehingga dia berada di depan mereka sebagai pemimpin mereka. Demikian juga dia pada hari kiamat; dia berada di depan mereka menuju neraka Jahanam, lalu dia memasukkan mereka ke dalamnya dan merasakan azab tempat yang dimasukinya. dan dia mendapatkan bagian paling banyak dari azab yang paling besar itu. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Maka Fir'aun mendurhakai Rasul itu, lalu Kami siksa dia dengan siksaan yang berat (16)) (Surah Al-Muzzammil)
Allah SWT berfirman: (Ia berjalan di muka kaumnya di hari kiamat, lalu memasukkan mereka ke dalam neraka. Neraka itu seburuk-buruk tempat yang didatangi (98)) Demikian juga perkara orang-orang yang diikuti. Mereka mendapatkan paling banyak dari azab itu pada hari kiamat, sebagaimana Allah SWT berfirman (Masing-masing mendapat (siksaan) yang berlipat ganda, tetapi kalian tidak mengetahui) (Surah Al-A'raf: 38) Allah SWT memberitahukan tentang orang-orang kafir, bahwa mereka berkata di dalam neraka: (Dan mereka berkata, "Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah mentaati pemimpin-pemimpin dan pembesar-pembesar kami, lalu mereka menyesatkan kami dari jalan (yang benar) (67) Ya Tuhan kami, berilah kepada mereka azab dua kali lipat" (68)) (Surah Al-Ahzab)
Firman Allah (Dan mereka selalu diikuti dengan kutukan di dunia ini dan (begitu pula) di hari kiamat) yaitu Kami ikutkan mereka sebagai tambahan azab neraka, sebagai laknat di dunia (dan (begitu pula) di hari kiamat. Laknat itu seburuk-buruk pemberian yang diberikan) Mujahid berkata bahwa mereka diberi tambahan laknat pada hari kiamat, sehingga lakna itu dua kali.
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firman Allah: (Laknat itu seburuk-buruk pemberian yang diberikan) yaitu laknat dunia dan akhirat. Demikian juga yang dikatakan oleh Adh-Dhahhak dan Qatadah. yaitu seperti firmanNya: (Dan Kami jadikan mereka pemimpin-pemimpin yang menyeru (manusia) ke neraka, dan pada hari kiamat mereka tidak akan ditolong (41) Dan Kami ikutkanlah laknat kepada mereka di dunia ini; dan pada hari kiamat mereka termasuk orang-orang yang dijauh­kan (42)) (Surah Al-Qashash) dan (Kepada mereka ditampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya kiamat. (Dikatakan kepada mereka), "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras” (46)) (Surah Ghafir)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata :
(يَقۡدُمُ قَوۡمَهُۥ) yaqdumu qaumahu : berjalan mendahului menuju neraka dan mengantarkan kaumnya ke nereka.
(وَبِئۡسَ ٱلۡوِرۡدُ ٱلۡمَوۡرُودُ) wa bi’sa wirdul mauruud : seburuk-buruk tempat yang dimasuki, nereka.

Makna ayat :
(يَقۡدُمُ قَوۡمَهُۥ يَوۡمَ ٱلۡقِيَٰمَةِ) Dia mengantarkan kaumnya menuju neraka (وَبِئۡسَ ٱلۡوِرۡدُ ٱلۡمَوۡرُودُ) “Neraka itu seburuk-buruk tempat yang didatangi.” neraka Jahanam.

Pelajaran dari ayat :
• Tercelanya sumber-sumber kebatilan, keburukan, dan kerusakkan.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Hud ayat 98: Lalu kaumnya mengikutinya dari belakang sebagaimana mereka mengikutinya ketika di dunia.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Hud Ayat 98

Dia'fir'aun'kelak berjalan di depan kaumnya di hari kiamat, sebagaimana yang ia lakukan ketika di dunia, memimpin mereka dalam kekufuran dan kedurhakaan, lalu ia pun membawa mereka masuk ke dalam neraka untuk merasakan pedihnya siksaan itu. Neraka yang penuh siksaan dan penderitaan itu adalah seburuk-buruk tempat yang dimasuki fir'aun beserta para pengikutnya. Dan mereka selalu diikuti dengan laknat atau kutukan di sini, yakni di dunia dengan laknat yang terus menerus hingga masuk ke liang kubur setelah ditenggelamkan di laut merah, dan begitu pula pada hari kiamat mereka akan mendapat laknat lain dengan dimasukkannya mereka ke dalam neraka. Laknat itu seburuk-buruk pemberian yang diberikan Allah kepada mereka yang mengingkari risalah yang dibawa nabi musa.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian berbagai penjelasan dari beragam mufassirin mengenai makna dan arti surat Hud ayat 98 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi ummat. Sokonglah dakwah kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Tersering Dibaca

Terdapat banyak konten yang tersering dibaca, seperti surat/ayat: At-Taubah, Al-Fatihah 4, Al-A’raf 54, An-Nisa, At-Tin 4, Al-Fatihah 5. Ada pula Al-Ma’idah 48, An-Nahl 114, Al-Humazah, Al-Muthaffifin, Al-Anbiya 30, Ali ‘Imran 190.

  1. At-Taubah
  2. Al-Fatihah 4
  3. Al-A’raf 54
  4. An-Nisa
  5. At-Tin 4
  6. Al-Fatihah 5
  7. Al-Ma’idah 48
  8. An-Nahl 114
  9. Al-Humazah
  10. Al-Muthaffifin
  11. Al-Anbiya 30
  12. Ali ‘Imran 190

Pencarian: bacaan surat yasin arab dan latin, surat al mulk ayat 5, amana rasulu bima unzila, arti qs yunus ayat 40-41, surat al baqarah ayat 103

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: