Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Hud Ayat 97

إِلَىٰ فِرْعَوْنَ وَمَلَئِهِ فَاتَّبَعُوا أَمْرَ فِرْعَوْنَ ۖ وَمَا أَمْرُ فِرْعَوْنَ بِرَشِيدٍ

Arab-Latin: Ilā fir'auna wa mala`ihī fattaba'ū amra fir'aụn, wa mā amru fir'auna birasyīd

Terjemah Arti: Kepada Fir'aun dan pemimpin-pemimpin kaumnya, tetapi mereka mengikut perintah Fir'aun, padahal perintah Fir'aun sekali-kali bukanlah (perintah) yang benar.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Kami mengutus musa kepada fir’aun dan para pembesar kaumnya serta kaum bangsawan dari kaumnya, tetapi firaun kafir, dan memerintahkan kaumnya untuk mengikuti dirinya, lalu merekapun mengikuti fir’aun dan menyelisihi perintah Musa, padahal tidak ada kelurusan petunjuk dalam perintah firaun, ia hanyalah murni kebodohan, kesesatan, kekafiran dan penentangan.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

97. Kami mengutus Musa kepada Fir'aun dan para pemuka kaumnya. Kemudian para pemuka kaumnya itu mengikuti perintah Fir'aun kepada mereka agar ingkar kepada Allah. Padahal perintah Fir'aun itu bukanlah perintah yang benar sehingga patut diikuti.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

97. وَمَلَإِي۟هِۦ(dan pemimpin-pemimpin kaumnya)
Yakni pemuka-pemuka kaum. Adapun selainnya adalah para pengikut mereka.

فَاتَّبَعُوٓا۟ أَمْرَ فِرْعَوْنَ ۖ( tetapi mereka mengikut perintah Fir’aun)
Yakni perintah Fir’aun kepada mereka agar menjadi orang-orang kafir. Dan bisa juga makna dari (أمر فرعون) yakni urusan dan jalan hidup Fir’aun.

وَمَآ أَمْرُ فِرْعَوْنَ بِرَشِيدٍ (padahal perintah Fir’aun sekali-kali bukanlah (perintah) yang benar)
Yakni tidak terdapat kebenaran sama sekali, namun berupa kemaksiatan dan kekafiran.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

97. Kami mengutusnya kepada Fir’aun dan pemimpin-pemimpin kaumnya yang mengikuti perintah Fir’aun untuk kufur dan menentang Musa. Dan Fir’aun itu tidak memiliki petunjuk sama sekali, melainkan dia itu dalam kesesatan yang nyata

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Makna kata :
(وَمَلَإِيْهِۦ) wa malaihi : orang-orang berpangkat pada kerajaan Firaun.
(وَمَآ أَمۡرُ فِرۡعَوۡنَ بِرَشِيدٖ) wa maa amru fir’auna bi rasyiid : bukanlah perintah yang benar, bahkan bodoh.

Makna ayat :
Firman-Nya (إِلَىٰ فِرۡعَوۡنَ وَمَلَإِيْهِۦ) Kami mengutusnya kepada Firaun dan para pembesar kaumnya dengan ayat-ayat Kami serta bukti yang nyata. Musa memerintahkan mereka untuk mengikuti kebenaran dan meninggalkan kebatilan, namun mereka enggan dan mengikuti perintah Firaun, lalu ia menyesatkan mereka. (وَمَآ أَمۡرُ فِرۡعَوۡنَ بِرَشِيدٖ) padahal perintah Firaun bukanlah perintah yang benar, yang dapat membawa pengikutnya menuju kebahagiaan dan kemenangan.

Pelajaran dari ayat :
• Peringatan agar tidak mengikuti pemimpin-pemimpin yang buruk, pembuat kerusakan dan sesat.

Aisarut Tafasir / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, pengajar tafsir di Masjid Nabawi

Karena mereka adalah orang-orang yang diikuti.

Perintahnya salah dan isinya merugikan semata, oleh karena itu mengikuti perintahnya akan membinasakan mereka.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Kami utus nabi musa kepada fir'aun penguasa mesir dan para pemuka kaumnya, tetapi mereka tidak mengindahkan ajakan rasul-Nya untuk menyembah Allah, bahkan tetap mengikuti perintah fir'aun dalam kekufuran dan kedurhakaan, padahal perintah fir'aun bukanlah petunjuk yang benar, melainkan kesesatan, karena fir'aun memimpin kerusakan dan kedurhakaan. Dia'fir'aun'kelak berjalan di depan kaumnya di hari kiamat, sebagaimana yang ia lakukan ketika di dunia, memimpin mereka dalam kekufuran dan kedurhakaan, lalu ia pun membawa mereka masuk ke dalam neraka untuk merasakan pedihnya siksaan itu. Neraka yang penuh siksaan dan penderitaan itu adalah seburuk-buruk tempat yang dimasuki fir'aun beserta para pengikutnya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Hud Ayat 98 Arab-Latin, Surat Hud Ayat 99 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Hud Ayat 100, Terjemahan Tafsir Surat Hud Ayat 101, Isi Kandungan Surat Hud Ayat 102, Makna Surat Hud Ayat 103

Category: Surat Hud

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!