Surat Hud Ayat 90

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَٱسْتَغْفِرُوا۟ رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوبُوٓا۟ إِلَيْهِ ۚ إِنَّ رَبِّى رَحِيمٌ وَدُودٌ

Arab-Latin: Wastagfirụ rabbakum ṡumma tụbū ilaīh, inna rabbī raḥīmuw wadụd

Artinya: Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.

« Hud 89Hud 91 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Terkait Surat Hud Ayat 90

Paragraf di atas merupakan Surat Hud Ayat 90 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka pelajaran berharga dari ayat ini. Didapatkan beraneka penjelasan dari banyak ahli ilmu berkaitan makna surat Hud ayat 90, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan mohonlah kepada tuhan kalian ampunan bagi dosa-dosa kalian, kemudian kembalilah kepada ketaatan kepadaNya, dan teruslah di atas itu. Sesungguhnya tuhanku Mahapengasih lagi Maha penyayang terhadap orang yang bertaubat dan kembali kepadaNYa, Dia akan mengampuni dan menerima taubatnya.” maka, dalam ayat ini terdapat penetapan sifat (rahmat) menyayangi dan mawadah (mengasihi) bagi Allah , sesuai dengan (keagungan)Nya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

90. Dan bersegeralah memohon ampun kepada Allah sebelum terlambat, kemudian beristiqamahlah di atas jalan bertaubatan yang aku serukan ini. Sungguh Tuhanku yang menjaga dan mengurusiku Maha Pengasih bagi orang yang bertaubat, Mencintai hamba-hamba-Nya yang beriman, dan merekapun mencintai-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

90. Mohonlah ampun kepada Tuhan kalian. Kemudian bertobatlah kepada-Nya dari dosa-dosa kalian. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang kepada orang-orang yang bertobat, lagi Maha Mencintai mereka.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

90. إِنَّ رَبِّى رَحِيمٌ (Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang)
Memiliki rahmat yang agung bagi para hamba yang bertaubat.

وَدُودٌ (lagi Maha Pengasih)
Allah memperlakukan orang yang bertaubat dan memohon ampun dengan penuh kasih sayang, dengan berlemah lembut kepada mereka, menggiring kebaikan kepada mereka, dan mencegah keburukan dari mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

90. Memohon ampunlah kepada Tuhanmu atas dosa-dosamu, lalu bertaubatlah dari kemaksiatan yang lalu. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pemurah lagi Maha Penyayang bagi orang-orang yang mau bertaubat, serta Maha menakdirkan suatu kelembutan dan kebaikan bagi mereka sebagaimana menentukan ketulusan cinta bagi orang yang mencintaiNya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mohonlah ampunan kepada Tuhan kalian kemudian bertaubatlah kepadaNya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Mencintai.”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

90 “dan mohonlah ampun kepada Rabbmu” dari dosa dosa yang kamu lakukan “kemudian bertaubatlah kepadaNya” dalam sisa umurmu dengan taubat nasuha, kembali kepadaNya dengan menaatiNya dan tidak menyelisihiNya ”sesungguhnya Rabbku maha penyayang lagi maha pengasih” bagi yang bertaubat dan kembali kepadaNya, Dia merahmatinya, mengampuninya, mencintainya, dan menerima taubatnya.
Al wadud adalah nama Allah. makna wadud adalah bahwa Allah mencintai hamba hamba yang beriman, dan merekapun mencintaiNya. Itu berwaza "fa'uul" bermakna "faa'il" dan "maf'ul"


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 89-90
Dia berkata kepada mereka: (Hai kaumku, janganlah hendaknya pertentangan antara aku (dengan kalian) menyebabkan kalian menjadi jahat) yaitu, janganlah permusuhan dan kemurkaanku membuat kalian terus dalam kekufuran dan kerusakan kalian, sehingga kalian tertimpa azab seperti yang telah menimpa kaum nabi Nuh, nabi Hud, nabi Shalih, dan nabi Luth.
Qatadah berkata tentang firmanNya: (Hai kaumku, janganlah hendaknya pertentangan antara aku (dengan kalian) menyebabkan kalian menjadi jahat) dia berkata,”Hendaknya janganlah perbedaanku mendorong kalian.
As-Suddi berkata,”Permusuhanku membuat kalian terus dalam kesesatan dan kekufuran, sehingga kalian ditimpa azab yang telah menimpa mereka.
Firman Allah SWT (sedangkan kaum Luth tidak (pula) jauh (tempatnya) dari kalian) Dikatakan bahwa maksudnya adalah pada zamannya.
Qatadah berkata bahwa maknanya adalah sesungguhnya mereka dibinasakan dihadapan kalian kemarin. Dikatakan juga adalah pada tempatnya. dan bisa juga mengandung dua hal itu (Dan mohonlah ampun kepada Tuhan kalian) dari dosa-dosa terdahulu (kemudian bertobatlah kepadaNya) dari perbuatan buruk di masa yang akan datang. Firman Allah: (Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih) kepada orang yang bertaubat.


📚 Aisarut Tafasir / Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mudarris tafsir di Masjid Nabawi

Makna kata : (رَحِيمٞ وَدُودٞ) rahiimuw waduud : Maha Pengasih kepada kaum mukminin dan Mencintai orang-orang yang bertakwa.

Makna ayat :
. Dan beristighfarlah kepada Rabb kalian atas dosa syirik dan maksiat lalu kembalilah kalian kepadanya dengan ketaatan. (إِنَّ رَبِّي رَحِيمٞ) sungguh Tuhanmu Maha Penyayang bagi hamba-Nya yang bertaubat (وَدُودٞ ) mencintai hamba-Nya yang kembali kepada-Nya.

Pelajaran dari ayat :
• Wajibnya istighfar dan taubat dari dosa.
• Penyebutan sifat Allah berupa Rahmat dan Cinta


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Surat Hud ayat 90: Terhadap dosa-dosa yang kamu lakukan.

Dengan tobat yang sesungguhnya dan kembali menaati-Nya serta menjauhi larangan-Nya.

Bagi orang yang bertobat dan kembali. Dia akan menyayanginya, mengampuninya, menerima tobatnya, dan mencintainya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Hud Ayat 90

Dan oleh karena itu, mohonlah ampunan atas dosa-dosa yang telah kamu lakukan kepada tuhanmu Allah yang maha pengampun, kemudian bertobatlah dengan sungguh-sungguh kepada-Nya dan bertekad tidak mengulangi kesalahan lagi, serta memperbanyak amal saleh. Sungguh, tuhanku maha penyayang terhadap hamba-hamba-Nya yang mau bertobat, mereka akan dihindarkan dari azab-Nya; lagi maha pengasih yang menganugerahkan kenikmatan kepada hamba-Nya yang berbuat kebajikan. Setelah diuraikan nasihat nabi syuaib kepada kaumnya supaya mengikuti jalan yang benar, kemudian dipaparkan tentang jawaban mereka setelah mendengar nasihat nabi syuaib, seraya berkata, wahai syuaib! kami tidak banyak mengerti tentang apa yang engkau katakan itu, sedang kenyataannya kami memandang atau menilai engkau sekarang ini sebagai seorang yang lemah di antara kami, karena tidak memiliki kekuatan, baik berupa harta kekayaan atau kekuasaan untuk melawan kami. Kalau tidak karena kami memandang keluargamu, tentu kami telah merajam engkau dengan melempari batu hingga mati, sedang engkau pun bukan seorang yang berpengaruh, memiliki kewibawaan atau kedudukan di lingkungan kami. 92. Mendengar hina.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beberapa penjabaran dari banyak mufassirun berkaitan makna dan arti surat Hud ayat 90 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah untuk ummat. Support usaha kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dikunjungi

Kami memiliki berbagai topik yang cukup banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Humazah, An-Nisa, Al-Muthaffifin, Ali ‘Imran 190, Al-Fatihah 5, Al-Anbiya 30. Termasuk At-Taubah, An-Nahl 114, Al-Fatihah 4, Al-Ma’idah 48, At-Tin 4, Al-A’raf 54.

  1. Al-Humazah
  2. An-Nisa
  3. Al-Muthaffifin
  4. Ali ‘Imran 190
  5. Al-Fatihah 5
  6. Al-Anbiya 30
  7. At-Taubah
  8. An-Nahl 114
  9. Al-Fatihah 4
  10. Al-Ma’idah 48
  11. At-Tin 4
  12. Al-A’raf 54

Pencarian: an naziat ayat 29, quran surah al mu'minun ayat 12-14, surah insyirah ayat 5, surat yunus ayat 101 latin, qs at taubah 9 122 latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: