Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Insyirah Ayat 5

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

Arab-Latin: Fa inna ma'al-'usri yusrā

Terjemah Arti: Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

5-6. Jangan sampai gangguan musuhmu menyurutkanmu untuk menyebarkan risalah, karena bersama kesulitan ada jalan keluar, bersama kesulitan ada jalan keluar.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

5-6 Maka sesungguhnya dalam setiap kesulitan ada kelapangan yang berubah dengan cepat, seperti penderitaan Nabi SAW akibat gangguan orang-orang musyrik yang kemudian berubah menjadi kemudahan dan pertolongan kepada mereka. Ayat ini diturunkan saat orang-orang musyrik mengejek orang-orang muslim dengan kefakirannya. Ketika ayat ini diturunkan, Nabi SAW bersabda sebagaimana yang dikatakan Ibnu Jarir dari Hasan Al-Bashri: “Apakah kalian senang atas posisi kalian yang berada dalam kemudahan, kesulitan tidak akan selalu berada di atas kemudahan”. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan lain dan (cara) untuk menghadapi setiap kesulitan adalah (mencari) kemudahan

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

5-6. Ketahuilah wahai Nabi Allah, bersamaan dengan kesempitan ada kebahagiaan; Yang akan datang kebahagiaan setelah kesempitan, dan kemudahan setelah kesulitan, maka janganlah bersedih dan jangan memaki. Karena kesulitan yang telah mendahului dan musibah-musibah yang engkau terima, setelahnya akan menjadi kemudahan. Berkata Ibnu Mas’ud : Kesulitan tidaklah mendominasi kemudahan-kemudahan, kemudian beliau membaca ayat ini.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

5. Sesungguhnya bersamaan dengan kesulitan dan kesempitan ada kemudahan dan kelapangan

Al-Mukhtashar fit Tafsir / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah

5-6
1 ) . Kesulitan yang paling sulit dihadapi oleh Rasulullah semasa hidupnya adalah kerasnya hati kaumnya dan ketidak inginan mereka menerima risalah yang beliau sampaikan, maka kemudian Allah menjanjikan baginya dua kemudahan dibalik kesulitan yang beliau hadapi, kemudahan yang pertama adalah ketika kaum mulai memahami risalah islam itu dan mereka pun satu persatu masuk kedalam islam, adapun kemudahan yang kedua adalah tatkala Allah memberikan kemenangan kepada Rasul dan ummatnya pada penaklukan-penaklukan di kota-kota besar dan masuknya orang-orang kafir kedalam islam dengan berbondong-bondong, oleh karena itu tidak sepantasnya anda berputus asa sekalipun tantangan yang paling sulit menghadang, karena sesungguhnya itu adalah kesulitan yang setelahnya kemudahan yang membahagiakan.

2 ) . Seorang pendidik mengatakan : Terkadang suatu kesulitan menghampiri kita yang menyebabkan kita menangis bahkan menitipkan rasa sakit yang mendalam, akan tetapi aku mencoba untuk menguatkan diri dengan ayat ini : { فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا , إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا } dan akhirnya aku mendapkan ketenangan yang sempurna, bahkan kepada perkara yang sangat mencekap aku pun tersenyum, karena aku yakin bahwa setelah kesulitan itu ada kemudahan yang lebih banyak.

Li Yaddabbaru Ayatih / Lajnah Ilmiah Markaz Tadabbur

5-6. Allah berfirman, “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” Ini adalah berita gembira besar; setiap kali ada kesulitan dan kesusahan, selalu disertai kemudahan, hingga meski kesulitan itu terjebak di lubang biawak, niscaya kemudahan itu akan masuk dan mengeluarkannya.
Penyebutan kata “kesulitan” pada kedua ayat secara definite (ma’rifat) menunjukkan keduanya sama, sedangkan penyebutan kata “kemudahan” secara indefinite (nakirah) menunjukkan berulangnya. Satu kesulitan tidak akan mengalahkan dua kemudahan. Penyebutan kata “kesulitan” secara definite dengan alif dan lam menunjukkan generalisasi, dan generalisasi itu menunjukkan bahwa semua kesulitan meski mencapai tingkat seberapa pun tapi pada akhirnya kemudahan akan menyertainya.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Inilah janji Allah ﷻ kepada hamba-Nya yang beriman bahwasanya setiap kesuliatan datang menguji diri kita, maka akan datang kemudahan setelahnya, Allah ﷻ berfirman : { سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا } ( Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan. ) [ At-Thalaq : 7 ] , setiap datang kesukaran, akan ada kemudahan setelahnya, dan kesukaran itu tidak berlanjur terus menerus, dan ketahuilah bahwa pertolongan bersama kesabaran, dan kelapangan bersama kesempitan, serta kesulitan bersama kemudaha, semua ini akan terus berlanjut sepanjang hidup manusia.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

5-6. Demikianlah nikmat-nikmat-ku kepadamu. Maka tetaplah optimis dan berharap pada perto'longan tuhanmu karena sesungguhnya beserta kesulitan apa pun pasti ada kemudahan yang menyertainya. Engkau hadapi kesulitan besar dalam menyampaikan dakwah kepada kaummu; mereka ingkar dan menentangmu, tetapi Allah memberimu kemudahan untuk menaklukkan mereka. Sesungguhnya beserta kesulitan itu pasti ada kemudahan

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Insyirah Ayat 6 Arab-Latin, Surat Al-Insyirah Ayat 7 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Insyirah Ayat 8, Terjemahan Tafsir Surat At-Tin Ayat 1, Isi Kandungan Surat At-Tin Ayat 2, Makna Surat At-Tin Ayat 3

Category: Surat Al-Insyirah

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Al Insyirah Ayat 5 Al Insyirah 5-6 Surah Al Insyirah Ayat 5 Qs Al Insyirah 5-6 Al Insyiro Ayat 5dan6