Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-A’raf Ayat 111

قَالُوا أَرْجِهْ وَأَخَاهُ وَأَرْسِلْ فِي الْمَدَائِنِ حَاشِرِينَ

Arab-Latin: Qālū arjih wa akhāhu wa arsil fil-madā`ini ḥāsyirīn

Terjemah Arti: Pemuka-pemuka itu menjawab: "Beri tangguhlah dia dan saudaranya serta kirimlah ke kota-kota beberapa orang yang akan mengumpulkan (ahli-ahli sihir),

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Maka orang-orang yang hadir pada acara debat dengan musa dari kalangan pemuka kaum fir’aun da pembesar mereka berkata, ”berilah dia dan saudaranya, harun, waktu penangguhan dan utuslah petugas-petugas ke kota-kota negeri mesir dan pedesaan-pedesaan.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

111. Mereka berkata kepada Fir'aun, “Tangguhkanlah urusan Musa dan saudaranya, Harun. Dan kirimlah sejumlah orang ke kota-kota yang ada di Mesir untuk mengumpulkan para penyihir yang ada di sana."

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

111. قَالُوٓا۟ أَرْجِهْ وَأَخَاهُ (Pemuka-pemuka itu menjawab: “Beri tangguhlah dia dan saudaranya)
Pembesar-pembesarnya berkata sebagai jawaban atas pertanyaan Fir’aun: berilah Musa dan saudaranya penangguhan dan akhirkan pertemuan dengan dia di waktu lain.

وَأَرْسِلْ فِى الْمَدَآئِنِ حٰشِرِينَ(serta kirimlah ke kota-kota beberapa orang yang akan mengumpulkan (ahli-ahli sihir))
Yakni utuslah sekelompok orang ke kota-kota yang terdapat tukang sihir disana agar mengumpulkan dan mendatangkan mereka kepadamu.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

111. Para pemuka kaum itu berkata kepada Fir’aun: “Beri tangguh dan abaikan dia dan saudaranya, Harun sampai batas waktu tertentu, lalu mintalah para pemimpin daerah dan kota jajahan di Mesir untuk mengumpulkan dan mengirimkan para pengihir untukmu”. FirmanNya (Hasyiriin) yaitu orang-orang yang mengumpulkan para penyihir

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Sebagai tanggapan atas tantangan di atas, pemuka-pemuka itu pun menjawab, tahanlah atau berilah tempo untuk sementara waktu kepada dia, yakni nabi musa dan saudaranya, yaitu nabi harun yang menjadi tangan kanannya, dan jangan kamu bunuh mereka. Kerahkanlah dan utuslah ke kota-kota yang berada di bawah kekuasaanmu beberapa orang bala tentara untuk mengumpulkan para pesihir dari berbagai penjuru negeri. Agar mereka membawa secara paksa atau suka rela semua pesihir yang pandai kepadamu. Dengan berkumpulnya para ahli sihir itu di hadapanmu, mereka akan membeberkan hakikat yang sebenarnya dibawa musa. Dengan demikian, tak seorang pun yang dapat diperdaya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-A’raf Ayat 112 Arab-Latin, Surat Al-A’raf Ayat 113 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-A’raf Ayat 114, Terjemahan Tafsir Surat Al-A’raf Ayat 115, Isi Kandungan Surat Al-A’raf Ayat 116, Makna Surat Al-A’raf Ayat 117

Category: Surat Al-A'raf

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!