Surat Al-A’raf Ayat 110

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

يُرِيدُ أَن يُخْرِجَكُم مِّنْ أَرْضِكُمْ ۖ فَمَاذَا تَأْمُرُونَ

Arab-Latin: Yurīdu ay yukhrijakum min arḍikum, fa māżā ta`murụn

Artinya: Yang bermaksud hendak mengeluarkan kamu dari negerimu". (Fir'aun berkata): "Maka apakah yang kamu anjurkan?"

« Al-A'raf 109Al-A'raf 111 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Terkait Dengan Surat Al-A’raf Ayat 110

Paragraf di atas merupakan Surat Al-A’raf Ayat 110 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan hikmah berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan sekumpulan penjelasan dari para mufassir mengenai isi surat Al-A’raf ayat 110, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dia hendak mengeluarkan kalian semua dari negeri kalian.” fir’aun berkata, ”apa yang kalian usulkan kepadaku terkait masalah musa wahai para tokoh?”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

110. Mereka tidak hanya mengatakan perkataan batil tersebut, namun mereka juga memancing kemarahan Fir’aun dan orang banyak kepada Musa dan menakut-nakuti mereka dalam perkara ini, agar mereka melawan Musa. Mereka menuduh Musa akan merebut kekuasaan dari Fir’aun, sehingga dia bersegera meminta pendapat mereka dalam menghadapi bahaya besar tersebut.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

110. Dengan sihirnya itu ia ingin mengusir kalian dari negeri kalian ini. Yaitu negeri Mesir. Kemudian Fir’aun meminta pendapat mereka terkait masalah Musa -‘Alaihissalām- seraya berkata, “Apa saran kalian kepadaku?”


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

110. يُرِيدُ أَن يُخْرِجَكُم مِّنْ أَرْضِكُمْ ۖ (yang bermaksud hendak mengeluarkan kamu dari negerimu)
Yakni negeri Mesir.

فَمَاذَا تَأْمُرُونَ((Fir’aun berkata): “Maka apakah yang kamu anjurkan?”)
Yakni mereka bercakap satu sama lain: “pendapat apa yang akan kalian utarakan?”


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

110. Dia ingin mengeluarkan kalian dari tanah Mesir, lalu Fir’aun berkata kepada mereka (para pemuka kaum): “Maka apa yang akan kamu sarankan kepadamu dengan sihir ini”


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Dia hendak mengusir kalian dari negeri kalian. Maka apa yang kalian perintahkan”} yang kalian nasehatkan kepadaku


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

110 kemudian mereka itu menak-nakuti orang-orang yang berakal lemah lagi bodoh bahwa musa, ”bermaksud hendak” dengan perbuatannya tersebut ”mengeluarkanmu dari negerimu” yakni dia ingin mengusirmu dari tanah tumpah darahmu. ”fir’aun berkata, maka apakah yang kamu anjurkan?” yakni mereka saling bertukar pikiran diantara mereka terkait dengan apa yang dilakukan oleh musa dan bagaimana cara menangkis kemudaratan –menurut klaim mereka- dari mereka, karena jika apa yang dibawa oleh Musa tidak ditangkal dan dibantah, maka bisa-bisa ia menyusup kepikiran banyak orang.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 109-110
Yaitu para pembesar yang merupakan para pemuka dari kaum Fir'aun sepakat dengan perkataan Fir'aun setelah dia kembali dari rasa takutnya dan duduk di singgasananya. Setelah itu dia berkata kepada para pembesar di sekitarnya: (Sesungguhnya Musa ini adalah ahli sihir yang pandai) Lalu mereka sepakat dan mengucapkan perkataaan Fir’aun, dan berdiskusi bagaimana mereka akan bertindak kepada nabi Musa, dan bagaimana tipu muslihat mereka untuk memadamkan cahaya dan kalimatnya, sehingga tampak dusta dan apa yang dia buat-buat. Mereka khawatir jika nabi Musa memikat orang-orang dengan sihirnya dalam mempengaruhi keyakinan mereka, lalu hal itu menjadi penyebab bagi kemenangannya atas mereka dan dia mengusir mereka dari tanahnya. Dan sesuatu yang mereka khawatirkan itu terjadi, sebagaimana Allah SWT berfirman: (dan akan Kami perlihatkan kepada Fir’aun dan Haman beserta tentaranya apa yang selalu mereka khawatirkan dari mereka itu) (Surah Al-Qashash: 6) Ketika mereka berdiskusi tentang perkara nabi Musa dan mereka sepakat untuk dengan pendapat mereka itu berdasarkan apa yang dikisahkan Allah SWT tentang mereka dalam firmanNya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-A’raf Ayat 110

Untuk memojokkan nabi musa, mereka berkata, dengan sihirnya itu, ia sebenarnya hendak merampas kekuasaanmu dan mengusir kamu dari nege-rimu, yaitu mesir, sehingga hanya dia dan kaumnya saja yang akan tinggal di situ. Dengan sihir itu pula ia dapat meluluhkan hati warga negeri ini agar mengikutinya. Fir'aun berkata, cobalah pikirkan apa saran kamu untuk keluar dari kesulitan ini! sebagai tanggapan atas tantangan di atas, pemuka-pemuka itu pun menjawab, tahanlah atau berilah tempo untuk sementara waktu kepada dia, yakni nabi musa dan saudaranya, yaitu nabi harun yang menjadi tangan kanannya, dan jangan kamu bunuh mereka. Kerahkanlah dan utuslah ke kota-kota yang berada di bawah kekuasaanmu beberapa orang bala tentara untuk mengumpulkan para pesihir dari berbagai penjuru negeri.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah aneka ragam penafsiran dari banyak ulama mengenai makna dan arti surat Al-A’raf ayat 110 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan untuk ummat. Dukunglah dakwah kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Banyak Dilihat

Kaji banyak materi yang paling banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 185, Luqman 14, Al-Baqarah 153, Juz al-Qur’an, Al-Fajr, Ali Imran 190-191. Ada pula Al-‘Adiyat, Al-Insyirah 5-6, Al-An’am, Ar-Ra’d 11, Al-Maidah, Al-Balad.

  1. Al-Baqarah 185
  2. Luqman 14
  3. Al-Baqarah 153
  4. Juz al-Qur’an
  5. Al-Fajr
  6. Ali Imran 190-191
  7. Al-‘Adiyat
  8. Al-Insyirah 5-6
  9. Al-An’am
  10. Ar-Ra’d 11
  11. Al-Maidah
  12. Al-Balad

Pencarian: surat ar rum ayat 60, al a'raf 34, yasin ayat 10, an nisa ayat 95, quran surat ali imran

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: