Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-‘Adiyat Ayat 7

وَإِنَّهُ عَلَىٰ ذَٰلِكَ لَشَهِيدٌ

Arab-Latin: Wa innahụ 'alā żālika lasyahīd

Terjemah Arti: Dan sesungguhnya manusia itu menyaksikan (sendiri) keingkarannya,

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

6-8. Sesungguhnya manusia sangat ingkar terhadap nikmat-nikmat tuhannya, Dan dia mengakui dirinya memang pengingkar. Dan sesungguhnya manusia sangat mencintai harta.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

7. Dan sesungguhnya ia menjadi saksi atas keingkarannya terhadap kebaikan, ia tidak bisa mengingkari kenyataan ini karena sudah sangat jelas.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

7-8. Dan sesungguhnya dia mengakui rasa tidak terima kasihnya itu. Dia menganggap bahwa nikmat itu dia ciptakan sendiri, karena yang tampak hanyalah jerih payahnya atas hal itu. Sesungguhnya perbuatannya itu diakui olehnya dengan tidak berterima kasih (kepada Allah) dan hal itu adalah pengakuan melalui perilaku. Sesunggunhnya dia sangat menyukai harta yang banyak sehingga dia kikir atau dia merasa mampu dan pandai untuk mencari dan mendapatkannya.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

6-8. Kemudian datang jawaban bagi sumpah (pada ayat-ayat sebelumnya) yang dikabarkan bahwa manusia itu sangat ingkar dan kufur atas nikmat Allah, ia menyembunyikan nikmat dan hanya menampakkan kesedihan. Dan manusia pada dasarnya mengakui (akan nikmat Allah) dengan pengingkaran dan menampakkan kekurangan. Terkadang ia menghabiskan hartanya karena sebab syahwat dan foya-foya, dan bukannya diberikan kepada si faqir (hartanya). Inilah manusia yang begitu cintanya dengan harta dan sangat bersemangat dalam mengumpulkannya, ia tidak peduli darimana ia mengumpulkan hartanya, dari yang halal atau haram, inilah kondisi umumnya, tidak termasuk mereka yang dipilih oleh Allah seperti para Nabi, Syuhada, dan orang-orang shalih.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

7. “Dan sesungguhnya manusia itu menyaksikan (sendiri) keingkarannya,” yakni sesungguhnya manusia menyaksikan keengganannya menunaikan kewajiban dan keingkaran yang ia ketahui pada dirinya, ia tidak membantah dan tidak mengingkarinya: karena itu adalah sesuatu yang jelas. Kemungkinan kata ganti dalam ayat ini merujuk pada Allah, artinya sesungguhnya manusia benar-benar ingkar terhadap Rabbnya dan Allah menyaksikan hal itu. Dalam ayat ini terdapat ancaman dan peringatan keras bagi orang yang ingkar terhadap Rabbnya, karena Allah Maha Menyaksikannya.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

{ وَإِنَّهُ } Dan sesungguhnya manusia yang kafir itu { عَلَىٰ ذَٰلِكَ لَشَهِيدٌ } telah bersaksi dan mengakui keingakarannya terhadap nikmat Allah - عز وجل - .

Dalam riwayat lain dikatakan : bahwa yang dimaksud dari kata " وَإِنَّهُ " adalah kembali kepada Allah , yakni : Allah ﷻ menjadi saksi atas perbuatan manusia ini, akan tetapi penafsiran yang paling kuat dari penafsiran " وَإِنَّهُ " adalah bahwasanya manusia yang kafir itu bersaksi atas pengingkaran dirinya terhadap nikmat Allah.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Yakni manusia mengakui sikapnya itu. Bisa juga kata “hu” di ayat tesebut kembalinya kepada Allah Subhaanahu wa Ta'aala, sehingga artinya, “Sungguh, manusia itu sangat ingkar, (tidak berterima kasih) kepada Tuhannya, padahal Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyaksikannya.” Sehingga di dalamnya terdapat ancaman bagi orang yang ingkar kepada nikmat Tuhannya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Dan sesungguhnya dia mengakui dan menyaksikan keingkarannya itu. Hal itu bisa dilihat dari mudahnya manusia bermaksiat kepada Allah. 8. Dan sesungguhnya cintanya kepada harta benar-benar berlebihan. Kecintaan berlebihnya pada harta membuatnya materialistis, mengumpulkan harta dengan jalan apa pun, tidak peduli halan atau haram. Cintanya itu juga membuatnya bakhil dan cenderung menggunakannya untuk sesuatu yang tidak benar.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-‘Adiyat Ayat 8 Arab-Latin, Surat Al-‘Adiyat Ayat 9 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-‘Adiyat Ayat 10, Terjemahan Tafsir Surat Al-‘Adiyat Ayat 11, Isi Kandungan Surat Al-Qari’ah Ayat 1, Makna Surat Al-Qari’ah Ayat 2

Category: Surat Al-'Adiyat

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!