Surat Az-Zalzalah Ayat 5

ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ูฐ ู„ูŽู‡ูŽุง

Arab-Latin: Bi`anna rabbaka auแธฅฤ lahฤ

Artinya: Karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.

ยซ Az-Zalzalah 4 โœต Az-Zalzalah 6 ยป

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Penting Berkaitan Surat Az-Zalzalah Ayat 5

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zalzalah Ayat 5 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada aneka ragam pelajaran penting dari ayat ini. Diketemukan aneka ragam penafsiran dari para mufassirun terkait makna surat Az-Zalzalah ayat 5, sebagiannya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

4-5. Pada hari kiamat,bumi akan mengabarkan tentang apa yang di lakukan diatasnya, kebaikan atau keburukan, Dan bahwasanya Allah memerintahkannya agar mengabarkan tentang apa yang dilakukan di atasnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

5. Karena Allah memberitahukan kepadanya dan memerintahkannya untuk itu.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

5. ุจูุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุจูŽู‘ูƒูŽ ุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ูฐ ู„ูŽู‡ูŽุง (karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya)
Yakni bumi menceritakan beritanya dengan wahyu dan perintah dari Allah agar berbicara dan menjadi saksi.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

5. Dia berbicara melalui kejadian itu atas perintah Allah kepadanya. Allah memerintahkannya untuk mengeluarkan beban-beban beratnya dan berbicara tentang beritanya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan padanya} karena Allah memerintahkannya untuk memberitahu apa yang dilakukan di atasnya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

4-5. โ€œPada hari itu bumi menceritakan beritanya,โ€ yakni bumi akan bersaksi atas perbuatan baik dan buruk yang dilakukan manusia di atasnya. Bumi adalah satu dari sekian saksi yang bersaksi untuk manusia atas perbuatan-perbuatan mereka. Demikian itu โ€œkarena sesungguhnya Rabbmu telah memerintahkan (yang demikian itu) kepadanya,โ€ yakni memerintahkan bumi untuk memberitahukan perbuatan yang dilakukan di atasnya dan bumi tidak mendurhakai perintahNya.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-8
(Apabila bumi diguncangkan dengan seguncang-guncangnya (yang dahsyat) (1)) yaitu bergerak dan bergetar dari bagian bawahnya (dan bumi mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya (2)) yaitu mengeluarkan orang-orang mati dari dalamnya. Pendapat itu dikatakan beberpaa ulama Salaf, dan ini sebagaimana firmanNya: (Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan kalian; sesungguhnya keguncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat) (1)) (Surah Al-Hajj) sebagaimana firmanNya: (dan apabila bumi diratakan (3) dan memuntahkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong (4)) (Surah Al-Insyiqaq)
Firman Allah: (dan manusia bertanya, "Mengapa bumi (jadi begini)?โ€ (3)) yaitu heran dengan keadaannya, padahal sebelumnya bumi tenang, kokoh, dan stabil, dan manusia diam di atas permukaannya. yaitu, keadaannya berbalik, saat itu bumi bergerak dan berguncang. Telah datang kepadanya perintah Allah SWT yang memerintahkan kepadanya untuk melakukann guncangan yang tidak bisa dielakkan lagi. Kemudian bumi mengeluarkan semua orang mati yang ada dalam perutnya dari kalangan orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang kemudian. Saat itulah manusia heran dengan keadaan bumi, karena bumi diganti dengan bumi yang lain, begitu juga langit; lalu mereka digiring untuk menghadap kepada Allah Yang Maha Esa dan Maha Menang.
Firman Allah: (pada hari itu bumi menceritakan beritanya (4)) yaitu memberitahukan tentang apa yang dilakukan oleh orang-orang yang tinggal permukaannya.
Firman Allah: (karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang demikian itu) kepadanya (5)) Imam Bukhari berkata bahwa kalimat โ€œauha lahaโ€ dan โ€œwa auha ilaihaโ€ serta โ€œwaha lahaโ€ dan โ€œwaha ilaihaโ€ itu sama. Demikian juga dikatakan Ibnu Abbas, bahwa (auha laha) itu sama dengan auha ilaiha.
Makna yang tampak adalah bahwa ini mengandung makna mengizinkan kepadanya.
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (pada hari itu bumi menceritakan beritanya (4)) dia berkata yaitu Tuhannya berfirman kepadanya,'"Berbicaralah" maka saat itu juga bumi berbicara.
Mujahid berkata tentang firmanNya (auha laha) yaitu memerintahkan kepadanya.
Firman Allah: (Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam) yaitu mereka kembali dari tempat penghisaban (dalam keadaan yang bermacam-macam) yaitu dalam keadaan bermacam-macam, ada yang celaka dan yang berbahagia. Para malaikat diperintahkan untuk membawa ke surga, dan membawa ke neraka.
Firman Allah SWT: (supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka) yaitu agar mereka mengetahui dan mendapat balasan dari apa yang telah mereka perbuat di dunia, dari yang baik dan yang buruk. Oleh karena itu Allah berfirman: (Barang siapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya (7) Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrah pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula (8))
Disebutkan dalam hadits shahih Bukhari disebutkan dari Adi secara marfu',โ€Hindarilah neraka, sekalipun dengan separuh buah kurma, dan sekalipun dengan kalimat yang baikโ€ dan hadits shahih,โ€Jangan sekali-kali kamu meremehkan sesuatupun dari kebaikan, sekalipun kamu menuangkan sebagian air dari wadahmu ke wadah orang yang meminta minum, dan sekalipun kamu menyambut saudaramu dengan wajah yang berseri-seriโ€


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Apa yang menjadikan bumi ini berbicara dan menceritakan berita tentangnya ?

{ ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ูฐ ู„ูŽู‡ูŽุง } Allah - ุนุฒ ูˆุฌู„ - yang menjadikan bumi ini mampu berbicara kemudian ia menceritakan kabar-kabar yang telah terjadi diatasnya, bumi juga menjadi saksi atas perbuatan ummat manusia.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Firman Allah: ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ ู„ูŽู‡ูŽุง " karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya." Maknanya: Karena disebabkan Allah telah mewahyukan kepadanya, yakni: Allah telah mengizinkannya untuk memberitakan berita-beritanya. Dan Allah subhaanahu wa Ta'ala Maha Kuasa atas segala sesuatu, apa bila Allah memerintah dangan suatu perintah, maka itu pasti terjadi. Allah mengajak bicara benda mati, maka benda mati itu bisa berbicara sebagaimana Allah Ta'ala berfirman: ุซูู…ู‘ูŽ ุงุณู’ุชูŽูˆูŽู‰ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู ูˆูŽู‡ููŠูŽ ุฏูุฎูŽุงู†ูŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู„ูŽู‡ูŽุง ูˆูŽู„ูู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ุงุฆู’ุชููŠูŽุง ุทูŽูˆู’ุนู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ูƒูŽุฑู’ู‡ู‹ุง ู‚ูŽุงู„ูŽุชูŽุง ุฃูŽุชูŽูŠู’ู†ูŽุง ุทูŽุงุฆูุนููŠู†ูŽ " Kemudian Dia menuju ke atas langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati"(QS. Fishilat: 11) Allah Ta'ala berfirman kepada al-Qalam (pena): ุงููƒู’ุชูุจู’ "Tulislah?" ia menjawab: "Ya Rabb, apakah yang saya tulis? Allah menjawab: ุงููƒู’ุชูุจู’ ู…ูŽุง ู‡ููˆูŽ ูƒูŽุงุฆู’ู†ูŒ ุฅูู„ูŽู‰ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู‚ููŠูŽุงู…ูŽุฉู " Tulislah apa-apa yang terjadi hingga hari kiamat "(1)
Allah ta'ala berfirman: ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ู†ูŽุฎู’ุชูู…ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽูู’ูˆูŽุงู‡ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุชููƒูŽู„ู‘ูู…ูู†ูŽุง ุฃูŽูŠู’ุฏููŠู‡ูู…ู’ ูˆูŽุชูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽุฑู’ุฌูู„ูู‡ูู…ู’ ุจูู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ููˆุง ูŠูŽูƒู’ุณูุจููˆู†ูŽ (65) " Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan."(QS. Yasin: 65) Allah 'Azza Wa Jalla bila mengajak bicara kepada sesuatu walau pun itu adalah benda mati maka ia akan bisa berbicara kepada Allah. Oleh karenanya Allah berfirman: ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุฆูุฐู ุชูุญูŽุฏู‘ูุซู ุฃูŽุฎู’ุจูŽุงุฑูŽู‡ูŽุง (4) ุจูุฃูŽู†ู‘ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽูˆู’ุญูŽู‰ ู„ูŽู‡ูŽุง " pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Rabbmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya."

(1) Dikeluarkan oleh Abu Daud (4700) dan Tirmidziy (2155) dari hadits Ubadah Bin Shamit radhiyallaahu 'anhu, dinyatakan shahih oleh Al-Albaniy dalam shahih al-Jami' (2017)


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zalzalah ayat 5: 4-5. Allah menjelaskan bahwa bumi pada saat digoncangkan ia ketakutan, dan akan mengabarkan atas apa yang telah diperbuat padanya dari kebaikan maupun keburukan. pengkabaran itu terjadi karena sebab Allah memuliakan urusannya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zalzalah Ayat 5

Bumi menyampaikan kepada manusia apa yang terjadi padanya dan bersaksi di hadapan Allah tentang apa saja yang manusia lakukan di atasnya karena sesungguhnya tuhan'mu telah memerintahkan padanya untuk berbuat demikian. 6. Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya untuk menuju tempat hisab, atau beranjak dari tempat hisab itu, dalam keadaan berkelompok-kelompok. Kondisi mereka beragam; sebagian merasa tenang dan sebagian yang lain begitu gundah dan ketakutan. Mereka digiring dengan gegas ke surga atau neraka untuk diperlihatkan kepada mereka balasan semua perbuatannya yang telah Allah janjikan.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penafsiran dari para mufassir terhadap isi dan arti surat Az-Zalzalah ayat 5 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat bagi kita bersama. Sokonglah perjuangan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Cukup Banyak Dicari

Tersedia banyak halaman yang cukup banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Insyirah, Inna Lillahi, Al-Fil, Al-Fath, Ali ‘Imran 159, Yusuf 4. Serta Al-Baqarah 183, Al-Bayyinah, Alhamdulillah, At-Tin, Al-Ma’un, Al-‘Alaq.

  1. Al-Insyirah
  2. Inna Lillahi
  3. Al-Fil
  4. Al-Fath
  5. Ali ‘Imran 159
  6. Yusuf 4
  7. Al-Baqarah 183
  8. Al-Bayyinah
  9. Alhamdulillah
  10. At-Tin
  11. Al-Ma’un
  12. Al-‘Alaq

Pencarian: an nahl ayat 114, ali imran ayat 92, ali imran ayat 19, surat at thalaq, annisa ayat 23

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
โœ… Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
ย 
โœ… Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini ๐Ÿ‘‰ pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti ๐Ÿ‘‰ klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: