Surat Az-Zalzalah Ayat 2

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽุฃูŽุฎู’ุฑูŽุฌูŽุชู ูฑู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ุฃูŽุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽู‡ูŽุง

Arab-Latin: Wa akhrajatil-arแธu aแนกqฤlahฤ

Artinya: Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,

ยซ Az-Zalzalah 1 โœต Az-Zalzalah 3 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Mengenai Surat Az-Zalzalah Ayat 2

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zalzalah Ayat 2 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi kandungan penting dari ayat ini. Ditemukan variasi penjabaran dari kalangan mufassirin terhadap makna surat Az-Zalzalah ayat 2, antara lain seperti termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1-3. Apabila bumi diguncang dengan dahsyat, Bumi mengeluarkan isi perutnya, yaitu orang orang mati dan kekayaannya. Dan manusia bertanya tanya ketakutan, โ€apa yang terjadi padanya?โ€


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

2. Ketika bumi mengeluarkan isi perutnya, baik itu lapisannya, barang-barang tembaga, dan segala yang terkubur. Hal ini disebabkan letusan dahsyat yang berulang-ulang atas izin Allah. Dan ketika itu keluar juga seluruh mayat dari perutnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

2. Dan bumi mengeluarkan mayat-mayat dan kandungan lainnya yang berada di dalam perutnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

2. ูˆูŽุฃูŽุฎู’ุฑูŽุฌูŽุชู ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ุฃูŽุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽู‡ูŽุง(dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya)
Berupa mayat-mayat dan segala yang terkubur di dalamnya. Adapun mayat-mayat itu akan keluar dari bumi pada tiupan sangkakala kedua.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

1-2. Tatkala bumi diombang-ambingkan dan digerak-gerakan dengan gerakan yang sangat keras pada hari kiamat di tiupan pertama (sangkakala) dan (tiupan-tiupan) setelahnya diiringi guncangan-guncangan tertentu, maka dia akan mengeluarkan semua isi perutnya yang berupa mayat-mayat, timbunan-tumbunan dan hal-hal lainnya.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{dan bumi telah mengeluarkan beban-beban beratnya} mayat-mayat dan harta simpanannya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

1-2. Allah memberitahukan tentang apa yang terjadi pada Hari Kiamat. Bumi bergoncang dan bergoyang hingga meruntuhkan bangunan dan gunung yang ada di atasnya. Gunung digoncang dan diratakan puing-puingnya hingga menjadi hamparan tanah luas yang tidak ada celahnya. โ€œDan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandungnya),โ€ yakni apa saja yang ada di perutnya berupa mayat dan yang tersimpan bumi.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

{ ูˆูŽุฃูŽุฎู’ุฑูŽุฌูŽุชู ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ุฃูŽุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽู‡ูŽุง } Dan bumi akan megeluarkan seluruh isi perutnya yang menjadi beban, seperti mayat-mayat, barang tambang, harta timbunan, dan sebagainya, bumi akan memuntahkan apaun yang tertimbun didalam perutnya ketika peristiwa kiamat yang maha dahsyat itu terjadi.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

ูˆูŽุฃูŽุฎู’ุฑูŽุฌูŽุชู ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ุฃูŽุซู’ู‚ูŽุงู„ูŽู‡ูŽุง " dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya," Maksud beban-beban berat di sini adalah para penghuni kubur.

Sesungguhnya apabila ditiupkan sangkakala, maka siapa pun yang ada di langit dan di bumi akan mati, kecuali yang Allah kehendaki. Kemudian ditiupkan lagi ke berikutnya, serntak mereka berdiri kembali dan menunggu, mereka keluar dari kubur-kubur mereka untuk menghadap Rabbul 'alamiin 'Azza Wa Jalla, sebagaimana Allah Tabaraka Wa Ta'ala berfirman: ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู…ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ู„ูุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ " (yaitu) hari (ketika) manusia berdiri menghadap Tuhan semesta alam?"(QS. Al-Muthaffifin: 6)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zalzalah ayat 2: 1-3. Surat ini dimulai dengan kejadian berkenaan dengan goncangan besar yang akan terjadi pada hari kiamat, Allah berkata : Jika aku guncangkan bumi, aku getarkan dan aku hancurkan sehancur-hancurnya. Dan aku keluarkan padanya perbendaharaan dan semua apa yang terkandung dalam perutnya. Adapun mayit-mayit akan Allah keluarkan ketika tiupan yang kedua, maka berkatalah manusia kebingungan dengan apa yang dilihat dan nampak : Apa yang sebenarnya telah terjadi ?


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yaitu perbendaharaannya dan orang-orang yang telah mati yang dikubur di dalamnya. Semua itu akan dimuntahkan ke atasnya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zalzalah Ayat 2

1-3. Banyak kejadian dahsyat yang terjadi di bumi ketika kiamat tiba. Apabila bumi diguncangkan oleh malaikat atas perintah Allah dengan guncangan yang dahsyat setelah israfil meniupkan sangkakala pertama, dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat yang dikandung-Nya, baik kekayaan yang ada di dalamnya atau mayat-mayat yang terkubur, dan pada saat itu manusia bertanya dengan penuh kekalutan dan ketakutan, 'apa yang terjadi pada bumi ini' mengapa bumi berguncang sedemikian dahsyat dan mengeluarkan apa saja yang dikandungnya' apakah ini hari kiamat''1-3


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beberapa penjabaran dari beragam ulama tafsir mengenai kandungan dan arti surat Az-Zalzalah ayat 2 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi ummat. Sokong kemajuan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dicari

Baca berbagai halaman yang cukup banyak dicari, seperti surat/ayat: Al-Fath, Al-Insyirah, Inna Lillahi, Al-Ma’un, Alhamdulillah, At-Tin. Ada juga Al-Fil, Yusuf 4, Al-‘Alaq, Al-Bayyinah, Al-Baqarah 183, Ali ‘Imran 159.

  1. Al-Fath
  2. Al-Insyirah
  3. Inna Lillahi
  4. Al-Ma’un
  5. Alhamdulillah
  6. At-Tin
  7. Al-Fil
  8. Yusuf 4
  9. Al-‘Alaq
  10. Al-Bayyinah
  11. Al-Baqarah 183
  12. Ali ‘Imran 159

Pencarian: surat maryam ayat 14, surat al-luqman ayat 13-14, ู‚ู„ ุจูุถู„ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑุญู…ุชู‡ ูุจุฐู„ูƒ ูู„ูŠูุฑุญูˆุง, yasin surah full, surat al ghasiyah latin

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: