Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Bayyinah Ayat 7

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَٰئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ

Arab-Latin: Innallażīna āmanụ wa 'amiluṣ-ṣāliḥāti ulā`ika hum khairul-bariyyah

Terjemah Arti: Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan agama Allah, mengikuti rasul Nya dan mengamalkan syari’at NYA mereka adalah sebaik baik makhluk.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

7. Sesungguhnya orang-orang yang beriman kepada Allah dan melakukan amal saleh, mereka adalah sebaik-baik makhluk.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

7. Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan Allah dan rasulNya dan mengamalkan apa yang diperintahkan olehNya berupa amal shalih, secara kondisi dan harta, mereka semua adalah sebaik-baik ciptaan.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Abu Hurairah berkata : "Apakah kamu takjub dengan kedudukan Malaikat disisi Allah ? demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya sesungguhnya hamba yang beriman kepada Allah kedudkanya disisi Allah pada hari kiamat kelak akan lebih tinggi dibandingkan kedudukan para Malaikat ! dan bacalah ayat ini jika kamu ingin melihat keagungan itu : { إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أُولَٰئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ } .

Li Yaddabbaru Ayatih / Lajnah Ilmiah Markaz Tadabbur

7. “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk,” karena mereka menyembah dan mengenal Allah. Mereka beruntung mendapatkan kenikmatan dunia dan akhirat.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

{ إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ } Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shalih, mereka mencontohi para Nabi dan Rasul, mereka mengikuti syari'at Muhammad ﷺ , beriman kepadanya, dan terus melakukan amal shalih dan meningkatkan keimanan, { أُولَٰئِكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِ } mereka itu adalah sebaik-baiknya ciptaan Allah ﷻ , tanpa dilihat dari segi keturunannya, kekayaannya, dan ilmunya.

Seseorang tidak dilihat dari seluruh amalan yang ia lakukan, akan tetapi seseorang itu tergantung amal shalih yang ia perbuat yang seusai dengan Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah ﷺ , itulah amal shalih yang sesungguhnya, amalan yang dilakukan dengan keikhlasan hanya kepada Allah ﷻ , maka seseorang tidak dikatakan telah beramal shalih melainkan amalan itu harus dengan keikhlasan untuk mengharap ridho dari Allah dan sesuai dengan tuntunan sunnah Rasulullah ﷺ , itulah amalan shalih yang sesungguhnya.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

7-8. Setelah Allah menjelaskan balasan orang-orang kafir di akhirat, Allah menjelaskan tentang orang-orang yang beriman. Dan Ia kabarkan mereka yang membenarkan Allah dan mengikuti Rasul ﷺ dan beramal dengan amalan yang shalih, mereka adalah sebaik-baik ciptaan di dunia dan akhirat, mereka adalah orang yang berhak mendapat karunia Allah, dan oleh karena itu balasan mereka ada di sisi Penciptanya, mereka di akhirat mendapat surga yang mengalir di bawah kamar-kamar dan pepohonan mereka sungai-sungai, dan mereka menempati kenikmatan ini selama-lamanya. Tidak akan terputus (kenikmatan) yang di dapatkan mereka selamanya. Allah ridha dengan mereka dan kepada amalan shalih yang mereka kerjakan sebelumnya (di dunia), dan mereka juga ridha kepada Tuhannya atas kenikmatan dan tempat tinggal yang diberikan kepada mereka. Kemudian Allah menjelaskan bahwa balasan dan ganjaran yang baik ini diberikan bagi mereka yang takut kepada Allah, dan menjauhi apa yang membuatnya murka dari kekafiran dan kesyirikan serta dosa dan maksiat.

Tafsir Juz 'Amma / Muhammad bin Shalih al-Utsaimin

Sungguh, orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasulnya dengan iman yang benar dan mengerjakan kebajikan dengan ikhlas dan sesuai ketetentuan syariat, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Mereka adalah makhluk yang Allah kehendaki untuk menjadi khalifah di bumi. 8. Balasan mereka di sisi tuhan mereka ialah surga 'adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya bersama segala kenikmatan di dalamnya. Selain itu, mereka mendapat nikmat yang lebih besar. Allah rida terhadap mereka atas keimanan dan amal saleh mereka dan mereka pun rida kepada-Nya atas kemuliaan yang Allah anugerahkan kepada mereka. Yang demikian itu adalah balasan yang agung bagi orang yang takut kepada tuhannya. Ketakutannya pada siksaan Allah mendorongnya untuk menjauhkan diri dari larangan Allah, termasuk kemusyrikan dan kekafiran.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Bayyinah Ayat 8 Arab-Latin, Surat Az-Zalzalah Ayat 1 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Az-Zalzalah Ayat 2, Terjemahan Tafsir Surat Az-Zalzalah Ayat 3, Isi Kandungan Surat Az-Zalzalah Ayat 4, Makna Surat Az-Zalzalah Ayat 5

Category: Surat Al-Bayyinah

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Qs Al Bayinah Ayat 7 Ssifat Manusia Yang Sesuai Denagan Surah Al Bayyinah Ayat Ke 7 Isi Kandungan Surat Al Bayyinah Ayat 7 Qs Al Bayyinah (98):7 Tulislah Qs Al Bayyinah Ayat 7 Dengan Terjemahannya