Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Bayyinah Ayat 6

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ أُولَٰئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ

Arab-Latin: Innallażīna kafarụ min ahlil-kitābi wal-musyrikīna fī nāri jahannama khālidīna fīhā, ulā`ika hum syarrul-bariyyah

Terjemah Arti: Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Sesungguhnya orang-orang kafir dari kalangan orang-orang yahudi, nasrani dan kaum musyrikin berada dalam api neraka jahanam, mereka kekal didalamnya. Mereka adalah makhluk yang paling buruk.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

6. Sesungguhnya orang-orang yang kafir -dari kalangan Yahudi dan Nasrani serta kaum musyrikin- pada hari Kiamat akan masuk Neraka Jahanam, mereka menetap di dalamnya selama-lamanya. Mereka adalah seburuk-buruk ciptaan karena kekufuran mereka terhadap Allah dan pendustaan mereka terhadap Rasul-Nya.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

6. Sesungguhnya orang-orang kafir dari ahli kitab yang terdiri dari kaum Yahudi, kaum Nasrani dan penyembah berhala, balasan mereka pada hari kiamat adalah di neraka Jahanam. Mereka tinggal di sana selama-lamanya. Mereka adalah seburuk-buruk ciptaan karena telah meninggalkan kebenaran dengan iri dan zalim

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah mengabarkan bahwasanya barangsiapa yang mereka kufur kepada Allah dan Rasul-Nya ﷺ dari kalangan Yahudi dan Nasrani serta musyrikin yang mengibadahi benda mati; Mereka semua pada hari kiamat tempatnya di neraka jahannam, tinggal di dalamnya selama-lamanya, tidak dikeluarkan darinya selamanya. Sebab mereka adalah seburuk-buruk dan sejelek-jelek ciptaan.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

6. Kemudian Allah menyebutkan balasan orang-orang kafir setelah datangnya bukti nyata kepada mereka seraya berfirman, “Sesungguhnya orang-orang kafir dari ahli kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke Neraka Jahanam,” siksa Neraka Jahanam meliputi mereka dan siksanya amat dahsyat menimpa mereka. “Mereka kekal di dalamnya,” tidaklah siksaan diringankan dari mereka sedangkan mereka terbenam di dalamnya. “Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk,” karena mereka tahu kebenaran namun mereka meninggalkannya, mereka rugi dunia akhirat.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Kemudian dijelaskan dalam ayat ini balasan orang-orang kafir dari kalangan ahli kitab dan orang-orang musyrik, dan balasan bagi orang-orang beriman pada ayat setelahnya, Allah - عز وجل - berfirman : { إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ أُولَٰئِكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِ } .

{ إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ } Perhatikanlah, mereka berbuat kekafiran padahal mereka adalah ahl kitab !! itu dikarenakan mereka tidak mengikuti kitab yang Allah turunkan kepada mereka, dan tidak pula mereka mengamalkan apa yang diperintahkan didalamnya, mereka adalah kaum Yahudi dan Nashrani.

Dan musyrikin adalah orang yang menyembah berhala, pohon-pohon, dan batu-batu, dan juga api sebagaimana yang dilakukan oleh kelompok majusi.
{ إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ وَالْمُشْرِكِينَ } DIsebutkan "Ahli kitab" dan "Musyrikin" tanpa dipisahkan antara keduanya, dan sebagian da'i mengatakan : bahwa ada perbedaan antara "Ahli kitab" dan "musyrikin" dari segi balasan... betul ada perbedaan diantara keduanya dalam hal hukum syari'at, akan tetapi dari segi balasan dan ganjaran tidak ada perbedaan antara mereka disisi Allah, mereka semua adalah orang-orang kafir, mereka adalah penghuni neraka, padahal mereka adalah Ahli kitab !! tetapi jika mereka tidak tunduk kepada perintah yang ada dalam kitab itu mereka akan bersama para penghuni neraka.

{ نَارِ جَهَنَّمَ } Mereka ( Yahudi dan Nashrani ) akan dimasukkan kedalam neraka jahannam, "Jahannam" : adalah salah satu tingkatan dari tingkatan-tingkatan neraka yang Allah cipatakan, karena Allah - عز وجل - telah menciptakan neraka beberapa tingkatan yang sangat rendah, sebagaimana surga diciptakan dengan tingkatan-tingkatannya yang sangat tinggi, surga adalah tempat yang sangat tinggi diakhirat, sedangkan neraka adalah tempat kembali yang paling rendah.

Lalu apakah ahli kitab dan musyrikin itu akan tinggal didalam neraka selama satu hari, atau dua hari, atau bahkan cuman satu bulan atau satu tahun ? tentu tidak { خَالِدِينَ فِيهَا } bahkan mereka akan tinggal di neraka itu kekal selamanya, azab yang sangat pedih akan mereka rasakan selamanya didalam neraka jahannam, tidak ada harapan bagi mereka untuk bisa selamat dan keluar dari neraka itu, semua itu merupakan balasan atas kekafiran yang telah mereka lakukan didunia, kemudian Allah ﷻ mengatakan : { أُولَٰئِكَ } Dan orang-orang kafir itu { شَرُّ الْبَرِيَّةِ } adalah seburuk buruknya ciptaan, biarlah mereka mengatakan : bahwasanya Yahudi dan Nasrani saat ini telah maju dan berkembang dari segi teknologi, mereka telah merubah peradaban dunia dan terus naik dan memiliki kekuasaan yang besar di seluruh dunia, tetapi semua itu tidak ada nilainya disisi Allah - عز وجل - , mereka akan kekal selamanya di neraka, kesuksesan apapun yang telah mereka raih di dunia tidak akan bermanfaat diri mereka sendiri, walaupn dunia memuji mereka dengan gelar "manusia terbaik" dengan berbagai kecanggihan dan tehnologi yang mereka ciptakan , tetapi pada hakikatnya mereka adalah makhluk ciptaan yang paling buruk dan paling hina.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan balasan orang-orang kafir setelah bukti yang nyata datang kepada mereka.

Azab dan siksaannya meliputinya.

Tanpa diringankan azab mereka.

Karena mereka telah mengetahui yang hak namun mereka tinggalkan sehingga mereka rugi di dunia dan akhirat.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Sungguh, orang-orang yang kafir dari golongan ahli kitab dan orang-orang yang musyrik akan masuk ke neraka jahanam dengan bermacam siksa pedih di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Tidak ada kesempatan bagi mereka untuk keluar, bahkan untuk sekadar sejenak lepas dari siksa. Mereka itu adalah sejahat-jahat makhluk. Allah telah mem-beri mereka peringatan, tetapi mereka enggan mengindahkannya. Dia tidak akan menyiksa seseorang kecuali setelah memberinya peringatan. 7. Sungguh, orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasulnya dengan iman yang benar dan mengerjakan kebajikan dengan ikhlas dan sesuai ketetentuan syariat, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk. Mereka adalah makhluk yang Allah kehendaki untuk menjadi khalifah di bumi.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Bayyinah Ayat 7 Arab-Latin, Surat Al-Bayyinah Ayat 8 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Az-Zalzalah Ayat 1, Terjemahan Tafsir Surat Az-Zalzalah Ayat 2, Isi Kandungan Surat Az-Zalzalah Ayat 3, Makna Surat Az-Zalzalah Ayat 4

Category: Surat Al-Bayyinah

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al Bayyinah Ayat 6 Al Bayyinah 6 Surat Albayyinah Ayat 6 T Al-bayyinah Ayat 6 Al Bayyinah Ayat 6-7