Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat At-Tin Ayat 7

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّينِ

Arab-Latin: Fa mā yukażżibuka ba'du bid-dīn

Terjemah Arti: Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Apa yang membuatmu (wahai manusia) mendustakan kebangkitan dan pembalasan padahal bukti-bukti yang menunjukan kuasa Allah atasnya sangat jelas?

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

7. Maka apa yang menjadikanmu -wahai manusia- mendustakan Hari Pembalasan setelah kamu melihat langsung sebagian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya yang banyak?

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

7. Maka apa yang membuatmu mendustakan hari kiamat wahai manusia setelah (datang) dalil yang sangat jelas ini tentang kekuasaan Allah atas risalahNya? Maksudnya adalah apa yang membuatmu mendustakan risalah itu tanpa sebab?

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Setelah petunjuk-petunjuk dan bukti-bukti yang jelas, maka apa yang menjadikanmu wahai manusia untuk mendustakan Allah, hari akhir, hari pembalasan dan hisab ?

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

7-8. “Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?” yakni apa yang membuatmu mendustakan adanya Hari Pembalasan amal perbuatan wahai manusia? Engkau telah melihat banyak tanda-tanda kebesaran Allah yang membuatmu yakin dan berbagai nikmatNya yang mengharuskanmu agar tidak mengkufurinya sedikit pun. “Bukankah Allah adalah Hakim yang paling adil?” lantas patutkah hikmahNya mengharuskanNya meninggalkan manusia sia-sia, tidak diperintah, dilarang, diberi pahala dan siksa? Ataukah Yang menciptakan manusia dalam berbagai tahap, memberi mereka berbagai nikmat, kebajikan, dan kebaikan yang tidak terkira, merawat mereka dengan baik pasti mengembalikan mereka ke negeri keabadian dan tujuan mereka yang mereka tuju dan ikuti?

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

{ فَمَا يُكَذِّبُكَ } Maka apakah yang membuatmu berdusta wahai manusia { بَعْدُ } setelah kamu mengetahui ayat-ayat Allah ﷻ yang mengaskan tentang hari kiamat, dan ayat-ayat Allah ﷻ yang memaparkan tentang kenikmatan-Nya yang begitu besar kepada hamba-hamba Nya.

{ بِالدِّينِ } Yakni hari pembalasan hari kiamat, apakah yang menjadi penyebat sehingga kamu mendustakan hari pembalasan padahal kamu telah mengetahui ayat-ayat Allah yang menjelaskan tetang peristiwa itu ? , apakah kamu ragu akan kuasa Allah ﷻ yang menciptakan kamu dan alam ini dari sesuatu yang tidak berwujud menjadi ada, bukankah untuk mengembalikan penciptaan itu setelah kehancurannya pada hari kiamat akan lebih mudah bagi-Nya ? , Allah ﷻ berfirman : { وَهُوَ الَّذِي يَبْدَأُ الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ وَهُوَ أَهْوَنُ عَلَيْهِ ۚ وَلَهُ الْمَثَلُ الْأَعْلَىٰ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ } ( Dan Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan)nya kembali, dan menghidupkan kembali itu adalah lebih mudah bagi-Nya. Dan bagi-Nya-lah sifat yang Maha Tinggi di langit dan di bumi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. ) [ Ar-Rum : 28 ] , segala sesuatu bagi-Nya sangatlah mudah untuk diwujudkan, maha suci Allah dengan segala kekuasasn-Nya.

Tafsir Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan

Yakni setelah mereka tahu bahwa manusia diciptakan Allah dalam bentuk yang sebaik-baiknya, lalu dikembalikan-Nya kepada keadaan yang paling rendah dimana pada semua itu terdapat dalil yang menunjukkan bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'aala berkuasa membangkitkan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Allah menciptakanmu dengan bentuk yang sempurna dari setetes mani yang menjadi janin, kemudian melewati berbagai tahap dari bayi, remaja, dewasa, tua, hingga meninggal. Itu merupakan dalil yang paling jelas tentang kekuasaan Allah; bahwa dia kuasa untuk membang'kitkanmu dari kematian. Maka, apa yang menyebabkan mereka mendustakanmu tentang hari pembalasan yaitu hari kiamat setelah adanya keterangan-keterangan yang gamblang itu'8. Bukankah Allah adalah hakim yang paling adil' jangan kaukira Allah menciptakan manusia secara sia-sia dengan tidak memberinya perintah dan larangan. Allah telah menurunkan aturan syariat. Dia akan memberi putusan dengan adil; memberi pahala kepada orang yang taat dan menghukum orang yang bersalah.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat At-Tin Ayat 8 Arab-Latin, Surat Al-‘Alaq Ayat 1 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-‘Alaq Ayat 2, Terjemahan Tafsir Surat Al-‘Alaq Ayat 3, Isi Kandungan Surat Al-‘Alaq Ayat 4, Makna Surat Al-‘Alaq Ayat 5

Category: Surat At-Tin

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!