Surat At-Tin Ayat 7

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّينِ

Arti/Makna/Terjemah Indonesia

Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu?

Tafsir Al-Mukhtashar

7. Maka apa yang membawamu wahai manusia mendustakan terhadap hari pembalasan setelah dijelaskan tanda-tanda keagungan Allah yang banyak ?

Tafsir Al-Muyassar

Apa yang membuatmu (wahai manusia) mendustakan kebangkitan dan pembalasan padahal bukti-bukti yang menunjukan kuasa Allah atasnya sangat jelas?

Tafsir Juz Amma (Al-Fauzan)

{ فَمَا يُكَذِّبُكَ } Maka apakah yang membuatmu berdusta wahai manusia { بَعْدُ } setelah kamu mengetahui ayat-ayat Allah ﷻ yang mengaskan tentang hari kiamat, dan ayat-ayat Allah ﷻ yang memaparkan tentang kenikmatan-Nya yang begitu besar kepada hamba-hamba Nya.

{ بِالدِّينِ } Yakni hari pembalasan hari kiamat, apakah yang menjadi penyebat sehingga kamu mendustakan hari pembalasan padahal kamu telah mengetahui ayat-ayat Allah yang menjelaskan tetang peristiwa itu ? , apakah kamu ragu akan kuasa Allah ﷻ yang menciptakan kamu dan alam ini dari sesuatu yang tidak berwujud menjadi ada, bukankah untuk mengembalikan penciptaan itu setelah kehancurannya pada hari kiamat akan lebih mudah bagi-Nya ? , Allah ﷻ berfirman : { وَهُوَ الَّذِي يَبْدَأُ الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ وَهُوَ أَهْوَنُ عَلَيْهِ ۚ وَلَهُ الْمَثَلُ الْأَعْلَىٰ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ } ( Dan Dialah yang menciptakan (manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan)nya kembali, dan menghidupkan kembali itu adalah lebih mudah bagi-Nya. Dan bagi-Nya-lah sifat yang Maha Tinggi di langit dan di bumi; dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. ) [ Ar-Rum : 28 ] , segala sesuatu bagi-Nya sangatlah mudah untuk diwujudkan, maha suci Allah dengan segala kekuasasn-Nya.

Tafsir Hidayatul Insan

Yakni setelah mereka tahu bahwa manusia diciptakan Allah dalam bentuk yang sebaik-baiknya, lalu dikembalikan-Nya kepada keadaan yang paling rendah dimana pada semua itu terdapat dalil yang menunjukkan bahwa Allah Subhaanahu wa Ta'aala berkuasa membangkitkan.

Tafsir Kemenag

Allah menciptakanmu dengan bentuk yang sempurna dari setetes mani yang menjadi janin, kemudian melewati berbagai tahap dari bayi, remaja, dewasa, tua, hingga meninggal. Itu merupakan dalil yang paling jelas tentang kekuasaan Allah; bahwa dia kuasa untuk membang'kitkanmu dari kematian. Maka, apa yang menyebabkan mereka mendustakanmu tentang hari pembalasan yaitu hari kiamat setelah adanya keterangan-keterangan yang gamblang itu'8. Bukankah Allah adalah hakim yang paling adil' jangan kaukira Allah menciptakan manusia secara sia-sia dengan tidak memberinya perintah dan larangan. Allah telah menurunkan aturan syariat. Dia akan memberi putusan dengan adil; memberi pahala kepada orang yang taat dan menghukum orang yang bersalah.

Referensi Tafsir

  • IN PROGRESS
  • al-Aisar / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mufassir Masjid Nabawi - Madinah, wafat 1439 H
  • al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah - Riyadh, terbit 1435 H
  • al-Muyassar / Dr. Shalih Alu Syaikh et al., Menteri Agama KSA, diangkat 1420 H
  • as-Sa'di / 'Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir kontemporer, wafat 1376 H
  • Fathul Qadir / Asy-Syaukani, wafat 1250 H, diringkas Dr. M. Sulaiman al-Asyqar
  • Ibnu Katsir / Ibnu Katsir, wafat 774 H, diringkas Shafiyurrahman al-Mubarakfuri et al.
  • Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih Fauzan, anggota Komite Fatwa KSA, diangkat 1412 H
  • Juz 'Amma / Dr. Abdul Malik bin Muhammad bin 'Abdurrahman al-Qaasim
  • Juz 'Amma / M. Shalih al-Utsaimin, anggota Dewan Ulama Senior KSA, wafat 1421 H
  • COMPLETED
  • Hidayatul Insan / Marwan Hadidi, M.Pd.I, Mudarris Ibnu Hajar Boarding School - Jakarta
  • Kemenag / Kementrian Agama Republik Indonesia, diakses tahun 2018