Surat Ar-Rum Ayat 22

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦ خَلْقُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَٱخْتِلَٰفُ أَلْسِنَتِكُمْ وَأَلْوَٰنِكُمْ ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّلْعَٰلِمِينَ

Arab-Latin: Wa min āyātihī khalqus-samāwāti wal-arḍi wakhtilāfu alsinatikum wa alwānikum, inna fī żālika la`āyātil lil-'ālimīn

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan berlain-lainan bahasamu dan warna kulitmu. Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui.

« Ar-Rum 21Ar-Rum 23 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Menarik Berkaitan Surat Ar-Rum Ayat 22

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rum Ayat 22 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan kandungan menarik dari ayat ini. Tersedia sekumpulan penafsiran dari berbagai mufassirin terkait makna surat Ar-Rum ayat 22, di antaranya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan diantara bukti-bukti Kuasa Tuhan adalah penciptaan langit dan ketinggiannya tanpa tiang, penciptaan bumi dengan keluasannya dan kelebarannya, perbedaan bahasa kalian dan warna kulit kalian. Sesungguhnya hal itu mengandung pelajaran bagi siapa yang memiliki ilmu dan bashirah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

22. Dan termasuk tanda besarnya kekuasaan Allah, Dia menciptakan tujuh langit tanpa tiang, dan menciptakan bumi dengan tujuh lapis beserta kandungannya, serta menciptakan berbagai macam bahasa untuk saling berkomunikasi dan berbagai warna kulit agar kalian saling mengenal.

Sungguh perkara yang agung dalam penciptaan dan perbedaan itu merupakan tanda-tanda kebesaran Allah yang bermanfaat bagi orang-orang yang berilmu untuk bertadabbur.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

22. Di antara tanda-tanda-Nya yang agung yang menunjukkan kekuasaan-Nya dan keesaan-Nya, yaitu penciptaan langit dan bumi, juga perbedaan bahasa dan kulit kalian. Sesungguhnya di dalam hal itu benar-benar terdapat bukti-bukti bagi orang yang berilmu dan mempunyai mata hati.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

22. وَمِنْ ءَايٰتِهِۦ خَلْقُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ (Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah menciptakan langit dan bumi)
Karena yang meciptakan makhluk-makhluk yang sangat besar ini, dan menciptakan berbagai makhluk yang menakjubkan sebagai pelajaran bagi orang yang mau mengambil pelajaran, Mampu menciptakan kalian setelah kematian kalian dan membangkitkan kalian dari alam kubur.

وَاخْتِلٰفُ أَلْسِنَتِكُمْ(dan berlain-lainan bahasamu)
Yakni bahasa Arab, Persia, India, Romawi, dan bahasa-bahasa lainnya.

وَأَلْوٰنِكُمْ ۚ( dan warna kulitmu)
Yaitu kulit yang putih, hitam, merah, kuning, dan kehijauan, padahal kalian merupakan keturunan dari satu bapak dan satu ibu yang sama, dan kalian merupakan jenis yang sama yaitu jenis manusia; bahkan setiap diri kalian memiliki perbedaan dari orang lain.

إِنَّ فِى ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّلْعٰلِمِينَ (Sesungguhnya pada yang demikan itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui)
Yakni bagi orang-orang yang memiliki ilmu dan penglihatan yang tajam.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Pernahkah anda melihat dua orang saudara kembar, anda tidak bisa membedakan satu dengan lainnya kecuali dengan pengamatan yang baik? ketika itu anda akan merasakan bagaimana nikmat Allah ta'ala menjadikan perbedaan diantara makhlukNya sebagaimana disebutkan dalam ayat ini.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

22. Di antara dalil-dalil kekuasaanNya adalah penciptaan langit, bumi, perbedaan bahasa dan dialek kalian serta perbedaan warna kalian seperti hitam dan putih. Sesungguhnya dalam hal itu ada tanda-tanda atas kekuasaan Allah bagi orang-orang yang memiliki ilmu dan pengetahuan


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Di antara tanda-tandaNya ialah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasa kalian} bahasa kalian {dan warna kulit kalian. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berilmu} bagi orang-orang yang memiliki ilmu dan penglihatan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

22. orang-orang yang mengetahui (orang alim) adalah para ahli ilmu yang memahami pelajaran-pelajaran dan merenungkan ayat-ayat. Ayat-ayat dalam masalah ini banyak diantara ayat-ayat (Nya) adalah penciptaan “langit dan bumi,” dan segala apa yang ada di dalamnya, bahwasannya semua itu membuktikan pada keagungan kekuasaan Allah dan kesempurnaan keperkasaanNya, yang telah menciptakan makhluk (ciptaan) yang agung ini, dan kesempurnaan hikmahNya karena ketelitian yang terkandung dalam ciptaan tersebut, serta kehalusan ilmuNYa. Sebab, sang pencipta pasti mengetahui makhluk yang diciptakanNya.
“ketahuilah, Yang menciptakan itu mengetahui,” (al-mulk:14)
Juga (tanda bukti) liputan rahmat dan karuniaNya, karena di dalam semua itu terdapat manfaat yang sangat besar, dan bahwasannya Dia yang berkehendak yang memilih apa saja yang Dia kehendaki, karena pada rahmat dan karuniaNya terdapat berbagai keunggulan dan keistimewaan; dan bahwa Dia semata yang berhak disembah dan diesakan, sebab hanya Dia Yang Maha Esa yang menciptakan, maka dari itu wajib diesakan dengan ibadah.
Semua itu adalah dalil-dalil rasional yang diingatkan oleh Allah kepada akal, diperintahkan olehNya untuk direnungkan dan diambil pelajarannya “dan” demikian pula pada, “berlain-lainannya bahasamu dan warna kulitmu,” berdasarkan banyaknya jumlah kalian dan berbeda-bedanya kalian, padahal asal usulnya satu (sama), dan tempat keluarnya huruf pun sama. Sekalipun demikian adanya, namun anda tidak akan menjumpai dua suara (manusia) sama dari segala sisi, melainkan anda pasti menemukan perbedaan di antara itu yang dengannya bisa dibedakan.
Ini semua menunjukkan kemahasempurnaan kekuasaanNya, kehebatan masyi’ahNya, perhatianNya kepada hamba-hambaNya dan rahmat (kasih sayang)Nya kepada mereka. Dia menetapkan perbedaan tersebut agar tidak terjadi kesamaran, karena akan berakibat fatal (kekacauan) dan akan banyak tujuan-tujuan mulia dan kebutuhan yang akan terabaikan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 22-23
Allah SWT: (Di antara tanda-tanda kekuasaanNya) yang menunjukkan atas kekuasaanNya yang Maha Agung (Dia menciptakan langit dan bumi) yaitu, Dia menciptakan langit yang tinggi, luas, berkilauan planet-planet dan bintang-bintangnya, baik yang tetap maupun beredar, dan menciptakan bumi yang datar dan padat, serta apa yang ada padanya berupa gunung-gunung, lembah-lembah, laut, padang pasir, hewan-hewan, dan pepohonan.
Firman Allah SWT: (dan berlain-lainan bahasamu) yaitu bahasa-bahasa, dimana mereka ada yang berbahasa Arab, ada yang dari bangsa Tartar yang memiliki bahasa lain, ada yang berbahasa Persia, ada yang berbahasa Romawi, ada yang berbahasa Franj, ada yang berbahasa Berber, ada yang berbahasa Takruri, ada yang berbahasa Habasyah, ada yang berbahasa Hindu, ada yang berbahasa non Arab, ada yang berbahasa Shaqalibah, ada yang berbahasa Khazar, ada yang berbahasa Armin, ada yang berbahasa Kurdi sampai bahasa-bahasa lain yang tidak diketahui selain Allah yang beragam dan berbeda bahasa dan warna kulit anak cucu Adam yang merupakan ciri khas mereka. Semua penduduk bumi (yaitu di dunia sejak Allah menciptakan nabi Adam sampai hari kiamat) semuanya mempunyai dua mata, dua alis, satu hidung, kelopak mata, mulut, dan pipi, namun seseorang dari mereka tidak serupa dengan yang lain. Tetapi masing-masing pasti mempunyai ciri yang membedakan dengan yang lainnya, baik dalam hal rupa, bentuk, atau bahasa yang jelas dan yang samar, yang diketahui saat direnungi. Setiap wajah mereka mempunyai pola dan bentuk yang berbeda satu sama lain. Seandainya ada segolongan yang mempunyai ciri yang sama dalam yang lain dalam hal ketampanan atau keburukan rupa, maka pasti ada perbedaan di antara masing-masing di antara mereka dengan yang lain. (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui) (Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya) yaitu di antara tanda-tanda kekuasaanNya adalah Allah menjadikan tidur di malam dan siang hari yang dengannya kamu bisa mendapatkan istirahat, berhenti melakukan aktifitas, dan menghilangkan kelelahan dan keletihan. Dia menjadikan siang hari bagi kalian untuk bertebaran dan berusaha, dan ini merupakan lawan dari tidur (Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan) yaitu merenungkannya


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rum ayat 22: Di antara tanda atas kuasa Allah dan kemaha-esaan-Nya : Adanya langit yang tujuh dan apa yang di dalamnya; Dengan tanpa tiang dan juga adanya bumi. Begitu juga perbedaan bahasa kalian dan logatnya, perbedaan warna kulit, semua ini adalah tanda bagi manusia yang memiliki akal dan ilmu.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Padahal asalnya hanya satu, dan tempat keluarnya huruf juga satu. Meskipun demikian, kita akan menemukan sedikit atau banyak perbedaan antara suara dan warna kulit yang membedakan antara yang satu dengan yang lain. Hal ini menunjukkan sempurnanya kekuasaan-Nya, dan berlakunya kehendak-Nya. Termasuk perhatian dan rahmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya adalah Dia menetapkan adanya perbedaan itu agar tidak terjadi kesamaran sehingga terjadi kekacauan dan hilang maksud dan tujuan.

Mereka adalah ahli ilmu; yang memahami pelajaran, dan mentadabburi ayat-ayat Allah. Dari penciptaan langit dan bumi, mereka dapat mengetahui besarnya kerajaan Allah dan sempurnya kekuasaan-Nya sehingga mampu mengadakan makhluk yang besar ini. Dari sana pula mereka dapat mengetahui kebijaksanaan Allah karena kerapian ciptaannya serta mengetahui luasnya ilmu-Nya, karena yang menciptakan pasti mengetahui makhluk yang diciptakan-Nya. Dari sana pun mereka mengetahui meratanya rahmat-Nya dan karunia-Nya karena di dalamnya terdapat manfaat yang besar, dan bahwa Dia memang menginginkan, di mana Dia memilih apa yang Dia kehendaki karena di dalamnya terdapat kelebihan dan keistimewaan, dan bahwa hanya Dia yang berhak disembah dan diesakan, karena Dia yang sendiri menciptakan maka Dia yang wajib disembah saja. Semua ini merupakan dalil akal yang Allah ingatkan, agar akal mau memikirkannya dan mengambil pelajaran daripadanya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rum Ayat 22

Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah penciptaan langit tanpa penyangga dan bumi yang terhampar, demikian pula perbedaan bahasamu yang diucapkan dengan mulut yang terdiri atas unsur yang sama: bibir, gigi, dan lidah; dan perbedaan warna kulitmu meski kamu berasal dari sumber yang satu. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda eksistensi dan keesaan-Nya bagi orang-orang yang mengetahui atau berilmu. 23. Allah menciptakan pergantian siang dan malam sebagai bukti kekuasaan dan rahmat-Nya. Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya yang lain ialah tidurmu untuk istirahat pada waktu malam setelah kamu beraktivitas pada siang hari, dan pada siang hari kamu beraktivitas kembali, dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya berupa rezeki yang telah diatur oleh-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran dan keesaan-Nya bagi kaum yang mendengarkan dengan saksama agar dapat menumbuhkan sifat kanaah (menerima dengan ikhlas segala karunia-Nya) dan kemantapan jiwa serta kesadaran penuh atas kemahakuasaan-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penafsiran dari banyak ulama terhadap isi dan arti surat Ar-Rum ayat 22 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi ummat. Sokonglah dakwah kami dengan memberikan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Banyak Dikunjungi

Terdapat banyak konten yang paling banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Hujurat 10-12, Ath-Thalaq 2-3, Al-Mu’minun, Al-Isra 26-27, Al-Insyirah 8, Al-Baqarah 148. Ada pula At-Taubah 122, Al-Insyiqaq, At-Tahrim 8, Al-Alaq 1-5, At-Taubah 105, At-Takwir.

  1. Al-Hujurat 10-12
  2. Ath-Thalaq 2-3
  3. Al-Mu’minun
  4. Al-Isra 26-27
  5. Al-Insyirah 8
  6. Al-Baqarah 148
  7. At-Taubah 122
  8. Al-Insyiqaq
  9. At-Tahrim 8
  10. Al-Alaq 1-5
  11. At-Taubah 105
  12. At-Takwir

Pencarian: tuliskan salah satu ayat yang berhubungan dengan memanjangkan jilbab ke dada lengkap dengan artinya, surah aroaitalladzi yukadzibu biddin, an najm ayat 39-42 berisi tentang, surah al baqarah ayat 285 latin, surat at taubah ayat 34

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: