Daftar Isi > An-Naba > An-Naba 30

Surat An-Naba Ayat 30

فَذُوقُوا۟ فَلَن نَّزِيدَكُمْ إِلَّا عَذَابًا

Arab-Latin: Fa żụqụ fa lan nazīdakum illā 'ażābā

Artinya: Karena itu rasakanlah. Dan Kami sekali-kali tidak akan menambah kepada kamu selain daripada azab.

« An-Naba 29An-Naba 31 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat An-Naba Ayat 30

Paragraf di atas merupakan Surat An-Naba Ayat 30 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdapat pelbagai penafsiran dari banyak mufassirin mengenai makna surat An-Naba ayat 30, di antaranya seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

27-30. Sesungguhnya mereka tidak takut pada hari perhitungan amal sehingga mereka tidak beramal untuknya, Mereka mendustakan apa yang dibawa oleh para rasul kepada mereka. Kami mengetahui segala sesuatu dan mencatatnya di lauhil mahfuzh. Maka rasakanlah (wahai orang orang kafir) balasan dari amal-amal kalian, kami tidak menambah untuk kalian kecuali azab di atas azab.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

30. Maka rasakanlah -wahai orang-orang yang durhaka- siksa yang abadi ini. Kami tidak akan menambahkan kepada kalian selain siksa di atas siksa yang kalian rasakan.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

{ فَذُوقُوا فَلَنْ نَزِيدَكُمْ إِلَّا عَذَابًا } Maka dari itu rasakanlah, karena sesungguhnya kami tidak akan memberikan tambahan untukmu selain azab yang pedih.

Abdullah ibnu Umar pernah berkata : "Tidak ada ayat yang diturunkan untuk penghuni neraka lebih keras daripada ayat ini { فَذُوقُوا فَلَنْ نَزِيدَكُمْ إِلَّا عَذَابًا } , bagi mereka azab yang akan terus bertambah selamanya.

[ Ad-durr al-mantsur 8/397 ]


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

30. Saat disiksa di Akhirat akan dikatakan kepada mereka: “Terima dan rasakanlah balasan perbuatan kalian, tidak akan Kami tambah kepada kalian kecuali azab yang pedih"


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Maka rasakanlah.Tidak akan Kami tambahkan kepada kalian, kecuali azab


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 26-30
Dan sesungguhnya mereka berhak menerima siksaan-siksaan yang berat ini sebagai balasan bagi mereka atas apa yang telah mereka perbuat berupa amalan-amalan yang mengantarkan mereka kepada siksaan tersebut. Allah tidak menzhalimi mereka tapi mereka sendirilah yang menzhalimi diri sendiri. Karena itu Allah menyebutkan amal perbuatan mereka yang membuat mereka berhak mendapatkan siksaan diatas seraya berfirman, “Sesungguhnya mereka tidak takut kepada hisab,” yakni, tidak beriman pada Hari Kebangkitan dan tidak beriman bahwa Allah akan membalas manusia, baik dan buruknya. Karena itulah mereka melalaikan amal-amal untuk akhirat. “dan mereka mendustakan ayat-ayat Kami dengan sebenar-benarnya,” yakni mereka mendustakannya secara tegas dan jelas. Penjelasan-penjelasan datang kepada mereka tapi mereka menentangnya. “Dan segala sesuattu,” sedikit dan banyak, baik dan buruk, “ sudah Kami catat dalam suatu kitab,” yakni sudah Kami tetapkan di Lauhil Mahfuzh. Karena itu, janganlah orang-orang yang berdosa mengira Kami menyiksa mereka karena dosa yang tidak mereka lakukan. Dan janganlah mereka mengira bahwa Allah akan menyia-nyiakan amal perbuatan mereka atau melalaikannya meskipun sebesar biji atom, sebagaimana disebutkan dalam Firman Allah,
“ Dan diletakkanlah kitab, laul kamu akan melihat orang-orang yang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya dan mereka berkata, ‘Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya;’ dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan (tertulis). Dan Rabmu tidak menganiaya seorangpun.”(Al-Kahfi:49).
“Karena itu rasakanlah,” wahai orang-orang yang mendustakan azab yang pedih dan kehinaan abadi ini, “dan Kami sekali-kali tidak akan menambah kepada kamu kecuali azab.” Azab mereka semakin bertambah dari waktu ke waktu. Ini adalah ayat paling keras tentang dahsyatnya siksaan penghuni neraka. Semoga Allah melindungi kita semua darinya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Dan setelah itu Allah mengatakan kepada mereka : maka rasakanlah (wahai orang-orang kafir) azab neraka jahannam yang pedih ini.

Dan sungguh kami tidak akan menambahkan kepada kalian selain azab, maka ketika itu mereka langsung merasa pesimis, mereka berputus asa dari memohon rahmat Allah semua harapan terputus. Dan azab neraka tidak ada keringanan bagi mereka, bahkan terus bertambah dan semakin pedih, itulah tempat kembali orang-rang kafir diakhirat nanti.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

فَذُوقُوا فَلَنْ نَزِيدَكُمْ إِلَّا عَذَابًا “Karena itu rasakanlah. Dan Kami sekali-kali tidak akan menambah kepada kalian selain daripada azab.” Perintah ini untuk menghinakan dan mencela, yakni dikatakan kepada penghuni neraka: Rasakanlah siksaan ini dengan hina dan cela, kami tidak akan pernah mengangkatnya dari kalian, tidak akan pula kami ringankan, kami pun tidak akan membiarkan kalian dalam keadaan yang sedang kalian alami ini, kami tidak akan menambah kecuali siksa yang lebih kuat, panjang dan macamnya. Dalam ayat yang lain diberitakan bahwa mereka akan berkata kepada para penjaga neraka jahannam: ادْعُوا رَبَّكُمْ يُخَفِّفْ عَنَّا يَوْمًا مِنَ الْعَذَابِ “Mohonkanlah kepada Tuhanmu supaya Dia meringankan azab dari kami barang sehari ” (QS. Ghafir: 49)
Cermatilah kalimat itu dari beberapa segi:
Pertama: Mereka tidak meminta kepada Allah Subhaanahu Wa Ta’ala, mereka hanya meminta kepada para penjaga neraka jahannam agar didoakan untuk mereka, karena Allah telah berkata kepada mereka: اخْسَئُوا فِيهَا وَلَا تُكَلِّمُونِ “Tinggallah dengan hina di dalamnya, dan janganlah kamu berbicara dengan Aku.”(QS. Al-Muminun: 108) maka mereka pun melihat bahwa mereka tidak layak untuk meminta dan memohon kepada Allah untuk diri mereka. Namun mereka memohon kepada Allah dengan perantara.
Kedua: Mereka mengatakan “mohonkanlah kepada Rabb kalian” mereka tidak mengatakan: Mohonkanlah kepada tuhan kami, karena wajah-wajah dan hati-hati mereka tidak kuasa untuk mengungkapkan atau berbicara dengan menyandingkan rububiyah (sifat ketuhanan) Allah bagi mereka, maksudnya adalah tidak bisa mengatakan Rabb kami. Mereka merasakan kecelaan dan kehinaan sehingga mereka merasa tidak pantas untuk menyandarkan rububiyah Allah kepada mereka. Mereka hanya berkata: “Rabb kalian”
Ketiga: Mereka tidak mengatakan “angkatlah siksaan ini dari kami” tapi mereka mengatakan: “ringankanlah” karena mereka –Na’udzubillaah- sudah berputus asa dari diangkatnya siksa dari mereka.
Keempat: Mereka tidak mengatakan ”Ringankanlah siksaan ini selalu” namun mereka mengatakan: “ sehari saja dari siksaan ” sehari saja, dengan demikian jelaslah bagaimana siksaan yang menimpa, kehinaan dan cela pada mereka: وَتَرَاهُمْ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا خَاشِعِينَ مِنَ الذُّلِّ يَنْظُرُونَ مِنْ طَرْفٍ خَفِي “Dan kamu akan melihat mereka dihadapkan ke neraka dalam keadaan tunduk karena (merasa) hina, mereka melihat dengan pandangan yang lesu.”(QS. Asy-Syura: 45) semoga Allah melindungi kita dari siksa itu.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Naba ayat 30: 29-30. Kemudian Allah mengabarkan bahwa segala sesuatu yang di kerjakan oleh orang-orang kafir baik sedikitnya maupun banyaknya sungguh telah tercatat di lauhil mahfudz. Kemudian dikatakan kepadanya (yaitu kepada orang-orang kafir) dengan ucapan yang kasar dan teguran keras : Rasakanlah olehmu wahai orang-orang yang mendustakan dan menolak (apa yang Allah dan rasul-Nya tetapkan), sungguh tidak akan Kami tambah padamu kecuali adzab yang terus bertambah.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Azab yang pedih dan kehinaan yang kekal wahai orang-orang yang mendustakan.

Ayat ini merupakan ayat yang paling keras menerangkan tentang dahsyatnya azab neraka, semoga Allah melindungi kita darinya. Allahumma aamiin.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat An-Naba Ayat 30

Setelah Allah menjelaskan tentang keburukan perbuatan mereka, Allah mengatakan kepada mereka, 'maka karena semua perbuatan buruk yang kamu kerjakan itu rasakanlah siksa api neraka ini! maka tidak ada yang akan kami tambahkan kepadamu selain azab. Mereka ditimpa azab demi azab yang sangat pedih, menyakitkan jiwa dan raga, tidak ada jeda sedikit pun antara satu azab dan azab berikutnya. Mereka merasakannya dalam rentang waktu yang sangat lama. Inilah siksaan bagi mereka yang durhaka kepada Allah dan rasul-Nya. 31. Usai menjelaskan nasib para pendurhaka, Allah beralih menguraikan nasib orang bertakwa. Sungguh, orang-orang yang bertakwa dan selalu berbuat baik serta menghindari perbuatan buruk akan mendapat kemenangan dan kebahagiaan di akhirat.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah sekumpulan penjabaran dari beragam mufassirin mengenai kandungan dan arti surat An-Naba ayat 30 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan bagi kita semua. Dukunglah perjuangan kami dengan memberi hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: