Surat An-Naba Ayat 8

Text Bahasa Arab dan Latin

وَخَلَقْنَاكُمْ أَزْوَاجًا

Arti/Makna/Terjemah Indonesia

Dan Kami jadikan kamu berpasang-pasangan,

Tafsir Al-Muyassar

Dan Kami menciptakan kalian berjenis jenis,ada laki laki dan ada perempuan?

Tafsir Juz Amma (Al-Fauzan)

Kami tidak menciptakan kalian hanya satu jenis saja, akan tetapi kami menjadikanmu bermacam jenis dari laki-laki dan perempuan agar kalian bisa berpasangan dalam perkawinan dan menghasilkan keturunan, agar kalian bisa tinggal bersama, dan agar kalian bisa melakukan hubungan satu sama lainnya, Allah tidak menciptakan kalian semua berjenis kelamin laki-laki saja, atau menjadikan kalian berjenis kelamin perempuan saja, bahkan kami menjadikan kalian berpasangan laki-laki dan perempuan, itulah kebijaksanaan Allah, dan bukanlah itu sebagai kekhususan bagi anak adam saja, bahkan Allah menjadikan hal itu pada binatang juga, dan juga pada tumbuh-tumbuhan, maka penciptaan macam jenis adalah suatu keumuman untuk menjaga kelangsungan hidup jenis tertentu, dan berkelanjutannya penciptaan diantara dua pasangan, Allah berfiman dalam surah ad-Zariyat : 49 ( وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ ) Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah, Dia-lah Allah yang mampu menciptakan kalian dan menjadikan kalian berpasang-pasangan, apakah Dia tidak mampu membangkitkan kalian kembali setelah kematian ?! maha suci Allah yang kuasa melakukan hal itu.

Tafsir Juz Amma (Al-Utsaimin)

وَخَلَقْنَاكُمْ أَزْوَاجًا “dan Kami jadikan kalian berpasang-pasangan, ”
Maksudnya: Berkelompok antara laki-laki dan perempuan, kecil dan besar, hitam dan merah, sengsara dan bahagia, dan segala macam kelompok atau bentuk manusia pada hal lainnya. Allah ciptakan mereka berpasang-pasangan sesuai dengan kehendak dan ketentuan kebijaksanaan-Nya agar manusia dapat mengambil pelajaran dari kuasa Allah Ta’ala, dan mengakui bahwa Dia Maha Kuasa untuk menjadikan manusia yang diciptakan dari satu materi (tanah) atau dari satu ayah sehingga menjadi bermacam-macam keolmpok yang berbeda-beda.

Tafsir Hidayatul Insan

Laki-laki dan perempuan agar yang satu merasa tenteram dengan yang lain, tumbuh rasa cinta dan kasih sayang, dan dari keduanya lahir keturunan.

Tafsir Kemenag

Dan bukankah kami telah menciptakan kamu, wahai manusia, berpasang-pasangan; lelaki dan perempuan agar kamu beranak pinak untuk terus mendiami bumi dan memakmurkannya'9. Dan bukankah kami telah pula menjadikan tidurmu untuk istirahat dari kepenatan bekerja di siang hari sehingga kamu bisa kembali bekerja esok hari dengan tenaga baru' tidur laksana kematian sesaat. Bangun tidur merupakan permisalan kecil hari kebangkitan. Mengapa orang musyrik masih saja mengingkari hari kebangkitan'.

Referensi Tafsir

  • al-Aisar / Abu Bakar Jabir al-Jazairi, mufassir Masjid Nabawi - Madinah, wafat 1439 H
  • al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Lid Diraasatil Qur'aniyyah - Riyadh, terbit 1435 H
  • al-Muyassar / Dr. Shalih Alu Syaikh et al., Menteri Agama KSA, diangkat 1420 H
  • as-Sa'di / 'Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir kontemporer, wafat 1376 H
  • Fathul Qadir / Asy-Syaukani, wafat 1250 H, diringkas Dr. M. Sulaiman al-Asyqar
  • Ibnu Katsir / Ibnu Katsir, wafat 774 H, diringkas Shafiyurrahman al-Mubarakfuri et al.
  • Juz 'Amma / Prof. Dr. Shalih Fauzan, anggota Komite Fatwa KSA, diangkat 1412 H
  • Juz 'Amma / Dr. Abdul Malik bin Muhammad bin 'Abdurrahman al-Qaasim
  • Juz 'Amma / M. Shalih al-Utsaimin, anggota Dewan Ulama Senior KSA, wafat 1421 H
  • Hidayatul Insan / Marwan bin Musa, Mudarris Ibnu Hajar Boarding School - Jakarta
  • Kemenag / Kementrian Agama Republik Indonesia, diakses tahun 2018