Surat An-Naba Ayat 3

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูฑู„ู‘ูŽุฐูู‰ ู‡ูู…ู’ ูููŠู‡ู ู…ูุฎู’ุชูŽู„ููููˆู†ูŽ

Arab-Latin: Allaลผฤซ hum fฤซhi mukhtalifแปฅn

Artinya: Yang mereka perselisihkan tentang ini.

ยซ An-Naba 2 โœต An-Naba 4 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Terkait Dengan Surat An-Naba Ayat 3

Paragraf di atas merupakan Surat An-Naba Ayat 3 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada kumpulan tafsir penting dari ayat ini. Terdokumentasi kumpulan penjabaran dari beragam mufassirun terhadap isi surat An-Naba ayat 3, antara lain seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1-3. Tentang apa sebagian dari orang orang kafir quraisy bertanya kepada sebagian lainnya? Mereka saling bertanya tentang sebuah berita besar,yaitu al-quran yang agung yang mengabarkan tentang kebangkitan yang di ragukan. Yang di ragukan, bahkan di dustakan oleh orang orang kafir.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3. Inilah Al-Qur`ฤn di mana mereka berselisih pendapat tentang sifat yang mereka lekatkan padanya, ada yang menyebut sihir, syair, perdukunan atau cerita orang-orang terdahulu.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. ุงู„ูŽู‘ุฐูู‰ ู‡ูู…ู’ ูููŠู‡ู ู…ูุฎู’ุชูŽู„ููููˆู†ูŽ (yang mereka perselisihkan tentang ini)
Mereka saling berselisih tentang al-Qurโ€™an, ada yang mengatakan itu adalah sihir, syair, perdukunan, atau dongeng-dongeng orang terdahulu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

3. Mereka saling menyangkal, saling mengingkari, antara mempercayai atau mengingingkarinya, antara hendak membenarkannya atau mendustakannya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{yang mana tentang hal itu mereka berselisih


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Ayat 1 โ€“ 5
Maknanya, tentang apakah yang ditanyakan oleh orang-orang yang mendustakan tanda-tanda kebesaran Allah itu? Selanjutnya Allah menjelaskan apa yang mereka pertanyakan tersebut seraya berfirman, โ€œTentang berita yang besar, yang mereka perselisihkan tentangnya,โ€ yakni, tentang berita besar yang mereka perdebatkan dan telah tersebar di antara mereka tentangnya untuk mendustakan dan mengaggap mustahil. Padahal itulah berita yang tidak perlu diragukan dan dibimbangkan. Tapi mereka yang mendustakan tidak percaya akan bertemu dengan Rabb mereka meski seluruh tanda tanda kebesaran Allah datang pada mereka hingga mereka melihat siksaan yang pedih. Karena itu Allah berfiirman, โ€œSekali kali tidak; kelak mereka akan mengetahui, kemudian sekali kali tidak; kelak mereka akan mengetahui,โ€ yakni, mereka akan mengetahui bila siksaan menimpa mereka yang dulu mereka dustakan pada saat, โ€œmereka didorong ke neraka jahannam dengan sekuata kuatnya.โ€ (Ath-Thur: 13), dan berkata pada mereka,
โ€œinilah neraka yang dahulu kamu selalu mendustakannya.โ€ (Ath-Thur: 14)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Prof. Dr. Shalih bin Fauzan al-Fauzan, anggota Lajnah Daaimah (Komite Fatwa Majelis Ulama KSA)

Dan diantara mereka ada yang mengataan; ini adalah sihir dan ini adalah kebohongan, juga ada yang mengatakan; ini adalah dongeng-dongeng orang-orang terdahulu, perkataan mereka berbeda-beda, sungguh jikalau mereka berada dalam kebenaran maka tidak akan ada perbedaan diantara mereka, karena sesungguhnya orang-orang yang berada pada kebenaran tidak akan ada perselisihan diantara mereka, dan hanya orang-orang yang berada pada kebathilan lah yang akan selalu meperselisihkan hal ini, sedangkan orang-orang yang bersandar kepada kebenaran mereka bersatu dan membenarkan adanya kebangkitan setelah kematian, mereka selalu membuka diri untuk menerima syari'at Allah dan Juga Rasul-Nya, dan mereka tidak menyangkal terhadap apa yang belum mampu diterima oleh akal pikiran mereka, sungguh kuasa Allah diatas segala sesuatu, dan tidak ada satupun yang akan mampu merintanginya, Allah berfirman dalam surah yunus : 39 ( ุจูŽู„ู’ ูƒูŽุฐู‘ูŽุจููˆุง ุจูู…ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ูŠูุญููŠุทููˆุง ุจูุนูู„ู’ู…ูู‡ู ูˆูŽู„ูŽู…ู‘ูŽุง ูŠูŽุฃู’ุชูู‡ูู…ู’ ุชูŽุฃู’ูˆููŠู„ูู‡ู ) Bahkan yang sebenarnya, mereka mendustakan apa yang mereka belum mengetahuinya dengan sempurna padahal belum datang kepada mereka penjelasannya, maka manusia tidak semestinya menjadikan akal mereka sebagai tolak ukur dalam menyikapi segala sesuatu.


📚 Tafsir Juz 'Amma / Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, ulama besar abad 14 H

Kemudian Allah โ€˜Azza Wa Jalla menjawab pertanyaan ini, dengan firman-Nya:
{ ุนูŽู†ู ุงู„ู†ู‘ูŽุจูŽุฅู ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู…ู (2) ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ู‡ูู…ู’ ูููŠู‡ู ู…ูุฎู’ุชูŽู„ููููˆู†ูŽ }
โ€Tentang berita yang besar, yang mereka perselisihkan tentang iniโ€ (QS. An-Naba:2-3)

Berita ini maksudnya adalah berita yang datang dari Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam berupa penjelasan-penjelasan dan petunjuk terutama kabar berita yang berkaitan tentang hari akhir, kebangkitan dan pembalasan. Orang-orang berselisih tentang berita ini yang telah datang dari Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam, dari mereka ada yang beriman dan membenarkannya, dan dari mereka ada yang kufur dan mendustakannya, di antara mereka juga ada yang ragu-ragu tentangnya. Maka Allah di sini menjelaskan bahwa mereka yang mendustakan akan mengetahui tentang berita yang mereka dustakan dengan sangat yakin, itu terjadi saat hari kiamat tiba:
ู‡ูŽู„ู’ ูŠูŽู†ู’ุธูุฑููˆู†ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุชูŽุฃู’ูˆููŠู„ูŽู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ูŠูŽุฃู’ุชููŠ ุชูŽุฃู’ูˆููŠู„ูู‡ู ูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู†ูŽุณููˆู‡ู ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ู ู‚ูŽุฏู’ ุฌูŽุงุกูŽุชู’ ุฑูุณูู„ู ุฑูŽุจู‘ูู†ูŽุง ุจูุงู„ู’ุญูŽู‚ู‘ู
โ€œPada hari datangnya kebenaran pemberitaan Al Qur'an itu (tentang hari kiamat), berkatalah orang-orang yang melupakannya sebelum itu: "Sesungguhnya telah datang rasul-rasul Tuhan kami membawa yang hakโ€(QS. Al-Aโ€™raf: 53)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat An-Naba ayat 3: 1-3. Allah memulai di awal-awal surat ini dengan bantahan atas kaum musyrik dimana mereka mengingkari hari kebangkitan; Mereka orang-orang kafir ingkar ketika datang kepada mereka utusan Allah (Rasulullah) yang membawa Al Qurโ€™an. Disebutkan bahwasanya mereka (kaum musyrikin) meragukan dan terkejut dengan (kabar) tentang hari kebangkitan; Maka jadilah mereka semua saling bertanya-tanya antara satu sama lain diantara mereka berkenaan dengan urusan yang besar ini dan kabar yang sangat penting ini, yang mereka dapat dari Allah (melalui utusan-Nya). Mereka berselisih satu sama lain dengan perselisihan yang amat; Diantara mereka ada yang mendustakan Rasul dan hari kebangkitan yang mereka berkata sebagaimana dalam surat Al Anโ€™am ayat ke 29 : โ€œHidup hanyalah kehidupan kita di dunia ini saja, dan kita sekali-sekali tidak akan dibangkitkanโ€, dan diantara mereka ada yang ragu-ragu sehingga mengatakan : โ€œKami tidak tahu apakah hari kiamat itu, kami sekali-kali tidak lain hanyalah menduga-duga saja dan kami sekali-kali tidak meyakini(nya)โ€ {Al Jatsiyah 32}. Dan diantara mereka ada yang bersikeras (menyombongkan diri) dengan mengklaim bahwasanya sesembahan-sesembahan mereka adalah perantara (antara mereka dengan Allah); Dimana mereka berkata, โ€œMereka itu adalah pemberi syafa'at kepada kami di sisi Allah.โ€ {Yunus 18}.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Tematis / Team Asatidz TafsirWeb

Orang-orang mukmin membenarkannya, sedangkan orang-orang kafir mengingkarinya,


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penjelasan dari beragam mufassirun terhadap makna dan arti surat An-Naba ayat 3 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi kita bersama. Bantulah perjuangan kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dilihat

Tersedia berbagai topik yang banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-‘Ankabut 45, Al-Isra 24, An-Nur 31, Al-Anbiya, Az-Zalzalah 7, An-Nur. Termasuk Al-‘Ashr 2, Ali ‘Imran 185, Al-Baqarah 165, Al-Ahzab 59, Al-Mukminun 1-11, An-Nisa 1.

  1. Al-‘Ankabut 45
  2. Al-Isra 24
  3. An-Nur 31
  4. Al-Anbiya
  5. Az-Zalzalah 7
  6. An-Nur
  7. Al-‘Ashr 2
  8. Ali ‘Imran 185
  9. Al-Baqarah 165
  10. Al-Ahzab 59
  11. Al-Mukminun 1-11
  12. An-Nisa 1

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: