Surat Al-Mursalat Ayat 9

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَإِذَا ٱلسَّمَآءُ فُرِجَتْ

Arab-Latin: Wa iżas-samā`u furijat

Artinya: Dan apabila langit telah dibelah,

« Al-Mursalat 8Al-Mursalat 10 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Berharga Berkaitan Surat Al-Mursalat Ayat 9

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Mursalat Ayat 9 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka hikmah berharga dari ayat ini. Diketemukan beraneka penafsiran dari banyak ulama terhadap makna surat Al-Mursalat ayat 9, di antaranya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

8-15. Manakala bintang-bintang dihapus dan cahayanya menghilang. Manakala langit terbelah. Manakala gunung-gunung terbang dan hancur sehingga ia seperti debu yang diterbangkan angin. Manakala waktu penetapan keputusan antara para rasul dengan umat-umat mereka ditetapkan, lalu dikatakan, “Hingga hari besar apakah para rasul itu ditunda?” ditunda hingga hari ditetapkannya keputusan di antara para makhluk. Adakah yang memberitahumu (wahai manusia) apa itu hari penetapan keputusan, berikut kesulitan dan kengeriannya? Kebinasaan besar pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan hari yang dijanjikan ini.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

9. Dan apabila langit telah terbelah, agar Malaikat turun melaluinya,


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

9. وَإِذَا السَّمَآءُ فُرِجَتْ (dan apabila langit telah dibelah)
Yakni terbuka dan terpecah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

9-10 Apabila langit telah terbuka dan terbelah. Apabila gunung telah berpindah dari tempatnya dan menjadi debu/pasir yang bertebaran


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{dan apabila langit terbelah} terbelah


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

8-14. Bila sudah terjadi, terjadilah perubahan pada alam dan huru hara hebat yang menakutkan hati dan memperbesar bencana. Bintang-bintang lenyap bertaburan dan hilang dari tempatnya. Gunung bertebangan seperti debu yang ditaburkan. Gunung dan bumi menjadi datar sama sekali, tidak terlihat adanya gundukan dan tidak ada bukit. Itulah hari dimana “Rasul-rasul telah ditetapkan waktu (mereka),” dan disegerakan putusan antara mereka dan kaum mereka. Karena itu Allah berfirman, “Sampai hari apakah ditangguhkan (mengazab orang-orang kafir itu?” kata tanya ini untuk memperbesar, mengagungkan, dan membuat takut. Selanjutnya dijawab dengan FirmanNya, “Sampai hari keputusan,” antara manusia satu sama lain dan perhitungan amal mereka satu persatu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Mursalat ayat 9: Dan jika langit terbelah dan turun para malaikat.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Mursalat Ayat 9

7-9. Demi semua yang telah disebut itu, sungguh, apa yang dijanjikan kepadamu, yaitu hari kebangkitan, juga surga dan neraka pasti terjadi. Kehidupan akhirat itu dimulai setelah kiamat dunia ini. Dan inilah gambaran kiamat itu. Maka apabila bintang-bintang dihapuskan cahayanya dengan mudah oleh Allah, dan apabila langit terbelah, sehingga langit dengan segala yang ada hancur. 10-11. Tidak hanya sampai di situ. Dan juga apabila gunung-gunung dihancurkan menjadi debu yang beterbangan, dan apabila rasul-rasul telah ditetapkan waktunya, untuk dimintai pertanggung jawaban akan tugas dan kesaksiannya. Dan ketika itu terjadilah awal masa jatuhnya siksa, dan ketika itu dikatakan juga kepada para rasul itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penafsiran dari banyak pakar tafsir berkaitan isi dan arti surat Al-Mursalat ayat 9 (arab-latin dan artinya), semoga memberi kebaikan bagi kita bersama. Bantulah syi'ar kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Cukup Banyak Dicari

Kami memiliki ratusan topik yang cukup banyak dicari, seperti surat/ayat: An-Nisa 1, Al-Ahzab 59, Al-Anbiya, An-Nur 31, An-Nur, Al-‘Ankabut 45. Serta Al-‘Ashr 2, Ali ‘Imran 185, Al-Mukminun 1-11, Al-Isra 24, Al-Baqarah 165, Az-Zalzalah 7.

  1. An-Nisa 1
  2. Al-Ahzab 59
  3. Al-Anbiya
  4. An-Nur 31
  5. An-Nur
  6. Al-‘Ankabut 45
  7. Al-‘Ashr 2
  8. Ali ‘Imran 185
  9. Al-Mukminun 1-11
  10. Al-Isra 24
  11. Al-Baqarah 165
  12. Az-Zalzalah 7

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: