Surat Al-Insan Ayat 22

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنَّ هَٰذَا كَانَ لَكُمْ جَزَآءً وَكَانَ سَعْيُكُم مَّشْكُورًا

Arab-Latin: Inna hāżā kāna lakum jazā`aw wa kāna sa'yukum masykụrā

Artinya: Sesungguhnya ini adalah balasan untukmu, dan usahamu adalah disyukuri (diberi balasan).

« Al-Insan 21Al-Insan 23 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Tentang Surat Al-Insan Ayat 22

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Insan Ayat 22 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beraneka tafsir berharga dari ayat ini. Didapati beraneka penjelasan dari beragam pakar tafsir terhadap makna surat Al-Insan ayat 22, misalnya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

22. Dikatakan kepada mereka, “Sesungguhnya ini disiapkan bagi kalian sebagai balasan atas amal-amal shalih kalian, dan amal kalian ketika di dunia diridhai dan diterima oleh Allah.”


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

22. Segala kenikmatan bagi para penghuni surga ini merupakan balasan atas keimanan dan ketaatan mereka kepada Allah dalam keadaan senang maupun susah dan perjuangan mereka di dunia; sehingga mereka layak menerima syukur atas usaha, pengorbanan, dan kesabaran mereka. Sungguh begitu besar balasan dan begitu indah syukur bagi mereka!


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

22. Dan dikatakan kepada mereka sebagai bentuk pemuliaan terhadap mereka, “Sesungguhnya kenikmatan yang diberikan kepada kalian ini merupakan balasan atas amal perbuatan saleh kalian, dan amal perbuatan kalian itu diterima di sisi Allah.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

22. وَكَانَ سَعْيُكُم مَّشْكُورًا (dan usahamu adalah disyukuri (diberi balasan))
Yakni kesyukuran Allah terhadap amalan hamba-Nya adalah dengan menerima amalan itu sebagai ketaatan bagi-Nya dan memuji hamba tersebut.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Memuliakan penghuni surga dan memberi pahala kepada mereka tidak sebatas memuliakan mereka dengan perbuatan dan pahala yang nyata, melainkan mereka dimuliakan dengan ucapan; olah karena itu ketika Allah berfirman: { وَسَقَىٰهُمْ رَبُّهُمْ شَرَابًا طَهُورًا } "dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih" Dia ﷻ memberi tahu mereka dengan kehangatan dan penghormatan: { إِنَّ هَٰذَا كَانَ لَكُمْ جَزَآءً وَكَانَ سَعْيُكُم مَّشْكُورًا }, dan ini mempunyai persamaan dalam Al-Qur’an, seperti firman Allah ta'ala: { وَنُودُوٓا۟ أَن تِلْكُمُ ٱلْجَنَّةُ أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ } "Dan diserukan kepada mereka: "ltulah surga yang diwariskan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan" [Q.S. Al-A'raf : 43].


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

22. Dikatakan kepada mereka: Ini semua adalah balasan atas perbuatan baik kalian. Amal kalian telah diterima dan diakui di sisi Allah


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sesungguhnya ini adalah balasan} imbalan {untuk kalian dan usaha kalian} amal shalih kalian di dunia {diterima} diridhai dan diterima


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

22. “Sesungguhnya ini,” yakni balasan besar dan pemberian indah ini “adalah balasan untukmu,” atas amal perbuatan baik yang telah kalian lakukan. “Dan usahamu adalah disyukuri (diberi balasan),” yakni amal perbuatan baik meski sedikit akan dibalas oleh Allah dengan nikmat abadi bagimu yang tidak mungkin bisa dihitung.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Insan ayat 22: Kemudian dikatakan kepada penghuni surga dengan wujud pemuliaan : Sungguh kenikmatan ini aka nada selamanya yang disiapkan untuk kalian, di hamparkan untuk kalian, dan ia adalah balasan dari upah ganjaran untuk kalian, atas amalan shalih kalian yang telah lalu, karenan sebab amalan kalian diridhai dan diterima (Allah).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Terhadap amal yang kamu lakukan terdahulu.

Meskipun sedikit.

Yakni dengan amal itu Allah Subhaanahu wa Ta'aala jadikan untuk kamu kenikmatan yang kekal yang banyak jumlahnya dan tidak mungkin dihitung.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Insan Ayat 22

Semua kenikmatan tersebut disajikan sambil dikatakan kepada mereka, "inilah balasan untukmu, dan segala usahamu diterima dan diakui Allah dengan memberi balasan yang sempurna melebihi amal-amal kamu. "23-24. Setelah diuraikan tentang balasan bagi yang bertakwa, selanjutnya dijelaskan tentang bagaimana bertakwa secara baik itu. Allah menurunkan petunjuk-Nya melalui Al-Qur'an. Inilah yang disinggung oleh ayat ini. Sesungguhnya kamilah yang menurunkan Al-Qur'an kepadamu wahai nabi Muhammad secara berangsur-angsur agar mudah memahaminya. Maka bersabarlah setiap saat untuk menghadapi dan melaksanakan ketetapan tuhanmu, dan janganlah engkau ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antara mereka yang mencoba untuk menghentikan dakwahmu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beberapa penafsiran dari para mufassir mengenai kandungan dan arti surat Al-Insan ayat 22 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat untuk kita. Sokong kemajuan kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Banyak Dikaji

Kami memiliki banyak halaman yang paling banyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-‘Ashr 2, Az-Zalzalah 7, Al-Baqarah 165, Al-Mukminun 1-11, An-Nisa 1, Al-‘Ankabut 45. Ada juga An-Nur 31, Al-Anbiya, Al-Ahzab 59, Al-Isra 24, Ali ‘Imran 185, An-Nur.

  1. Al-‘Ashr 2
  2. Az-Zalzalah 7
  3. Al-Baqarah 165
  4. Al-Mukminun 1-11
  5. An-Nisa 1
  6. Al-‘Ankabut 45
  7. An-Nur 31
  8. Al-Anbiya
  9. Al-Ahzab 59
  10. Al-Isra 24
  11. Ali ‘Imran 185
  12. An-Nur

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: