Surat Al-Insan Ayat 22

إِنَّ هَٰذَا كَانَ لَكُمْ جَزَاءً وَكَانَ سَعْيُكُمْ مَشْكُورًا

Arab Latin: Inna hāżā kāna lakum jazā`aw wa kāna sa'yukum masykụrā

Terjemahan Arti: Sesungguhnya ini adalah balasan untukmu, dan usahamu adalah disyukuri (diberi balasan).

TERJEMAH TAFSIR

22. Dikatakan kepada mereka, “Sesungguhnya ini disiapkan bagi kalian sebagai balasan atas amal-amal shalih kalian, dan amal kalian ketika di dunia diridhai dan diterima oleh Allah.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

22. Dikatakan kepada mereka: Ini semua adalah balasan atas perbuatan baik kalian. Amal kalian telah diterima dan diakui di sisi Allah

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Kemudian dikatakan kepada penghuni surga dengan wujud pemuliaan : Sungguh kenikmatan ini aka nada selamanya yang disiapkan untuk kalian, di hamparkan untuk kalian, dan ia adalah balasan dari upah ganjaran untuk kalian, atas amalan shalih kalian yang telah lalu, karenan sebab amalan kalian diridhai dan diterima (Allah).

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Terhadap amal yang kamu lakukan terdahulu.

Meskipun sedikit.

Yakni dengan amal itu Allah Subhaanahu wa Ta'aala jadikan untuk kamu kenikmatan yang kekal yang banyak jumlahnya dan tidak mungkin dihitung.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Semua kenikmatan tersebut disajikan sambil dikatakan kepada mereka, "inilah balasan untukmu, dan segala usahamu diterima dan diakui Allah dengan memberi balasan yang sempurna melebihi amal-amal kamu. "23-24. Setelah diuraikan tentang balasan bagi yang bertakwa, selanjutnya dijelaskan tentang bagaimana bertakwa secara baik itu. Allah menurunkan petunjuk-Nya melalui Al-Qur'an. Inilah yang disinggung oleh ayat ini. Sesungguhnya kamilah yang menurunkan Al-Qur'an kepadamu wahai nabi Muhammad secara berangsur-angsur agar mudah memahaminya. Maka bersabarlah setiap saat untuk menghadapi dan melaksanakan ketetapan tuhanmu, dan janganlah engkau ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antara mereka yang mencoba untuk menghentikan dakwahmu.

Tafsir Ringkas Kemenag

Al Insan Ayat 22 Surah Al Insan Ayat 22 Surat Al Insan 22 Al Insan : 22 Surat Al Insan Ayat 22 Dan Artinya