Surat Al-Qiyamah Ayat 34

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

أَوْلَىٰ لَكَ فَأَوْلَىٰ

Arab-Latin: Aulā laka fa aulā

Artinya: Kecelakaanlah bagimu (hai orang kafir) dan kecelakaanlah bagimu,

« Al-Qiyamah 33Al-Qiyamah 35 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Berkaitan Dengan Surat Al-Qiyamah Ayat 34

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qiyamah Ayat 34 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran mendalam dari ayat ini. Terdokumentasikan berbagai penjabaran dari para ulama tafsir berkaitan isi surat Al-Qiyamah ayat 34, di antaranya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

31-35. Orang kafir itu tidak beriman kepada Rasul dan al-Quran, serta dia menunaikan kewajiban shalat untuk Allah, sebaliknya dia malah mendustakan al-Quran, berpaling dan menolak beriman, kemudian dia kembali kepada keluarganya dengan berjalan penuh kesombongan. Celakalah kamu dan celakalah, kemudian celakalah kamu dan celakalah.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

34-35. Ini merupakan ancaman bagi orang kafir yang angkuh itu berupa azab yang berat dan menyakitkan, azab itu semakin bertambah sebagai balasan atas kekafiran dan pembangkangannya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

34. Maka Allah mengancam orang kafir dengan azab yang dekat dan sebentar lagi.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

34-35. ثُمَّ أَوْلَىٰ لَكَ فَأَوْلَىٰٓ أَوْلَىٰ لَكَ فَأَوْلَىٰ (Kecelakaanlah bagimu (hai orang kafir) dan kecelakaanlah bagimu, kemudian kecelakaanlah bagimu (hai orang kafir) dan kecelakaanlah bagimu)
Yakni kamu akan mendapat kecelakaan. Dan asal kalimatnya adalah: semoga Allah menimpakan kepadamu apa yang kamu benci berkali-kali.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

34-35 Kecelakan dan kebinasaanlah bagi mereka. Ini adalah penegasan untuk kalimat pertama dan menjadi ancaman atas perbuatan mereka. Adapun kalimat kedua bermaksud untuk menegaskan lagi. Abu Jahal pernah berkata: Apa yang akan engkau gunakan untuk mengancamku? Engkau maupun Tuhanmu tidak akan mampu berbuat apa-apa kepadaku, karena aku adalah orang paling mulia di negeri ini. Namun Abu Jahal terbunuh ketika perang Badar


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Celakalah kamu! Maka celakalah


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

34-35. Kemudian Allah mengancamnya dengan FirmanNya, “Kecelakaanlah bagimu (hai orang kafir) dan kecelakaanlah bagimu, kemudian kecelakaanlah bagimu (hai orang kafir) dan kecelakaanlah bagimu.” Ini adalah kata-kata ancaman. Dan Allah mengulang untuk menegaskan ancamanNya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qiyamah ayat 34: 34-35. Allah mengancam orang kafir ini yang sombong dan celaka, Allah berkata : Sungguh musibah di atas musibah; Sungguh engkau telah dimuliakan dengan permisalan apa yang Allah perintahkan, agar engkau selamat dari api neraka dan lolos (darinya) dengan ridha dari Allah.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Imam Nasa’i meriwayatkan dengan sanadnya yang sampai kepada Sa’id bin Jubair ia berkata: Aku bertanya kepada Ibnu Abbas (tentang firman Allah Ta’ala), “Celakalah kamu! Maka celakalah!-- Sekali lagi, celakalah kamu (manusia)! Maka celakalah! Ia berkata, “Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam mengucapkannya kepada Abu Jahal, kemudian Allah ‘Azza wa Jalla menurunkan ayat tersebut.” (Syaikh Muqbil berkata, “Hadits tersebut para perawinya adalah para perawi hadits shahih.”)


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qiyamah Ayat 34

34-35. Atas sikapnya yang buruk terhadap Allah dan sesama khususnya kepada keluarga, ayat ini menggambarkan kecaman yang diterimanya. Celakalah kamu! maka celakalah! sekali lagi, celakalah kamu hai manusia durhaka! maka celakalah! kalimat dalam ayat-ayat ini tertuju kepada setiap orang yang durhaka dan mengingkari keniscayaan kiamat


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian aneka ragam penjabaran dari para ahli ilmu terhadap makna dan arti surat Al-Qiyamah ayat 34 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi kita semua. Bantu syi'ar kami dengan memberikan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Paling Sering Dibaca

Nikmati banyak konten yang paling sering dibaca, seperti surat/ayat: Az-Zalzalah 7, An-Nur 31, An-Nur, Al-Ahzab 59, An-Nisa 1, Al-‘Ankabut 45. Juga Al-Isra 24, Ali ‘Imran 185, Al-Anbiya, Al-Baqarah 165, Al-‘Ashr 2, Al-Mukminun 1-11.

  1. Az-Zalzalah 7
  2. An-Nur 31
  3. An-Nur
  4. Al-Ahzab 59
  5. An-Nisa 1
  6. Al-‘Ankabut 45
  7. Al-Isra 24
  8. Ali ‘Imran 185
  9. Al-Anbiya
  10. Al-Baqarah 165
  11. Al-‘Ashr 2
  12. Al-Mukminun 1-11

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: