Surat Al-Qiyamah Ayat 24

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَوُجُوهٌ يَوْمَئِذٍۭ بَاسِرَةٌ

Arab-Latin: Wa wujụhuy yauma`iżim bāsirah

Artinya: Dan wajah-wajah (orang kafir) pada hari itu muram,

« Al-Qiyamah 23Al-Qiyamah 25 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Terkait Dengan Surat Al-Qiyamah Ayat 24

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qiyamah Ayat 24 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai kandungan penting dari ayat ini. Terdapat berbagai penjelasan dari beragam mufassirun mengenai kandungan surat Al-Qiyamah ayat 24, misalnya sebagaimana di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

24-25. Sedangkan wajah orang-orang yang sengsara pada Hari Kiamat bermuram durja dan cemberut, wajah-wajah itu yakin akan ditimpa musibah besar yang menghancurkan tulang punggung mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

24-25. Sedangkan wajah orang-orang yang mendapat penderitaan akan menjadi gelap dan suram, mereka menunggu-nunggu azab yang berat sebelum dimasukkan ke dalam neraka; dan musibah besar akan menghancurkan tulang punggung mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

24. Dan wajah-wajah orang kafir dan yang sengsara pada hari itu tampak masam.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

24. وَوُجُوهٌ يَوْمَئِذٍۭ بَاسِرَةٌ (Dan wajah-wajah (orang kafir) pada hari itu muram)
Yakni wajah yang muram dan penuh kegalauan.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1). Ibnu Aqil berkata: Kamu mendengar: { وُجُوهٌ يَوْمَئِذٍ نَّاضِرَةٌ } "Wajah-wajah (orang-orang mukmin) pada hari itu berseri-seri" dan kamu akan bergembira karenanya seolah-olah ayat ini diturunkan kepadamu, dan kamu dengarkan ayat setelahnya: { وَوُجُوهٌ يَوْمَئِذٍۭ بَاسِرَةٌ } "Dan wajah-wajah (orang kafir) pada hari itu muram" maka kamu merasa tenang karena ayat ini ditujukan kepada selainmu, buktinya dimana? Dari mana datangnya keserakahan? Allah.. Allah.. Ini tak lain hanyalah tipuan yang menghalangimu dari ketakwaan.

2). Jiwa manusia menikmati sekilas keindahan ciptaan Ilahi di alam semesta atau dirinya, lalu bagaimana ia ketika dia melihat –bukan pada keindahan ciptaan Allah– tetapi pada keindahan dzatnya Allah ﷻ?

3). Sesungguhnya pada hari akhir nanti akan ada suatu tempat yang penuh dengan sinar dan cahaya, suatu tempat yang telah diusahakan oleh para nabi dan orang-orang shaleh! sangat didambakan oleh orang-orang yang taat dari zaman pertama dan terakhir! sesungguhnya itu adalah melihat dzat wujudnya Allah ﷻ.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

24-25 Namun pada hari itu, juga ada wajah-wajah yang buruk rupa, sangat masam, sangat muram. Wajah-wajah yang mengetahui bahwa mereka akan mendapatkan bencana yang besar yang menghancurkan mereka


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Wajah-wajah} wajah-wajah orang yang sengsara {pada hari itu muram


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

24-25. Allah berfirman tentang orang-orang yang lebih mementingkan kehidupan dunia, “Dan wajah-wajah (orang kafir) pada hari itu muram,” yakni bermuka masam, lusuh, tunduk, dan hina, “mereka yakin bahwa akan ditimpakan kepadanya malapetaka yang amat dahsyat,” yakni siksaan berat dan azab yang pedih. Karena itulah wajah mereka berubah dan menjadi muram.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qiyamah ayat 24: 24-25. Adapun wajah para pendosa, pada hari kiamat cemberut dan menghitam dengan sangat. Mereka adalah orang-orang yang mengetahui akan kesengsaraan diri-diri mereka. Mereka akan ditimpa secara tiba-tiba dengan musibah yang besar yang akan mencelakakan mereka dan (sehingga) mereka sengsara dan nampak pada mereka keresahan dan kerasanya (adzab hari kiamat).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman tentang orang-orang yang mengutamakan dunia daripada akhirat.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qiyamah Ayat 24

24-25. Dan ada juga wajah-wajah orang kafir pada hari itu muram karena mereka lengah terhadap akhirat. Mereka merasa yakin bahwa akan ditimpakan kepadanya malapetaka yang sangat dahsyat. Dimana mereka tidak dapat mengelak sama sekali


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah beberapa penjabaran dari kalangan mufassirun terhadap kandungan dan arti surat Al-Qiyamah ayat 24 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi ummat. Bantulah kemajuan kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Banyak Dicari

Nikmati ratusan materi yang cukup banyak dicari, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 185, Al-Anbiya, Al-Ahzab 59, Al-Mukminun 1-11, An-Nur 31, An-Nur. Serta Az-Zalzalah 7, Al-‘Ankabut 45, Al-Baqarah 165, An-Nisa 1, Al-‘Ashr 2, Al-Isra 24.

  1. Ali ‘Imran 185
  2. Al-Anbiya
  3. Al-Ahzab 59
  4. Al-Mukminun 1-11
  5. An-Nur 31
  6. An-Nur
  7. Az-Zalzalah 7
  8. Al-‘Ankabut 45
  9. Al-Baqarah 165
  10. An-Nisa 1
  11. Al-‘Ashr 2
  12. Al-Isra 24

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: