Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Jin Ayat 20

قُلْ إِنَّمَا أَدْعُو رَبِّي وَلَا أُشْرِكُ بِهِ أَحَدًا

Arab-Latin: Qul innamā ad'ụ rabbī wa lā usyriku bihī aḥadā

Terjemah Arti: Katakanlah: "Sesungguhnya aku hanya menyembah Tuhanku dan aku tidak mempersekutukan sesuatupun dengan-Nya".

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

20. Katakanlah (wahai Rasul) kepada orang-orang kafir itu, “Aku hanya menyembah Tuhanku semata, aku tidak menyekutukanNya dengan apau pun dalam beribadah.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

20. Katakan -wahai Rasul- kepada orang-orang musyrik, “Sesungguhnya aku hanya menyembah Rabbku semata dan aku tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun dalam menyembah-Nya.”

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

20. Wahai Rasul, katakanlah: “Aku hanya menyembah Allah sebagai Tuhanku, aku tidak menyekutukan-Nya dengan apapun. Ayat ini diturunkan ketika kafir Qurays berkata kepada Nabi SAW: “Sesungguhnya enkau membawa perkara yang agung, namun semua orang telah memusuhimu. Maka tinggalkanlah ini semua, maka kami akan menyelamatkanmu”

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

20-23. Katakan wahai Nabi Allah kepada mereka orang-orang kafir : Ketahuilah wahai manusia, sungguh aku hanya beribadah kepada Allah saja, dan aku tidak menyekutukan-Nya dengan apapun. Dan oleh sebab itu Quraisy, mereka menuntut Nabi agar meniadakan dakwahnya untuk menyeru kepada Allah, maka Allah turunkan ayat ini. Katakan olehmu juga : Sesungguhnya aku tidak dapat mencegah dari adzab Allah yang ditimpakan kepada salah satu dari manusia, jika manusia tersebut bermaksiat kepada-Nya., dan tidak ada jalan keluar dan lolos dari adzab Allah. Sesungguhnya Allah saja yang Maha Menguasai dan telah disampaikan kerisalahan dari Allah kepada kalian, dan setelah sampai kerisalahan-Nya, maka ketahuilah barangsiapa yang kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan menolak akan agamanya, maka sungguh balasannya adalah neraka yang tidak akan keluar darinya selamanya.
Dan firman-Nya : وَمَن يَعْصِ, yaitu bermaksiat disini maknanya adalah kufur; Karena semata-mata bermaksiat diiringi dengan keimanan, maka tidak akan kekal dalam neraka.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

20. “Katakanlah” kepada mereka wahai rasul, seraya menjelaskan hakikat apa yang kau serukan, “Sesungguhnya aku hanya berdoa kepada Rabbmu dan aku tidak mempersekutukan sesuatu pun denganNya.” Yakni, aku mengesakanNya semata, yang tidak ada sekutu bagiNya. Aku berlepas diri dari segala sekutu dan berhala, serta segala sesuatu yang dijadikan sesembahan oleh kaum musyrikin selain Allah.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Sebagai jawaban terhadap ajakan orang-orang kafir untuk meninggalkan menyembah Allah, atau maksudnya perintah Allah kepada Beliau agar menerangkan hakikat ajakan Beliau.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Katakanlah, wahai nabi Muhammad, kepada yang takjub tersebut bahwa, sesungguhnya aku hanya menyembah tuhanku dan aku tidak mempersekutukan sesuatu pun dengan-Nya baik malaikat, berhala, manusia jin atau makhluk apa pun. ' 21. Allah memerintahkan kepada nabi Muhammad untuk melanjutkan menyampaikan pesan Allah, katakanlah wahai nabi Muhammad, 'aku tidak kuasa menolak mudarat maupun mendatangkan kebaikan kepadamu tanpa izin-Nya. ' tugasku hanyalah menyampaikan apa yang diwahyukannya kepadaku.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Jin Ayat 21 Arab-Latin, Surat Al-Jin Ayat 22 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Jin Ayat 23, Terjemahan Tafsir Surat Al-Jin Ayat 24, Isi Kandungan Surat Al-Jin Ayat 25, Makna Surat Al-Jin Ayat 26

Category: Surat Al-Jin

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Suraj Jin Ayat 20 Surat Al Jin Ayat 20