Surat Al-Jin Ayat 19

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَأَنَّهُۥ لَمَّا قَامَ عَبْدُ ٱللَّهِ يَدْعُوهُ كَادُوا۟ يَكُونُونَ عَلَيْهِ لِبَدًا

Arab-Latin: Wa annahụ lammā qāma 'abdullāhi yad'ụhu kādụ yakụnụna 'alaihi libadā

Artinya: Dan bahwasanya tatkala hamba Allah (Muhammad) berdiri menyembah-Nya (mengerjakan ibadat), hampir saja jin-jin itu desak mendesak mengerumuninya.

« Al-Jin 18Al-Jin 20 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Berkaitan Dengan Surat Al-Jin Ayat 19

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Jin Ayat 19 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada pelbagai tafsir penting dari ayat ini. Didapatkan pelbagai penjelasan dari kalangan pakar tafsir terhadap isi surat Al-Jin ayat 19, antara lain seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

19. Ketika Muhammad berdiri beribadah kepada Tuhannya, para jin berkumpul dalam jumlah besar, sebagian dari mereka di atas sebagian lainnya, mereka berdesak-desakkan untuk mendengar al-Quran darinya.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

19. Allah menyampaikan kepada para makhluk bahwa jin-jin yang mendengarkan bacaan ayat-ayat al-Qur’an dari Rasulullah itu hampir-hampir saling bertumpang tindih karena mereka begitu antusias dalam mendengarkannya sehingga mereka ingin mendekat kepada Rasulullah dan berdesak-desakan.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

19. Dan bahwasanya tatkala hamba Allah, Muhammad -ṣallallāhu 'alaihi wa sallam- berdiri untuk menyembah Rabbnya di lembah kurma, hampir saja jin-jin itu tumpang tindih di hadapannya karena berdesak-desakan saat mereka mendengar bacaan Al-Qur`ānnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

19. وَأَنَّهُۥ لَمَّا قَامَ عَبْدُ اللَّـهِ (Dan bahwasanya tatkala hamba Allah)
Yaitu Muhammad.

يَدْعُوهُ(berdiri menyembah-Nya)
Yakni berdoa dan beribadah kepada Allah, yaitu ketika ia sedang berada di pangkal pohon kurma, sebagaimana telah disebutkan.

كَادُوا۟ يَكُونُونَ عَلَيْهِ لِبَدًا(hampir saja jin-jin itu desak mendesak mengerumuninya)
Yakni jin-jin itu hampir berdesakan di sekitar Rasulullah untuk mendengarkan al-Qur’an.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Lihat penambahan nabi dengan sebutan 'Ubudiyyah (Penghambaan) kepada Allah pada firman-Nya: { وَأَنَّهُۥ لَمَّا قَامَ عَبْدُ ٱللَّهِ يَدْعُوهُ } "Dan bahwasanya tatkala hamba Allah (Muhammad) berdiri menyembah-Nya (mengerjakan ibadat)", { سُبْحَٰنَ ٱلَّذِىٓ أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ } "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya" [Q.S. Al-Isra' : 1], { تَبَارَكَ ٱلَّذِى نَزَّلَ ٱلْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ } "aha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya" [Q.S. Al-Furqan : 1], { وَإِن كُنتُمْ فِى رَيْبٍ مِّمَّا نَزَّلْنَا عَلَىٰ عَبْدِنَا } "Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad)" [Q.S. Al-Baqarah : 23]; Karena segala sesuatu yang dikaitkan dengan yang dicintai adalah sesuat yang dicintai.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19. Kemudian, keiika Nabi Muhammad SAW melaksanakan shalat di dalam kerumunan pohon kurma (masjid), mereka para jin berdesakan mengerumuni Nabi SAW untuk mendengarkan bacaan Al-quran Nabi


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya ketika hamba Allah berdiri menyembahNya} menyembah Tuhanya {mereka itu berdesakan} jin-jin itu berdesakan {mengerumuninya} mereka berkumpul sangat berdesakan karena ingin mendengar Al-Qur'an darinya


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

19. “Dan bahwasanya tatkala hamba Allah (Muhammad) berdiri menyembahNya,” memohon dan menyembahNya serta membaca al-Quran, karena terlalu banyaknya mereka, “hampir saja jin-jin itu desak-mendesak mengerumuninya,” yakni saling berdesakan untuk mendengarkan petunjuk yang ada di dalamnya.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Jin ayat 19: Allah mengabarkan keadaan jin ketika Nabi mengerjakan shalat dan mengeraskan suaranya dan Nabi tidak mengetahui wujud mereka (jin). Dimana mereka para jin datang satu persatu dan hampir-hampir penuh karena sebab hadir secara berjamaah berduyun-duyun yang sungguh saling berdesak-desakan sebagian dari mereka kepada sebagian yang lain, karena semangat mereka untuk mendengar Al Qur’an, untuk memahami apa yang Rasul ﷺ ucapkan (baca).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Untuk mendengarkan Al Qur’an.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Jin Ayat 19

Dan sesungguhnya ketika hamba Allah yaitu nabi Muhammad berdiri menyembah-Nya yaitu melaksanakan salat dengan sungguh-sungguh, mereka, jin-jin itu berdesakan mengerumuninya karena merasa takjub dengan apa yang mereka lihat dan dengar. 20. Katakanlah, wahai nabi Muhammad, kepada yang takjub tersebut bahwa, sesungguhnya aku hanya menyembah tuhanku dan aku tidak mempersekutukan sesuatu pun dengan-Nya baik malaikat, berhala, manusia jin atau makhluk apa pun. '


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penafsiran dari beragam ahli ilmu terhadap makna dan arti surat Al-Jin ayat 19 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat bagi ummat. Support syi'ar kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Cukup Banyak Dikaji

Baca berbagai konten yang cukup banyak dikaji, seperti surat/ayat: Al-Isra 24, Al-‘Ashr 2, An-Nisa 1, Ali ‘Imran 185, An-Nur 31, Al-Baqarah 165. Termasuk Al-Ahzab 59, An-Nur, Al-Mukminun 1-11, Al-‘Ankabut 45, Al-Anbiya, Az-Zalzalah 7.

  1. Al-Isra 24
  2. Al-‘Ashr 2
  3. An-Nisa 1
  4. Ali ‘Imran 185
  5. An-Nur 31
  6. Al-Baqarah 165
  7. Al-Ahzab 59
  8. An-Nur
  9. Al-Mukminun 1-11
  10. Al-‘Ankabut 45
  11. Al-Anbiya
  12. Az-Zalzalah 7

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: