Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Jin Ayat 12

وَأَنَّا ظَنَنَّا أَنْ لَنْ نُعْجِزَ اللَّهَ فِي الْأَرْضِ وَلَنْ نُعْجِزَهُ هَرَبًا

Arab-Latin: Wa annā ẓanannā al lan nu'jizallāha fil-arḍi wa lan nu'jizahụ harabā

Terjemah Arti: Dan sesungguhnya kami mengetahui bahwa kami sekali-kali tidak akan dapat melepaskan diri (dari kekuasaan) Allah di muka bumi dan sekali-kali tidak (pula) dapat melepaskan diri (daripada)Nya dengan lari.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

12. Kami yakin bahwa Allah Mahakuasa atas kami, kami berada dalam genggamanNYa. Kami tidak bisa luput dari Allah ketika Dia menginginkan sesuatu pada kami. Kami tidak akan bisa menyelamatkan diri dari hukumanNya dengan berlari ke langit ketika Dia menghendaki keburukan bagi kami.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

12. Dan kami meyakini bahwa sesungguhnya kami tidak mungkin melepaskan diri dari Allah -Subḥānahu- jika Dia menghendaki suatu perkara dari kami dan tidak mungkin melarikan diri dari-Nya karena Allah meliputi kami semua.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

12. وَأَنَّا ظَنَنَّآ أَن لَّن نُّعْجِزَ اللَّـهَ فِى الْأَرْضِ (Dan sesungguhnya kami mengetahui bahwa kami sekali-kali tidak akan dapat melepaskan diri (dari kekuasaan) Allah di muka bumi)
Yakni kami mengetahui bahwa kami tidak akan dapat lolos dari ketetapan Allah jika Dia menghendakinya.

وَلَن نُّعْجِزَهُۥ هَرَبًا (dan sekali-kali tidak (pula) dapat melepaskan diri (daripada)Nya dengan lari)
Yakni tidak mampu untuk melarikan diri.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

12. Namun kami juga mengetahui, bahwa kami tidak akan pernah bisa melepaskan diri dari Allah, baik lari ke dunia maupun ke langit. Allah Maha mengetahui dimanapun kami bersembunyi

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Berkata para jin yang mendengar Al Qur’an : Sungguh kami telah yakin setelah beriman kepada Allah yang Maha Kuasa atas kami, dan bahwasanya kami terikat dengan-Nya dan kerajaan-Nya dimanapun kami berada. Dan tidak mungkin kami lolos dari adzab-Nya dan menyelamatkan diri dimana pun tempat dari tempat di muka bumi. Atau kami lari menuju ke langit jika kami ingin demikian, tapi sama saja (percuma).

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

12. Maksudnya, dan bahwasanya kami saat sekarang ini, telah jelas bagi kami akan sempurnanya Kuasa Allah dan lemahnya kami. Ubun-ubun kami berada di Tangan Allah. Karena itu sekali-kali kami tidak akan dapat melepaskan diri dari kekuasaan Allah di muka bumi, sekali-kali pula tidak dapat melepaskan diri dariNya dan menguasakan berbagai sebab untuk dapat lari serta terlepas dari KuasaNya. Tidak ada tempat berlindung kecuali kepadaNya.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Yakni bahwa sekarang jelaslah bagi kami sempurnanya kekuasaan Allah dan sempurnanya kelemahan kami, dan bahwa ubun-ubun kami di Tangan Allah; kami tidak akan mampu melepaskan diri (dari kekuasaan) Allah di bumi dan tidak (pula) dapat lari melepaskan diri (dari)-Nya meskipun kami telah berusaha meloloskan diri. Oleh karena itu, tidak ada tempat perlindungan bagi kami selain kembali kepada-Nya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


"dan sesungguhnya kami telah menduga dan percaya setelah berpikir dan mendengar ayat-ayat Allah dan menyadari kelemahan kami, bahwa kami tidak akan mampu melepaskan diri dari kekuasaan Allah di bumi dan tidak pula dapat lari melepaskan diri dari segala ketentuan dan ketetapan-Nya. "13. Setelah berbicara tentang adanya siksa bagi yang durhaka, maka ayat ini berbicara tentang sekelompok jin yang beriman. "dan sesungguhnya ketika kami mendengar petunjuk Al-Qur'an, kami beriman kepada-Nya tanpa ragu dan tanpa berpikir panjang, karena petunjuk dalam Al-Qur'an begitu jelas. Maka barang siapa beriman kepada tuhan dan selalu memperbarui keimanannya, maka tidak perlu ia takut rugi karena berkurang amalnya atau berdosa. ".

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Jin Ayat 13 Arab-Latin, Surat Al-Jin Ayat 14 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Jin Ayat 15, Terjemahan Tafsir Surat Al-Jin Ayat 16, Isi Kandungan Surat Al-Jin Ayat 17, Makna Surat Al-Jin Ayat 18

Category: Surat Al-Jin

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al Jin Ayat 12 Al Jin 12 Ayat Dan Sesungguhnya Kami Tidak Dapat Berlari Khasiat Surat Jin Ayat 12 Surat Al Jin 1-15 Bahasa Arab