Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Jin Ayat 11

وَأَنَّا مِنَّا الصَّالِحُونَ وَمِنَّا دُونَ ذَٰلِكَ ۖ كُنَّا طَرَائِقَ قِدَدًا

Arab-Latin: Wa annā minnaṣ-ṣāliḥụna wa minnā dụna żālik, kunnā ṭarā`iqa qidadā

Terjemah Arti: Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang saleh dan di antara kami ada (pula) yang tidak demikian halnya. Adalah kami menempuh jalan yang berbeda-beda.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

11. Di antara kami ada jin-jin baik yang bertakwa, dan ada juga jin-jin yang tidak demikian, yaitu jin-jin yang kafir dan fasik. Kami terdiri dari kelompok-kelompok dan madzhab-madzhab yang beragam.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

11. Dan bahwasanya di antara kami -golongan jin- ada yang bertakwa dan baik, dan ada yang kafir dan fasik. Kami terdiri dari golongan-golongan yang bermacam-macam dan mempunyai hasrat yang berbeda-beda.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

11. وَأَنَّا مِنَّا الصّٰلِحُونَ (Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang saleh)
Sebagian jin berkata kepada sebagian lainnya setelah diseru untuk beriman kepada Muhammad: “setelah kami mendengarkan al-Qur’an, sebagian kami menjadi orang yang shalih.

وَمِنَّا دُونَ ذٰلِكَ ۖ( dan di antara kami ada (pula) yang tidak demikian halnya)
Yakni tidak mau beriman.

كُنَّا طَرَآئِقَ قِدَدًا (kami menempuh jalan yang berbeda-beda)
Yakni kami menjadi kelompok yang berbeda-beda dan golongan yang saling bertolak belakang.
Said berkata; mereka ada yang Islam, Yahudi, Nasrani, dan Majusi.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

11. Sesungguhnya golongan kami para jin pun berbeda-beda dalam memilih jalan. Diantara kami juga ada golongan yang baik/ saleh dan muslim, namun juga ada yang ingkar atau kafir

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Berkata para jin yang mendengar Al Qur’an : Dan di antara kami ada yang disifati dengan keshalihan dan di antara kami ada kaum yang tidak demikian, yaitu kafir dan fasiq. Dan sungguh keadaan kami sebelum turunnya Al Qur’an adalah segolongan yang beraneka ragam yang bermacam-macam. Setiap kaum memiliki cara tersendiri dalam beramal dan berkeyakinan.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

11. ”Dan di antara kami ada orang-orang yang shalih dan di antara kami ada (pula) yang tidak demikian halnya,” yaitu jin-jin fasik, keji dan kafir. “kami menempuh jalan yang berbeda-beda dan keinginan yang beraneka ragam. Masing-masing bangga atas kelompoknya sendiri.

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Setelah mendengarkan Al Qur’an.

Yakni yang fasik dan yang kafir.

Ada yang muslim dan ada yang kafir.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Lebih jauh para jin itu menguraikan keadaan anggota masyarakat mereka dengan mengatakan, "dan sesungguhnya di antara kami, kaum jin ada yang saleh yang bertakwa lagi mantap kesalehannya, dan ada pula kebalikannya yang tidak saleh bahkan durhaka dan mengajak kepada kedurhakaan. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda akibat perbedaan pandangan dan kecenderungan kami. 12. "dan sesungguhnya kami telah menduga dan percaya setelah berpikir dan mendengar ayat-ayat Allah dan menyadari kelemahan kami, bahwa kami tidak akan mampu melepaskan diri dari kekuasaan Allah di bumi dan tidak pula dapat lari melepaskan diri dari segala ketentuan dan ketetapan-Nya. ".

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Jin Ayat 12 Arab-Latin, Surat Al-Jin Ayat 13 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Jin Ayat 14, Terjemahan Tafsir Surat Al-Jin Ayat 15, Isi Kandungan Surat Al-Jin Ayat 16, Makna Surat Al-Jin Ayat 17

Category: Surat Al-Jin

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Inti Surat Al Jin