Surat Al-Jin Ayat 4

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَأَنَّهُۥ كَانَ يَقُولُ سَفِيهُنَا عَلَى ٱللَّهِ شَطَطًا

Arab-Latin: Wa annahụ kāna yaqụlu safīhunā 'alallāhi syaṭaṭā

Artinya: Dan bahwasanya: orang yang kurang akal daripada kami selalu mengatakan (perkataan) yang melampaui batas terhadap Allah,

« Al-Jin 3Al-Jin 5 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Mengenai Surat Al-Jin Ayat 4

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Jin Ayat 4 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam tafsir berharga dari ayat ini. Terdokumentasikan beragam penafsiran dari banyak mufassirin terkait isi surat Al-Jin ayat 4, misalnya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

4. Yang bodoh dari kami (yaitu iblis) telah berkata atas Nama Allah sebuah perkataan yang jauh dari kebenaran, bahwa Allah mempunyai istri dan anak.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

4-5. Sedangkan yang dikatakan kepada kita oleh Iblis dan para pemimpin kesesatan dari kalangan jin tentang Allah adalah perkataan yang salah dan mengandung kekafiran, jauh sekali dari kebenaran. Dan kami tidak menyangka ada makhluk yang berani berdusta terhadap Allah dan mengatakan perkataan batil terhadap-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

4. Dan bahwasanya Iblis telah mengatakan perkataan yang menyimpang dengan menisbahkan adanya istri dan anak kepada Allah -Subḥānahu-.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

4. وَأَنَّهُۥ كَانَ يَقُولُ سَفِيهُنَا عَلَى اللَّـهِ شَطَطًا (Dan bahwasanya: orang yang kurang akal daripada kami selalu mengatakan (perkataan) yang melampaui batas terhadap Allah)
Yakni jin-jin ini mengingkari perkataan jin-jin yang musyrik dari golongan mereka yang merupakan kedustaan terhadap Allah dengan mengatakan bahwa Allah memiliki pasangan dan anak dan lain sebagianya.
Makna (الشطط) yakni kekafiran yang melampaui batas dan tersesat dari jalan yang lurus.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

4. Sesungguhnya orang bodoh dan teledor dari kami itu berkata melampaui Allah secara berlebih-lebihan tentang kekufuran kebohongan dan tindakan melampaui batas yang menghubung-hubungkan bahwa Allah itu memiliki istri dan anak. As-Safah disini bermakna sebagai ucapan yang jauh dari kebenaran.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya orang yang bodoh di antara kami} yang bodoh di antara kami yaitu Iblis {selalu mengucapkan (perkataan) yang melampaui batas terhadap Allah} perkataan yang jauh dari kebenaran dengan berkata bahwa Dia beristri dan beranak


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

4. “Dan bahwasanya, orang yang kurang akal dari kami dahulu selalu mengatakan (perkataan) yang melampaui batas terhadap Allah,” yakni, perkataan lalim dari kebenaran dan menerjang batas. Yang menyebabkan hal itu adalah kebodohan dan kelemahan akalnya, sebab andai yang bersangkutan teguh dan tenang, pasti ia memahami apa yang diucapkan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Jin ayat 4: Berkata para jin yang mendengar Al Qur’an : Sesungguhnya mereka yang dungu dan bodoh dan kurang akal, mereka berkata atas Allah dengan perkataan yang jauh dan melampaui batas dengan dakwaan bahwa Allah memiliki teman dan anak.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yang dimaksud dengan perkataan yang melampaui batas, ialah mengatakan bahwa Allah mempunyai istri dan anak. Hal ini karena kebodohan mereka dan kelemahan akalnya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Jin Ayat 4

4-5. Jin yang mendengar bacaan Al-Qur'an tersebut melanjutkan testimoninya di hadapan kaumnya dengan menyatakan, "dan sesungguhnya orang yang bodoh kurang sehat akalnya di antara kami dahulu selalu mengucapkan perkataan yang melampaui batas terhadap Allah yang maha esa, dan sesungguhnya kami mengira, bahwa manusia dan jin itu tidak akan mengatakan perkataan yang dusta terhadap Allah, dengan menasabkan sekutu, istri dan anak kepada-Nya. "4-5


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penjabaran dari para ahli tafsir mengenai makna dan arti surat Al-Jin ayat 4 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah bagi kita semua. Bantu kemajuan kami dengan memberi link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dilihat

Kami memiliki banyak topik yang banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 165, An-Nisa 1, Ali ‘Imran 185, Az-Zalzalah 7, An-Nur 31, Al-Mukminun 1-11. Ada juga Al-‘Ankabut 45, Al-Anbiya, Al-Isra 24, Al-Ahzab 59, An-Nur, Al-‘Ashr 2.

  1. Al-Baqarah 165
  2. An-Nisa 1
  3. Ali ‘Imran 185
  4. Az-Zalzalah 7
  5. An-Nur 31
  6. Al-Mukminun 1-11
  7. Al-‘Ankabut 45
  8. Al-Anbiya
  9. Al-Isra 24
  10. Al-Ahzab 59
  11. An-Nur
  12. Al-‘Ashr 2

Pencarian: ...

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: