Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-Jin Ayat 3

وَأَنَّهُ تَعَالَىٰ جَدُّ رَبِّنَا مَا اتَّخَذَ صَاحِبَةً وَلَا وَلَدًا

Arab-Latin: Wa annahụ ta'ālā jaddu rabbinā mattakhaża ṣāḥibataw wa lā waladā

Terjemah Arti: Dan bahwasanya Maha Tinggi kebesaran Tuhan kami, Dia tidak beristeri dan tidak (pula) beranak.

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

3. Mahatinggi keagungan Tuhan kami, Dia tidak mengambil istri maupun anak.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

3. Dan kami beriman bahwa Dia -Mahatinggi keagungan dan kekuasaan Rabb kami- tidak mempunyai istri maupun anak sebagaimana yang dikatakan oleh orang-orang musyrik.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

3. وَأَنَّهُۥ تَعٰلَىٰ جَدُّ رَبِّنَا (dan bahwasanya Maha Tinggi kebesaran Tuhan kami)
Yakni Maha Tinggi kebesaran-Nya. pendapat lain mengatakan: yakni kekuasaan-Nya.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

3. Sesungguhnya Maha Agung dan Maha Tinggi Tuhan kami dari mengangkat teman perempuan (istri) atau anak sebagaimana yang dikatakan orang-orang kafir yang lemah itu. Al-Jaddu adalah Maha Agung

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Kemudian berkata para jin yang mendengar Al Qur’an dengan memuji atas Allah : Sesungguhnya Allah Maha Tinggi dan Agung yaitu Tuhan kami, dan Yang Maha Suci Dzat-Nya dan Sifat-Nya dari mengambil istri atau memiliki anak, sebagaimana berkata mereka (yang menisbatkan) Allah memiliki istri dan anak, yaitu perkataan dari mereka manusia dan jin yang dungu.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

3. “Dan bahwasanya Mahatinggi kebesaran Rabb kami,” yakni, luhur keagunganNya dan suci nama-namaNya. “Dia tidak beristri dan tidak (pula) beranak.” Mereka mengetahui kemuliaan dan keagungan Allah yang menunjukkan mereka atas batilnya orang yang mengira bahwa Allah memiliki pendamping (istri) dan anak, karena Allah memiliki keagungan dan keluhuran, setiap sifatNya sempurna. Sedangkan memiliki pasangan dan anak menafikan hal itu, karena bertentangan dengan sempurnanya keesaanNya (yang tidak memerlukan yang lain).

Tafsir as-Sa'di / Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Dari apa yang dinisbatkan kepada-Nya.

Mereka mengetahui dari keagungan Allah dan kebesaran-Nya, batilnya orang yang mengatakan bahwa Allah punya istri dan anak karena Dia mempunyai keagungan dan kebesaran pada setiap sifat sempurna, sedangkan mempunyai istri atau anak menafikan hal itu karena bertentangan dengan sempurnanya kecukupannya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Setelah para jin yang mendengar al qur'an tersebut berjanji tidak akan menyekutukan Allah, mereka kemudian memuji Allah dengan pujian yang tulus. Dan sesungguhnya mahatinggi keagungan tuhan kami sehingga tidak terjangkau oleh siapa pun dan apa pun, dia tidak beristri dan tidak beranak. '4-5. Jin yang mendengar bacaan Al-Qur'an tersebut melanjutkan testimoninya di hadapan kaumnya dengan menyatakan, "dan sesungguhnya orang yang bodoh kurang sehat akalnya di antara kami dahulu selalu mengucapkan perkataan yang melampaui batas terhadap Allah yang maha esa, dan sesungguhnya kami mengira, bahwa manusia dan jin itu tidak akan mengatakan perkataan yang dusta terhadap Allah, dengan menasabkan sekutu, istri dan anak kepada-Nya. ".

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Al-Jin Ayat 4 Arab-Latin, Surat Al-Jin Ayat 5 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Al-Jin Ayat 6, Terjemahan Tafsir Surat Al-Jin Ayat 7, Isi Kandungan Surat Al-Jin Ayat 8, Makna Surat Al-Jin Ayat 9

Category: Surat Al-Jin

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surat Al-jin 3 Sirat Al Jin Ayat 3 Surat Jin Ayat 3