Surat At-Taghabun Ayat 4

يَعْلَمُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَيَعْلَمُ مَا تُسِرُّونَ وَمَا تُعْلِنُونَ ۚ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِذَاتِ الصُّدُورِ

Terjemah Arti: Dia mengetahui apa yang ada di langit dan di bumi dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan dan yang kamu nyatakan. Dan Allah Maha Mengetahui segala isi hati.

TAFSIR AYAT

4. Allah SWT mengetahui segala sesuatu di langit dan bumi. Tidak ada satupun sesuatu yang tersembunyi dariNya. Dia mengetahui apa yang kalian sembunyikan dan apa yang kalian tampakkan baik itu berupa ucapan maupun tindakan. Allah adalah Dzat yang Maha Mengetahui apa yang disembunyikan hati kalian berupa rahasia-rahasian dan sesuatu yang sangat penting

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Selanjutnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan tentang meratanya pengetahuan-Nya.

Baik yang dirahasiakan maupun yang ditampakkan, yang gaib maupun yang nyata.

Baik rahasia yang baik maupun yang buruk, niat yang baik maupun yang buruk dan keyakinan. Jika apa yang tersembunyi dalam hati Allah mengetahuinya, maka orang yang berakal dan berpandangan tajam akan berusaha menjaga batinnya dari akhlak yang buruk serta menyifatinya dengan akhlak yang mulia.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Manusia, menurut ayat ini, harus menyadari bahwa dia mengetahui apa yang di langit dengan pengetahuan yang menyeluruh; dan mengetahui segala yang ada di bumi, termasuk benda paling kecil yang tak terlihat mata dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan di dalam hati dan mengetahui apa yang kamu nyatakan secara lisan. Dan Allah maha mengetahui segala isi hati yang tersembunyi. 5. Ayat ini mengingatkan orang-orang kafir tentang nasib para pendahulu mereka yang harus dijadikan cermin. Allah berfirman, 'apakah belum sampai kepadamu, wahai orang-orang kafir, berita orang-orang kafir dahulu seperti umat nabi nuh, nabi lut, dan nabi musa' maka mereka telah merasakan akibat buruk dari perbuatannya dengan mendapat azab di dunia; dan mereka pun akan memperoleh azab yang pedih di akhirat.

Tafsir Ringkas Kemenag