Surat At-Taghabun Ayat 3

خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ وَصَوَّرَكُمْ فَأَحْسَنَ صُوَرَكُمْ ۖ وَإِلَيْهِ الْمَصِيرُ

Terjemah Arti: Dia menciptakan langit dan bumi dengan haq. Dia membentuk rupamu dan dibaguskan-Nya rupamu itu dan hanya kepada Allah-lah kembali(mu).

TAFSIR AYAT

3. Dialah Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan tujuan yang tepat dan mengandung hikmah yang besar. Maknanya adalah ciptaan yang dihubungkan dengan kebenaran dan hikmah, bukan hiburan dan permainan. Dia juga menjadikan bentuk kalian wahai anak cucu Adam dengan sebaik-baik bentuk, yaitu dengan menyusun dan mengatur pembentukannya sehingga tidak ada satupun perumpamaan yang menyerupainya dalam bentuk, pandangan dan akal, dan hanya kepadaNyalah tempat kembali pada hari kiamat.

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Setelah Allah menyebutkan penciptaan-Nya kepada manusia yang mendapat beban perintah dan larangan, Dia menyebutkan penciptaan makhluk-makhluk yang lain.

Dan semua yang ada di sana.

Yakni dengan hikmah (tepat) dan tujuan yang diinginkan Allah Subhaanahu wa Ta'aala.

Oleh karena itu, manusia adalah makhluk yang paling baik rupanya dan paling indah dipandang.

Pada hari Kiamat, lalu Dia membalas keimanan dan kekafiranmu dan menanyakan kepadamu tentang berbagai nikmat yang diberikan-Nya kepada kamu, apakah kamu mensyukurinya atau tidak?

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dia menciptakan langit tujuh lapis dan menciptakan bumi tujuh lapis dengan tujuan yang benar sehingga tidak sia-sia, dia membentuk rupamu dengan tujuan yang baik untuk kemaslahatan kamu, lalu memperbagus rupamu supaya kamu bersyukur dan kepada-Nya tempat kembali dengan dikumpulkan di mahsyar. 4. Manusia, menurut ayat ini, harus menyadari bahwa dia mengetahui apa yang di langit dengan pengetahuan yang menyeluruh; dan mengetahui segala yang ada di bumi, termasuk benda paling kecil yang tak terlihat mata dan mengetahui apa yang kamu rahasiakan di dalam hati dan mengetahui apa yang kamu nyatakan secara lisan. Dan Allah maha mengetahui segala isi hati yang tersembunyi.

Tafsir Ringkas Kemenag