Surat Al-Waqi’ah Ayat 13

ثُلَّةٌ مِّنَ ٱلْأَوَّلِينَ

Arab-Latin: ṡullatum minal-awwalīn

Terjemah Arti: Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu,

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Al-Waqi’ah Ayat 13

Diketemukan kumpulan penjelasan dari berbagai ahli ilmu mengenai kandungan surat Al-Waqi’ah ayat 13, misalnya seperti tertera:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

13-16. Surga tersebut akan dimasuki oleh banyak orang dari generasi awal umat ini dan juga selain mereka dari umat-umat lain, dan sedikit dari generasi akhir umat ini. Mereka di atas ranjang-ranjang yang disulam dengan emas, bersandar di atasnya saling berhadap-hadapan.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

13. Sekelompok orang dari umat ini dan dari umat-umat yang terdahulu.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

13. ثُلَّةٌ مِّنَ الْأَوَّلِينَ (Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu)
Makna (الثلة) yakni sekelompok orang yang jumlahnya tidak terbatas. Dan yang dimaksud dengan orang-orang terdahulu adalah umat-umat terdahulu sejak Nabi Adam sampai Nabi Muhammad.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

13. (Mereka adalah) kelompok umat-umat terdahulu dari masa nabi Adam As sampai nabi kita (Isa) As.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

10-14. “Dan orang-orang yang paling dahulu beriman. Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah),” maksudnya adalah bahwa orang-orang yang ketika di dunia paling dahulu kepada kebaikan (keimanan), mereka di akhirat adalah orang-orang yang paling dahulu masuk surga. Mereka itulah yang memiliki sifat didekatkan kepada Allah, “berada dalam surga-surga kenikmatan,” di tempat yang paling tinggi, di tempat tertinggi yang tidak ada tempat lagi di atasnya. Dan mereka yang disebutkan adalah “segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu,” maksudnya, jumlah golongan besar orang-orang terdahulu dari umat ini secara umum daripada umat yang datang selanjutnya, karena orang-orang yang didekatkan (kepada Allah) dari golongan pertama lebih banyak daripada golongan orang-orang yang kemudian. Dan orang-orang yang didekatkan kepada Allah adalah manusia-manusia istimewa.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Waqi’ah ayat 13: 13-14. Allah menjelaskan bahwa golongan ini adalah pilihan dari orang-orang yang beriman, yang mereka dari umat Muhammad ﷺ dan selainnya, dan sedikit dari umat-umat yang lain. Ini menunjukkan akan keutamaan para salafush shalih dari para sahabat Muhammad ﷺ dan para tabi’in; Mereka adalah orang-orang yang dekat dengan pahala dan besar kemuliaannya.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni mereka itu terdiri dari segolongan besar dari generasi pertama umat ini dan umat-umat sebelum Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Waqi’ah Ayat 13

13-16. Ayat-ayat ini menerangkan kenikmatan yang akan mereka terima di surga tersebut. Segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu beriman kepada Allah dan segolongan kecil dari orang-orang yang kemudian yang tetap teguh dalam ketaatan dan tauhid akan mendapat balasan yang dia janjikan. Mereka berada di atas dipan yang kukuh dan indah karena bertahta emas dan permata, seraya bertelekan di atasnya berhadap-hadapan sambil mensyukuri nikmat yang mereka terima


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian berbagai penjabaran dari kalangan mufassirin mengenai isi surat Al-Waqi’ah ayat 13, moga-moga memberi kebaikan untuk ummat. Bantulah perjuangan kami dengan mencantumkan tautan ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Al-Waqi’ah Ayat 14 Arab-Latin, Al-Waqi’ah Ayat 15 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Al-Waqi’ah Ayat 16, Terjemahan Tafsir Al-Waqi’ah Ayat 17, Isi Kandungan Al-Waqi’ah Ayat 18, Makna Al-Waqi’ah Ayat 19

Kategori: Surat Al-Waqi'ah

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi