Quran Surat Ar-Rahman Ayat 64

مُدْهَآمَّتَانِ

Arab-Latin: Mud-hāmmatān

Terjemah Arti: Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya.

Tafsir Quran Surat Ar-Rahman Ayat 64

64-65. Dua surga ini hijau, sangat hijau hingga cenderung kehitam-hitaman. Maka nikmat manakah dari nikmat-nikmat Tuhan kalian berdua (wahai jin dan manusia) yang kalian dustakan?

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

64. Warna kedua surga itu terlihat hijau tua.

📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

64. مُدْهَآمَّتَانِ (Kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya)
Yakni kerena begitu subur, surga itu terlihat dari jauh seperti menghitam.

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

64-65. Dua surga yang memiliki warna hijau tua karena saking banyaknya aliran air dan tumbuh-tumbuhan. Seakan-akan keduanya perwarna kehitam-hitaman. Maka nikmat Tuhan mana yang kalian dustakan?!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Allah mensifatkan kedua surga itu dengan adanya tumbuhan yang tumbuh di dalamnya dan juga adanya angin pada keduanya yang berwarna hijau.

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

62-69. “Dan selain dari surga itu ada dua surga lagi” yang terbuat dari perak, yakni bentuk bangunan, perhiasan, bejana-bejana dan dan apa yang ada pada keduanya yang diperuntukkan bagi golongan kanan. Kedua surga tersebut “(kelihatan) hijau tua warnanya,” yakni keduanya berwarna hijau pekat karena sangat hijau dan subur. “Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar,” yakni memancur. “Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan” dari berbagai macam jenis buah-buahan, khususnya kurma dan delima yang memiliki sangat banyak manfaat dan kegunaannya.

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

64-65. Kedua surga yang lain itu tampak hijau tua warnanya karena lebat-Nya pepohonan. Maka, wahai manusia dan jin, nikmat tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan'64-65

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Terkait: « | »

Kategori: 055. Ar-Rahman