Daftar Isi > Ar-Rahman > Ar-Rahman 72

Surat Ar-Rahman Ayat 72

حُورٌ مَّقْصُورَٰتٌ فِى ٱلْخِيَامِ

Arab-Latin: ḥụrum maqṣụrātun fil-khiyām

Artinya: (Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih, dipingit dalam rumah.

« Ar-Rahman 71Ar-Rahman 73 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Ar-Rahman Ayat 72

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rahman Ayat 72 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Diketemukan kumpulan penjelasan dari beragam ahli tafsir berkaitan makna surat Ar-Rahman ayat 72, sebagiannya seperti berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

72. Para bidadari yang tetutup dan terjaga di dalam tenda-tenda.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

72. Bidadari-bidadari yang ditutup dalam rumah sebagai penjagaan terhadap mereka.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

72. حُورٌ مَّقْصُورٰتٌ فِى الْخِيَامِ ((Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih, dipingit dalam rumah)
Yakni dikhususkan bagi suami-suami mereka, dan tidak mendatangi lelaki yang lain.
Bidadari-bidadari yang ada di dua surga sebelumnya disebutkan bahwa mereka menjaga pandangan mereka, sehingga mereka lebih tinggi kedudukannya daripada bidadari-bidadari yang disebutkan pada ayat ini.
Disebutkan bahwa tenda yang ada di surga terbuat dari mutiara yang dipahat bagian dalamnya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

72-73. Wanita-wanita yang cantik jelita itu memiliki mata yang warnanya sangat putih dan hitam. Mereka dijaga, dipelihara dan terjaga dalam rumah. Maka nikmat Tuhan mana yang kalian dustakan?! Al-Khiyam (perkemahan-perkemahan) itu adalah istilah digunakan oleh bangsa Arab, yaitu tempat-tempatnya kenikmatan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Bidadari-bidadari yang dipingit} yang ditutup {dalam kemah-kemah


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

70-75. “Di dalamnya” maksudnya di dalam semua surga tersebut “ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik,” yakni memiliki akhlak yang mulia dan wajah yang rupawan, di mana mereka telah mengumpulkan antara keindahan lahir dan batin serta keelokan bentuk penciptaan dan akhlak. “(Bidadari-bidadari) yang jelita, putih bersih dipingit dalam rumah,” maksudnya dipingit di kemah-kemah yang terbuat dari mutiara, yang telah menyiapkan diri mereka untuk (menyambut kedatangan) suami-suami mereka, akan tetapi hal itu tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk keluar ke kebun-kebun dan taman-taman sebagaimana yang biasa dilakukan oleh anak-anak raja yang dipingit. “Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin. Maka nikmat Rabb kamu yang manakah yang kamu dustakan?”


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rahman ayat 72: Allah menjelaskan istri-istri tersebut keduanya berparas cantik dari golongan bidadari yang dipingit di kemah-kemah.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Bidadari itu tertahan dalam kemah-kemah mutiara; yang telah mempersiapkan diri mereka untuk suami mereka, namun hal itu tidaklah menafikan mereka untuk keluar ke kebun-kebun dan taman-taman surga sebagaimana kebiasaan putri-putri raja dan wanita-wanita yang dipingit.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rahman Ayat 72

72-73. Bidadari-bidadari yang terdapat dalam kedua surga itu dipelihara dan dijaga di dalam kemah-kemah. Maka, wahai manusia dan jin, nikmat tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan'72-73


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Itulah pelbagai penafsiran dari para ulama terhadap makna dan arti surat Ar-Rahman ayat 72 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi ummat. Bantu syi'ar kami dengan memberi backlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: