Surat Ar-Rahman Ayat 46

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِۦ جَنَّتَانِ

Arab-Latin: Wa liman khāfa maqāma rabbihī jannatān

Artinya: Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga.

« Ar-Rahman 45Ar-Rahman 47 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Penting Mengenai Surat Ar-Rahman Ayat 46

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rahman Ayat 46 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai kandungan penting dari ayat ini. Terdokumentasi berbagai penjabaran dari kalangan mufassir terhadap kandungan surat Ar-Rahman ayat 46, misalnya sebagaimana tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

46. Hamba-hamba Allah yang bertakwa dari kalangan jin dan manusia, yang takut kepada saat menghadap kepadaNya, lalu menaati perintahNya dan meninggalkan laranganNya, akan mendapatkan dua surga.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

46-53. Dan hamba yang takut terhadap kedudukan Tuhannya, sehingga dia mentaati perintah-Nya dan tidak melakukan kemaksiatan, akan mendapatkan dua surga yang luas. Maka kenikmatan mana yang Tuhan kalian berikan, yang kalian ingkari wahai jin dan manusia?

Dua surga ini pepohonannya memiliki tangkai-tangkai yang berbuah lezat. Maka kenikmatan mana yang Tuhan kalian berikan, yang kalian ingkari wahai jin dan manusia?

Di dalam dua surga ini terdapat dua mata air yang mengalir, Maka kenikmatan mana yang Tuhan kalian berikan, yang kalian ingkari wahai jin dan manusia? Dan setiap buah-buahan yang ada di dalam dua surga ini memiliki dua jenis. Maka kenikmatan mana yang Tuhan kalian berikan, yang kalian ingkari wahai jin dan manusia?


Abdullah bin Qais meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: “Dua surga yang wadah-wadah dan segala yang ada di dalamnya terbuat dari perak; dan dua surga yang wadah-wadah dan segala yang ada di dalamnya terbuat dari emas. Dan yang menghalangi para penghuni surga ‘Adn dari melihat Tuhan mereka adalah selendang kebesaran yang ada di wajah-Nya.”

(Shahih al-Bukhari 8/491, kitab tafsir, bab [ومن دونهما جنتان] no. 3878. Dan shahih Muslim, kitab iman, bab penegasan tentang perkara orang-orang beriman yang dapat menatap Tuhan mereka di akhirat, no. 180).


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

46. Dan bagi orang yang takut beridiri di hadapan Rabbnya di Akhirat sehingga ia beriman dan melakukan amal saleh ada dua Surga.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

44. يَطُوفُونَ بَيْنَهَا (Mereka berkeliling di antaranya)
Yakni di antara Jahannam, sehingga mereka terbakar.

وَبَيْنَ حَمِيمٍ ءَانٍ(dan di antara air mendidih yang memuncak panasnya)
Maka air itu dituangkan ke wajah mereka.
Makna (الحميم) adalah air yang panas. Dan (الآني) adalah air yang dipuncak titik didihnya.


📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Salah seorang teman berkata: Berapa banyak dosa dalam kesunyian aku dicegah oleh firman Allah ta'ala : { وَلِمَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِۦ جَنَّتَانِ } "Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga", satu ayat yang mencukupi dari banyak nasihat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

46. Bagi orang yang takut terhadap hisab Tuhannya di tempat penghisaban itu dengan menaati perintah-perintahNya dan menjauhi kemaksiatan, maka ada dua surga yang disediakan Allah SWT.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Bagi siapa saja yang takut pada keagungan Tuhannya} takut di hadapan Tuhannya untuk dihisab, sehingga dia melaksanakan kewajiban-kewajiban dari Allah dan menjauhi hal-hal yang diharamkanNya {disediakan dua surga


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

46-47. Maksudnya, orang yang takut kepada Rabbnya dan takut saat akan menghadap kepadaNya, sehingga dengan itu dia meninggalkan apa yang dilarang Allah dan menunaikan apa yang diperintahkanNya, maka baginya “ada dua surga” yang terbuat dari emas, berupa bejana-bejana, perhiasan dan bangunan maupun segala sesuatu yang ada di dalam keduanya. Salah satu surga adalah sebagai balasan meninggalkan larangan-larangan, sedangkan surga yang lain adalah sebagai balasan melakukan ketaatan-ketaatan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 46-53
Ayat ini bersifat umum, sebagaimana yang dikatakan Ibnu Abbas dan lainnya. Allah SWT berfirman: (Dan bagi orang yang takut saat akan menghadap Tuhannya) yaitu di hadapan Allah SWT pada hari kiamat (dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya) (Surah An-Nazi'at: 40) Dia tidak mengikutkan hawa nafsunya dan tidak memilih kehidupan dunia, dan dia mengetahui bahwa akhirat itu lebih baik dan lebih kekal. Jadi dia menunaikan hal-hal yang difardhukan Allah dan menjauhi hal-hal yang diharamkan baginya, maka baginya pada hari kiamat di sisi Tuhannya ada dua surga. Sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Bukhari dari Abu Bakr bin Abdullah bin Qais dari ayahnya bahwa Rasulallah SAW bersabda,”Dua surga yang semua wadah-wadahan dan segala sesuatunya dari perak, dan dua surga yang semua wadah-wadahan dan segala sesuatunya dari emas”
Kemudian Allah SWT menggambarkan sifat kedua surga itu, lalu Allah SWT berfirman: (kedua surga itu mempunyai aneka pepohonan dan buah-buahan)
Qatadah tentang firmanNya: (kedua surga itu mempunyai aneka pepohonan dan buah-buahan) yaitu keluasan, keutamaan, dan keistimewaannya yang melebihi lainnya.
(Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir (50)) yaitu yang mengalir untuk mengairi pohon-pohon dan dahan-dahan itu sehingga dapat membuahkan beragam buah-buahan (Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (51))
Oleh karena itu Allah SWT berfirman: (Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan (52)) yaitu dari segala macam buah-buahan yang mereka ketahui dan yang terbaik dari apa yang pernah mereka ketahui, serta kenikmatan lainnya yang belum pernah terlihat mata, terdengar telinga, dan terbesit dalam hati seorang manusiapun (Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (53))


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rahman ayat 46: Allah menyebutkan nikmat di akhirat bagi orang-orang yang beriman, Allah mengabarkan bahwa mereka adalah orang yang takut kepada Allah, dan takut akan hari perhitungan, yang Allah akan menghisab mereka; Maka mereka adalah orang-orang yang memiliki dua surga.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni berdiri di hadapan-Nya untuk dihisab.

Yakni bagi orang yang takut kepada Tuhannya dan takut berhadapan dengan-Nya, dimana hal itu membuatnya mengerjakan perintah dan menjauhi larangan, maka dia memperoleh dua surga. Menurut Syaikh As Sa’diy, dia akan mendapatkan dua surga dari emas, baik bejana, perhiasan, bangunan dan apa yang ada di sana (dari emas); surga yang satu sebagai balasan karena meninggalkan larangan, sedangkan surga yang satu lagi karena mengerjakan ketaatan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rahman Ayat 46

46-47. Selain menyediakan siksa bagi pendurhaka, Allah juga menjanjikan pahala bagi orang yang bertakwa. Dan bagi siapa yang takut akan keagungan dan kekuasaan-Nya pada saat menghadap tuhannya sehingga ia terdorong untuk beramal saleh, baginya ada dua surga. Maka, wahai manusia dan jin, nikmat tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan'46-47


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikianlah sekumpulan penjelasan dari berbagai ahli ilmu terhadap isi dan arti surat Ar-Rahman ayat 46 (arab-latin dan artinya), moga-moga menambah kebaikan untuk kita bersama. Sokonglah dakwah kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Paling Banyak Dicari

Telaah berbagai konten yang paling banyak dicari, seperti surat/ayat: At-Talaq 3, Al-Baqarah 255, Ali ‘Imran 173, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, An-Nahl, Luqman 12. Juga Yusuf 87, Al-Kautsar 2, Al-Baqarah 156, Az-Zalzalah 7-8, An-Nahl 97, At-Taubah 103.

  1. At-Talaq 3
  2. Al-Baqarah 255
  3. Ali ‘Imran 173
  4. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  5. An-Nahl
  6. Luqman 12
  7. Yusuf 87
  8. Al-Kautsar 2
  9. Al-Baqarah 156
  10. Az-Zalzalah 7-8
  11. An-Nahl 97
  12. At-Taubah 103

Pencarian: qs 2 ayat 168, surat al imran ayat 190 dan 191, an naba ayat 35, al furqon ayat 30, surat as syamsi dan artinya

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: