Daftar Isi > Ar-Rahman > Ar-Rahman 2

Surat Ar-Rahman Ayat 2

عَلَّمَ ٱلْقُرْءَانَ

Arab-Latin: 'allamal-qur`ān

Artinya: Yang telah mengajarkan al Quran.

« Ar-Rahman 1Ar-Rahman 3 »

GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Pelajaran Menarik Tentang Surat Ar-Rahman Ayat 2

Paragraf di atas merupakan Surat Ar-Rahman Ayat 2 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada berbagai pelajaran menarik dari ayat ini. Terdokumentasikan beberapa penafsiran dari beragam ahli ilmu terhadap kandungan surat Ar-Rahman ayat 2, misalnya seperti tertera:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

1-2. Allah Yang Maha Pengasih, Yang mengajari manusia al-Quran dengan memudahkan membaca dan menghafalnya serta memahami makna-maknanya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

2. Yang telah mengajarkan Al-Qur`ān kepada manusia dengan memudahkannya untuk dihafal dan memudahkan pemahaman makna-maknanya.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

1-2. Allah SWT adalah Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Pemberi Nikmat dengan keagungan-keagungan nikmat dunia dan akhirat. Dzat yang mengajarkan rasulNya Al-Qur’an dengan memberinya wahyu untuk disampaikan kepada manusia.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Telah mengajarkan Al-Qur’an


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H


2. Allah menyebutkan (dalam ayat ini) bahwa Dia “telah mengajarkan al-Quran,” yakni mengajarkan para hambaNya lafazh-lafazh dan makna al-Quran serta memudahkannya untuk mereka. Hal ini merupakan karunia teragung dan kasih sayang yang Dia anugerahkan kepada hamba-hambaNya, di mana Dia telah menurunkan al-Quran berbahasa Arab dengan lafazh paling indah dan makna paling jelas, yang mencakup segala bentuk kebaikan dan mencegah dari segala kejahatan.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ar-Rahman ayat 2: Kemudian Allah menyebutkan sejumlah nikmat atas hambanya, dan memulai dengan menyebutkan sebesar-besar kenikmatan yaitu Al Qur’an; Allah menyebutkan telah memberi pengajaran kepada Nabi untuk membaca ayat; Dimana Jibril yang mengajarkan secara langsung kepada Rasul ﷺ Al Qur’an atas perintah Allah, kemudian Rasul mengajarkan kepada umatnya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan, bahwa Dia telah mengajarkan Al Qur’an, yakni Dia telah mengajarkan lafaz dan maknanya serta memudahkannya kepada hamba-hamba-Nya. Ini adalah nikmat dan rahmat yang paling besar yang Allah limpahkan kepada hamba-hamba-Nya, dimana Dia menurunkan kepada mereka Al Qur’an berbahasa Arab dengan lafaz dan keterangan yang paling baik yang mengandung semua kebaikan dan melarang semua keburukan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ar-Rahman Ayat 2

Allah menyebut rahmat-Nya yang paling agung. Dialah tuhan yang telah mengajarkan Al-Qur'an kepada siapa saja yang dia kehendaki. 3-4. Dia juga yang menciptakan manusia, makhluk yang paling memerlukan tuntunan-Nya, dan kemudian mengajarnya pandai berbicara untuk mengungkapkan ide dalam benaknya.


GRATIS! Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah aneka ragam penjelasan dari banyak ahli ilmu berkaitan makna dan arti surat Ar-Rahman ayat 2 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat bagi ummat. Bantu perjuangan kami dengan mencantumkan backlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Dapatkan pahala jariyah dengan mengajak membaca al-Qur'an dan tafsirnya. Plus dapatkan bonus buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" secara 100% free, 100% gratis

Rahasia Rezeki Berlimpah

Caranya, salin text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Alhamdulillaah, kini semakin mudah membaca Al-Quran dengan tafsirnya. Tinggal klik link yang berwarna biru, pilih surat dan ayat yg mau dibaca, maka akan keluar tafsir lengkapnya.
 
*Klik » tafsirweb.com/start*
 
Dapatkan pahala jariyah dengan share info berharga ini

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol "Dapatkan Bonus" di bawah: