Quran Surat Ar-Rahman Ayat 2

عَلَّمَ ٱلْقُرْءَانَ

Arab-Latin: 'allamal-qur`ān

Terjemah Arti: Yang telah mengajarkan al Quran.

Tafsir Quran Surat Ar-Rahman Ayat 2

1-2. Allah Yang Maha Pengasih, Yang mengajari manusia al-Quran dengan memudahkan membaca dan menghafalnya serta memahami makna-maknanya.

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

2. Yang telah mengajarkan Al-Qur`ān kepada manusia dengan memudahkannya untuk dihafal dan memudahkan pemahaman makna-maknanya.

📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

1-2. Allah SWT adalah Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Pemberi Nikmat dengan keagungan-keagungan nikmat dunia dan akhirat. Dzat yang mengajarkan rasulNya Al-Qur’an dengan memberinya wahyu untuk disampaikan kepada manusia.

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

Kemudian Allah menyebutkan sejumlah nikmat atas hambanya, dan memulai dengan menyebutkan sebesar-besar kenikmatan yaitu Al Qur’an; Allah menyebutkan telah memberi pengajaran kepada Nabi untuk membaca ayat; Dimana Jibril yang mengajarkan secara langsung kepada Rasul ﷺ Al Qur’an atas perintah Allah, kemudian Rasul mengajarkan kepada umatnya.

📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi


2. Allah menyebutkan (dalam ayat ini) bahwa Dia “telah mengajarkan al-Quran,” yakni mengajarkan para hambaNya lafazh-lafazh dan makna al-Quran serta memudahkannya untuk mereka. Hal ini merupakan karunia teragung dan kasih sayang yang Dia anugerahkan kepada hamba-hambaNya, di mana Dia telah menurunkan al-Quran berbahasa Arab dengan lafazh paling indah dan makna paling jelas, yang mencakup segala bentuk kebaikan dan mencegah dari segala kejahatan.

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan, bahwa Dia telah mengajarkan Al Qur’an, yakni Dia telah mengajarkan lafaz dan maknanya serta memudahkannya kepada hamba-hamba-Nya. Ini adalah nikmat dan rahmat yang paling besar yang Allah limpahkan kepada hamba-hamba-Nya, dimana Dia menurunkan kepada mereka Al Qur’an berbahasa Arab dengan lafaz dan keterangan yang paling baik yang mengandung semua kebaikan dan melarang semua keburukan.

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah menyebut rahmat-Nya yang paling agung. Dialah tuhan yang telah mengajarkan Al-Qur'an kepada siapa saja yang dia kehendaki. 3-4. Dia juga yang menciptakan manusia, makhluk yang paling memerlukan tuntunan-Nya, dan kemudian mengajarnya pandai berbicara untuk mengungkapkan ide dalam benaknya.

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI

Terkait: « | »

Kategori: 055. Ar-Rahman