Surat Al-Qamar Ayat 51

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽูƒู’ู†ูŽุงู“ ุฃูŽุดู’ูŠูŽุงุนูŽูƒูู…ู’ ููŽู‡ูŽู„ู’ ู…ูู† ู…ู‘ูุฏู‘ูŽูƒูุฑู

Arab-Latin: Wa laqad ahlaknฤ asy-yฤ'akum fa hal mim muddakir

Artinya: Dan sesungguhnya telah Kami binasakan orang yang serupa dengan kamu. Maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?

ยซ Al-Qamar 50 โœต Al-Qamar 52 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Mendalam Terkait Surat Al-Qamar Ayat 51

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qamar Ayat 51 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir mendalam dari ayat ini. Didapatkan bermacam penafsiran dari kalangan ahli tafsir mengenai kandungan surat Al-Qamar ayat 51, misalnya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sungguh Kami telah membinasakan orang-orang yang seperti mereka dalam kekafiran dari umat-umat yang telah berlalu. Apakah ada orang yang mengambil pelajaran dari apa yang menimpa mereka berupa azab dan hukuman?


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

51-53. Sungguh Kami telah membinasakan orang-orang kafir seperti kalian yang ada di umat-umat terdahulu; maka adakah orang yang hendak mengambil pelajaran dari mereka?

Dan segala perbuatan mereka, baik itu yang baik atau yang buruk, yang besar maupun yang kecil, telah tercatat dalam kitab catatan amalan mereka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

51. Dan sungguh telah Kami hancurkan orang-orang seperti kalian dalam kekufuran dari umat-umat yang terdahulu, adakah orang yang mengambil pelajaran dari hal itu dan meninggalkan kekufurannya?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

51. ูˆูŽู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽูƒู’ู†ูŽุข ุฃูŽุดู’ูŠูŽุงุนูŽูƒูู…ู’ (Dan sesungguhnya telah Kami binasakan orang yang serupa dengan kamu)
Yakni orang-orang dari umat terdahulu yang serupa dengan kalian dalam kekafiran hai orang-orang Quraisy. Pendapat lain mengatakan yang dimaksud adalah Kami telah membinasakan para pengikut dan penolong kalian.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

51. Sunggah kami telah menghancurkan orang-orang yang menyeru[ai kalian kekufurannya dari golongan umat-umat terdahulu. Apakah ada (dari kalian) yang mengingat dan mempelajarinya?! Istifham tersebut bermakna perintah. Ingatlah dan pelajarilah nasehat-nasehat itu.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Sungguh Kami benar-benar telah membinasakan orang yang serupa dengan kalian} orang-orang yang menyerupai kalian dalam kekufuran dari golongan umat-umat terdahulu {Maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

51. โ€œDan sungguh telah Kami binasakan orang yang serupa dengan kamu,โ€ dari kalangan umat-umat sebelum kalian yang mengetahui seperti halnya kalian dan mendustakan seperti halnya kalian, โ€œmaka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?โ€ orang yang mau mengambil pelajaran yang mengetahui sunnatullah dalam membinasakan orang-orang buruk, karena mereka itu sama, tidak ada perbedaan antara kedua golongan tersebut.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 47-55
Allah SWT memberitahukan kepada kami tentang orang-orang yang berdosa, bahwa mereka tersesat dari kebenaran dan tenggelam dalam keragu-raguan, kebimbangan, dan kekacauan dalam pikirannya. Hal ini dialami oleh setiap orang yang disifati dengan sifat itu dari kalangan orang-orang kafir, ahli bid'ah, dan semua golongan yang tersesat. Kemudian Allah SWT berfirman: ((Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka pada wajahnya) yaitu sebagaimana mereka berada dalam kegelapan, keragu-raguan, dan kebimbangan, maka mereka mendapat balasan neraka; dan sebagaimana mereka tersesat, maka mereka diseret masuk ke dalam neraka di atas wajah mereka. Mereka tidak mengetahui kemanakah mereka dibawa, dan dikatakan kepada mereka dengan maksud mengecam dan mencemooh: (Rasakanlah sentuhan api neraka!)
Firman Allah SWT: (Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran (49)) sebagaimana firmanNya: (dan Dia menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya) (Surah Al-Furqan) dan (Sucikanlah nama Tuhanmu Yang Maha Tinggi (1) yang menciptakan dan yang menyempurnakan (penciptaanNya) (2) dan yang menentukan kadar (masing-masing) dan memberi petunjuk (3)) (Surah Al-A'la) yaitu Dia telah menentukan takaran dan memberi petunjuk kepada semua makhlukNya
Firman Allah SWT: (Dan perintah Kami hanyalah satu perkataan seperti kejapan mata (50)) Ini merupakan pemberitahuan tentang berlangsungnya kehendak Allah terยญhadap makhlukNya. Sebagaimana Kami beritahukan bahwa takdirยญNya berlangsung terhadap mereka. Maka Allah SWT berfirman: (Dan perintah Kami hanyalah satu perkataan) yaitu sesungguhnya Kami hanya memerlukan satu perintah saja, tanpa perlu menegaskan untuk kedua kalinya. Maka apa yang Kami perintahkan untuk ada itu pasti ada dan terjadi seperti kejapan mata, tanpa ada tenggang waktu sedikit pun.
Firman Allah SWT: (Dan sesungguhnya telah Kami binasakan orang yang serupa dengan kamu) yaitu orang-orang yang serupa dengan kalian dari kalangan umat-umat terdahulu yang mendustakan para rasul (Maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?) yaitu apakah ada orang yang mengambil pelajaran dari kehinaan yang ditimpakan kepada mereka dan azab yang telah ditakdirkan Allah kepada mereka. Sebagaimana Allah SWT berfirman: (Dan dihalangi antara mereka dengan apa yang mereka inginkan sebagaimana yang dilakukan terhadap orang-orang yang serupa dengan mereka pada masa dahulu) (Surah Saba: 54)
Firman Allah SWT (Dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan (52)) yaitu, telah tercatat atas mereka dalam kitab-kitab yang ada di tangan para malaikat (Dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar) dari amal perbuatan mereka (adalah tertulis) yaitu dikumpulkan bagi mereka dan telah dituliskan dalam lembaran-lembaran mereka, tanpa ada yang terlewatkan; baik yang kecil maupun yang besar, semuanya telah dihitung.
Firman Allah SWT: (Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu di dalam taman-taman dan sungai-sungai (54)) yaitu berkebalikan dengan keadaan orang-orang yang celaka karena kesesatan dan kegilaan mereka, mereka diseret ke dalam neraka di atas wajah mereka dengan diiringi cemoohan, kecaman dan ancaman.
Firman SWT: (di tempat yang disenangi) yaitu di rumah kemuliaan, keridhaan, karunia, anugerah dan kebaikan Allah (di sisi Tuhan Yang Berkuasa) yaitu di sisi Tuhan Maha Merajai lagi Maha Agung dan Maha Pencipta segala sesuatu dan yang menentukan ukuran-ukurannya. Dia Maha Kuasa atas semua yang Dia kehendaki dari apa yang mereka inginkan dan butuhkan


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qamar ayat 51: Ketahuilah wahai orang-orang Quraisy bahwa Kami membinasakan yang semisal dengan kalian dari orang-orang yang mendustakan para Nabi mereka dari umat-umat tedahulu, dan memusnahkan dari akar-akarnya sebagaiamana sunnah Kami pada kaum-kaum semisal mereka, dengan adzab yang keras dan dengan beraneka ragam wasilah; Apakah kalian pada kaum-kaum ini tidak mengambil pelajaran ?


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Sehingga dia mengetahui bahwa Sunnatullah pada generasi terdahulu maupun yang akan datang adalah sama dan bahwa hikmah-Nya sebagaimana menghendaki untuk membinasakan orang-orang yang buruk itu, maka sama pula kepada mereka yang buruk yang serupa dengan generasi sebelum mereka.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qamar Ayat 51

Azab atas kaum-kaum terdahulu membuktikan betapa Allah mahakuasa. Dan sungguh, telah kami binasakan orang yang kekafirannya serupa dengan kamu, wahai kaum musyrik mekah. Maka, adakah di antara kamu orang yang mau mengambil pelajaran dari peristiwa-peristiwa itu'52-53. Kami juga mengetahui apa saja yang berkaitan dengan mereka. Dan untuk membuktikan perilaku mereka, segala sesuatu yang telah mereka perbuat kapan dan di mana pun tercatat dengan rinci oleh malaikat kami dalam buku-buku catatan. Dan di samping itu, segala sesuatu baik yang kecil dan remeh maupun yang besar dan penting tertulis di sana dengan rinci.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penjelasan dari banyak mufassirun terkait kandungan dan arti surat Al-Qamar ayat 51 (arab-latin dan artinya), semoga berfaidah bagi kita bersama. Sokonglah dakwah kami dengan mencantumkan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Banyak Dikunjungi

Tersedia berbagai halaman yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Luqman 12, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, Al-Baqarah 255, An-Nahl 97, At-Taubah 103, Yusuf 87. Ada juga Al-Baqarah 156, An-Nahl, At-Talaq 3, Az-Zalzalah 7-8, Al-Kautsar 2, Ali ‘Imran 173.

  1. Luqman 12
  2. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  3. Al-Baqarah 255
  4. An-Nahl 97
  5. At-Taubah 103
  6. Yusuf 87
  7. Al-Baqarah 156
  8. An-Nahl
  9. At-Talaq 3
  10. Az-Zalzalah 7-8
  11. Al-Kautsar 2
  12. Ali ‘Imran 173

Pencarian: surat tentang penciptaan manusia, ayat pertama surah al kahfi, al muthaffifin memiliki arti, arti al baqarah adalah, isi kandungan surat an-nahl ayat 43 brainly

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: