Surat Al-Qamar Ayat 19

إِنَّآ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ رِيحًا صَرْصَرًا فِى يَوْمِ نَحْسٍ مُّسْتَمِرٍّ

Arab-Latin: Innā arsalnā 'alaihim rīḥan ṣarṣaran fī yaumi naḥsim mustamirr

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menghembuskan kepada mereka angin yang sangat kencang pada hari nahas yang terus menerus,

« Al-Qamar 18Al-Qamar 20 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Berkaitan Dengan Surat Al-Qamar Ayat 19

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Qamar Ayat 19 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam tafsir penting dari ayat ini. Didapatkan beragam penjelasan dari banyak mufassirun berkaitan makna surat Al-Qamar ayat 19, sebagiannya sebagaimana termaktub:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

19-20. Sesungguhnya Kami mengutus kepada mereka angin yang sangat dingin di hari kesialan bagi mereka yang membawa azab dan kebinasaan. Angin itu menerbangkan mereka dari bumi, lalu mencampakkan mereka tersungkur dengan leher patah dan terpenggal dari tubuh mereka, ia meninggalkan mereka seperti batang pohon kurma yang terpisah dari pangkalnya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

19. Sesungguhnya Kami mengirimkan angin yang keras dan dingin pada hari nahas dan sial mereka yang terus menerus bersama mereka hingga mereka masuk ke dalam Neraka.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

19. إِنَّآ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ رِيحًا صَرْصَرًا (Sesungguhnya Kami telah menghembuskan kepada mereka angin yang sangat kencang)
Yakni angin yang sangat dingin. Pendapat lain mengatakan yakni angin yang bersuara kencang.

فِى يَوْمِ نَحْسٍ مُّسْتَمِرٍّ (pada hari nahas yang terus menerus)
Yakni selalu membawa keburukan bagi mereka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

19. Sesungguhnya kami perintahkan angin yang sangat kencang suaranya dan sangat dingin untuk kaum ‘Aad di hari kemalangan (mereka, dan selamanya menjadi hari kemalangan bagi mereka sampai mereka semuanya dibinasakan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya Kami telah mengirimkan kepada mereka angin yang sangat kencang} yang sangat dingin {pada hari nahas} hari yang sangat buruk dan sial {yang terus-menerus} yang terus-menerus


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

18-19. ‘Ad adalah kabilah terkenal di Yaman, Allah mengutus Nabi Hud kepada mereka yang menyerukan mereka untuk mengesakan dan menyembah Allah, mereka mendustakannya, kemudian Allah mengutus “angin yang sangat kencang,” yaitu sangat kuat, “pada hari nahas,” yakni kerasnya siksaan dan penderitaan begitu dahsyat menimpa mereka “yang terus menerus,” selama tujuh malam delapan hari berturut-turut.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 18-22
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang kaum 'Ad, yaitu kaum nabi Hud. Mereka juga mendustakan rasulNya, sebagaimana yang dilakukan kaum nabi Nuh, dan bahwa Allah SWT menimpakan kepada mereka (angin yang sangat kencang) yaitu angin yang kencang dan sangat dingin (pada hari nahas) yaitu menimpa mereka, Pendapat ini dikatakan Adh-Dhahhak, Qatadah, dan As-Suddi. (yang terus-menerus) ditimpakan atas mereka yang membinasakan dan menghancurkan mereka, karena hari itu merupakan hari azab dunia bagi mereka yang langsung berhubungan dengan azab akhirat.
Firman Allah: (yang menggelimpangkan manusia seakan-akan mereka pokok kurma yang tumbang (20)) Demikian itu karena angin menimpa seseorang dari mereka, lalu menerbangkan dia sehingga tidak terlihat lagi, kemudian dijatuhkannya dengan kepala di tanah, sehingga hancurlah kepalanya dan yang tersisa hanyalah tubuhnya saja tanpa kepala. Oleh karena itu Allah berfirman: (seakan-akan mereka pokok kurma yang tumbang (20) Maka betapa dahsyatnya azab-Ku dan ancaman-ancaman-Ku (21) Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (22))


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Qamar ayat 19: Allah menjelaskan bahwa Allah membinasakan mereka dengan mengutus angin yang sangat dingin. Pada hari yang keras dengan adzab dan keburukan bagi mereka terus menerus dan kebinasaan.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Qamar Ayat 19

Sebagai hukuman atas keingkaran kaum 'ad, sesungguhnya kami telah mengembuskan angin yang sangat kencang kepada mereka pada hari yang mereka anggap sebagai hari nahas. Embusan yang tidak ada bandingannya itu terjadi secara terus-menerus. 20-21. Allah mengembuskan angin mahadahsyat yang membuat manusia durhaka itu bergelimpangan seakan-akan mereka bagaikan pohon-pohon kurma yang tumbang dengan akar-akarnya. Maka perhatikanlah betapa dahsyatnya azab-ku dan peringatan-ku kepada orang-orang yang ingkar dan durhaka.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikianlah pelbagai penjelasan dari kalangan ulama berkaitan kandungan dan arti surat Al-Qamar ayat 19 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi kita bersama. Bantulah perjuangan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Artikel Cukup Banyak Dibaca

Kaji banyak konten yang cukup banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 255, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, Al-Kautsar 2, Az-Zalzalah 7-8, At-Taubah 103, An-Nahl 97. Juga An-Nahl, Al-Baqarah 156, At-Talaq 3, Yusuf 87, Luqman 12, Ali ‘Imran 173.

  1. Al-Baqarah 255
  2. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  3. Al-Kautsar 2
  4. Az-Zalzalah 7-8
  5. At-Taubah 103
  6. An-Nahl 97
  7. An-Nahl
  8. Al-Baqarah 156
  9. At-Talaq 3
  10. Yusuf 87
  11. Luqman 12
  12. Ali ‘Imran 173

Pencarian: qs 9:29, alif lam mim dan terjemahan, surat anisa ayat 34, wah tila fil laili wan nahaari artinya, mal qori'ah artinya

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: