Surat At-Tur Ayat 17

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنَّ ٱلْمُتَّقِينَ فِى جَنَّٰتٍ وَنَعِيمٍ

Arab-Latin: Innal-muttaqīna fī jannātiw wa na'īm

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam surga dan kenikmatan,

« At-Tur 16At-Tur 18 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Hikmah Menarik Terkait Dengan Surat At-Tur Ayat 17

Paragraf di atas merupakan Surat At-Tur Ayat 17 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beberapa hikmah menarik dari ayat ini. Diketemukan beberapa penafsiran dari banyak ulama mengenai makna surat At-Tur ayat 17, antara lain seperti di bawah ini:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

17-18. Sesungguhnya orang-orang bertakwa berada dalam surga-surga dan kenikmatan yang besar. Mereka menikmati apa yang Allah berikan kepada mereka dari berbagai bentuk kesenangan, dan Allah menyelamatkan mereka dari azab api neraka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

17-20. Allah memberi kabar gembira bagi orang-orang bertakwa yang takut kepada Allah dan mentaati-Nya, yaitu berupa kedudukan yang mulia di dalam surga yang penuh dengan kenikmatan yang dijanjikan bagi mereka. Mereka akan menikmati rezeki yang besar yang Allah berikan, dan Allah akan menyelamatkan mereka dari azab neraka Jahannam.

Akan dikatakan kepada mereka: “Makan dan minumlah segala makanan lezat dan minuman nikmat yang kalian inginkan, sebagai balasan atas ketaatan yang telah kalian kerjakan.” Mereka akan bersandar berhadap-hadapan di atas dipan-dipan, dan Kami akan menikahkan mereka dengan wanita-wanita cantik menawan yang memiliki mata yang indah.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

17. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa kepada Rabb mereka -dengan menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya- berada di surga-surga dan kenikmatan yang agung, tidak pernah berhenti.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

17. Sesungguhnya orang-orang yang menjalankan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-laranganNya itu berada di surga-surga dan kenikmatan yang berkelanjutan di akhirat.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam surga dan kenikmatan


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

17. Setelah Allah menyebutkan hukuman bagi orang-orang yang zhalim, selanjutnya Allah menyebutkan kenikmatan orang-orang yang bertakwa supaya terangkum antara berita gembira dan ancaman sehingga hati manusia akan berada di antara rasa takut dan pengharapan. Allah berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa,” yakni, kepada Rabb mereka, mereka yang takut akan murka dan azabNya yang mengerjakan sebab-sebabnya dengan mengerjakan segala perintah dan menjauhi segala laranganNya, “berada dalam surga” yakni, taman-taman yang di dalamnya terdapat pohon rindang, sungai dengan air yang memancar, istana yang dikelilingi taman dan rumah yang dihiasi “dan kenikmatan,” yang mencakup kenikmatan hati, ruh, dan raga.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 17-20
Allah SWT memberitahukan keadaan orang-orang yang berbahagia. Maka Allah berfirman: (Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam surga dan kenikmatan (17)) Demikian itu kebalikan dari orang-orang yang berada dalam azab dan siksaan di neraka (mereka bersuka ria dengan apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka) yaitu mereka bersenang-senang dengan kenikmatan yang diberikan Allah SWT kepada mereka berupa berbagai nikmat yaitu makanan, minuman, pakaian, tempat-tempat tinggal, kendaraan-kendaraan, dan lainnya (dan Tuhan mereka memelihara mereka dari azab neraka) yaitu Allah SWT telah menyelamatkan mereka dari azab neraka, dan itu merupakan nikmat tersendiri selain dari nikmat lainnya, yaitu Dia memasukkan mereka ke dalam surga yang di dalamnya terdapat kenikmatan yang belum pernah terlihat mata, terdengar telinga, dan terbesit dalam hati manusia.
Firman Allah SWT: ((Dikatakan kepada mereka), "Makan dan minumlah dengan enak sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan” (19)) sebagaimana firmanNya SWT: ((kepada mereka dikatakan).”Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu” (24)) (Surah Al-Haqqah) yaitu hal itu merupakan karunia dan kebaikanNya.
Firman Allah SWT: (mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan) Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa yang dimaksud adalah dipan-dipan yang mempunyai kelambu.
Firman Allah: (berderet-deretan) yaitu wajah sebagian dari mereka berhadapan dengan sebagian lain, sebagaimana firmanNya: (di atas tahta-tahta kebesaran berhadap-hadapan) (Surah Al-Hijr: 44)
(dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli) yaitu Kami menjadikan bagi mereka pendamping-pendamping yang shalihah dan istri-istri yang cantik-cantik dari bidadari yang bermata jeli.
Mujahid berkata tentang firmanNya: (dan Kami kawinkan mereka) yaitu Kami nikahkan mereka dengan bidadari yang bermata jeli.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Tur ayat 17: 17-18. Ketika Allah telah jelaskan keadaan orang-orang yang berdosa, Allah menyebutkan keadaan orang-orang yang beriman yang bertakwa, yang mereka adalah orang-orang yang bertakwa ketika di dunia dengan mengerjakan perintah-perintah dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Dimana Allah juga mengabarkan balasan bagi mereka dengan surga, yang mereka menikmati apa yang ada di dalamnya. Kemudian Allah mengabarkan keadaan mereka yang berlezat-lezat dan menikmati apa yang Allah berikan kepada mereka, yang mereka belum pernah melihat sebelumnya, belum pernah mendengar dan belum pernah terbesit dalam hati manusia. Mereka semua bergembira karena Allah jadikan mereka orang-orang yang berhasil lolos dari adzab Allah.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Ketika Allah Subhaanahu wa Ta'aala menyebutkan hukuman orang-orang yang mendustakan, maka Dia menyebutkan nikmat yang diberikan-Nya kepada orang-orang yang bertakwa agar berkumpul antara targhib dan tarhib, rasa cemas dan harap.

Kepada Tuhan mereka; menjaga diri dari kemurkaan dan azab-Nya dengan mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Jannat bisa diartikan kebun-kebun yang penuh dengan pohon-pohon yang lebat, sungai yang memancar, istana-istana dan tempat-tempat yang indah.

Baik bagi hati, ruh maupun badan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Tur Ayat 17

Beralih dari penjelasan tentang azab bagi para pengingkar ayat-ayat Allah, pada ayat-ayat berikut Allah menjelaskan kenikmatan bagi mereka yang bertakwa. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa dan terus beribadah serta melakukan kebajikan, mereka itu berada dalam surga yang indah dan penuh kenikmatan ukhrawi yang tidak terlukiskan. 18. Di surga itu mereka selalu bersuka ria dan berbahagia dengan apa yang diberikan tuhan yang maha pengasih kepada mereka; dan selain itu, tuhan yang maha pemberi senantiasa memelihara mereka dari azab neraka yang panas dan pedihnya tidak terkira.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penjabaran dari kalangan mufassirun mengenai kandungan dan arti surat At-Tur ayat 17 (arab-latin dan artinya), moga-moga bermanfaat untuk kita semua. Sokong kemajuan kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Sering Dilihat

Ada berbagai konten yang sering dilihat, seperti surat/ayat: At-Talaq 3, An-Nahl 97, Luqman 12, Yusuf 87, Al-Baqarah 255, An-Nahl. Ada juga Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, Ali ‘Imran 173, Al-Kautsar 2, Al-Baqarah 156, At-Taubah 103, Az-Zalzalah 7-8.

  1. At-Talaq 3
  2. An-Nahl 97
  3. Luqman 12
  4. Yusuf 87
  5. Al-Baqarah 255
  6. An-Nahl
  7. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  8. Ali ‘Imran 173
  9. Al-Kautsar 2
  10. Al-Baqarah 156
  11. At-Taubah 103
  12. Az-Zalzalah 7-8

Pencarian: an najm 40, an aba, surah albaqarah ayat 283, yunus 12, laqod ja akum rasulun

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: