Surat At-Tur Ayat 18

فَٰكِهِينَ بِمَآ ءَاتَىٰهُمْ رَبُّهُمْ وَوَقَىٰهُمْ رَبُّهُمْ عَذَابَ ٱلْجَحِيمِ

Arab-Latin: Fākihīna bimā ātāhum rabbuhum, wa waqāhum rabbuhum 'ażābal-jaḥīm

Artinya: Mereka bersuka ria dengan apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka; dan Tuhan mereka memelihara mereka dari azab neraka.

« At-Tur 17At-Tur 19 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Kandungan Berharga Mengenai Surat At-Tur Ayat 18

Paragraf di atas merupakan Surat At-Tur Ayat 18 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam kandungan berharga dari ayat ini. Didapati bermacam penafsiran dari banyak ulama tafsir berkaitan isi surat At-Tur ayat 18, antara lain seperti terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

17-18. Sesungguhnya orang-orang bertakwa berada dalam surga-surga dan kenikmatan yang besar. Mereka menikmati apa yang Allah berikan kepada mereka dari berbagai bentuk kesenangan, dan Allah menyelamatkan mereka dari azab api neraka.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

18. Mereka bersuka ria dengan apa yang diberikan Rabb mereka kepada mereka berupa segala kenikmatan makanan, minuman dan hubungan intim, dan Rabb mereka menjaga mereka dari siksa Neraka dan mereka beruntung dengan mendapatkan kesenangan-kesenangan yang mereka inginkan dan terjaga dari hal-hal yang merusaknya.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

18. فٰكِهِينَ بِمَآ ءَاتَىٰهُمْ رَبُّهُمْ (mereka bersuka ria dengan apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka)
Yakni mereka di surga memiliki buah-buahan surga. Dan pendapat lain mengatakan yakni mereka memiliki kenikmatan yang diberikan Allah kepada mereka, yang tidak pernah dilihat, didengar, atau terbesit dalam hati seseorang.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

18. Mereka menikmati apa yang diberikan Tuhan untuk mereka berupa kenikmatan di surga. Mereka dijauhkan dan dijaga oleh Tuhan mereka dari azab neraka


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Mereka bersenang-senang} mereka menikmati dan bersenang-senang {dengan apa yang dianugerahkan kepada mereka} yang diberikan kepada mereka {oleh Tuhan mereka. Tuhan menjaga mereka dari azab neraka Jahim


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

18. “Mereka bersuka ria dengan apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka.” Artinya mereka merasa takjub terhadap semua pemberian Rabb seraya menikmatinya dengan gembira dan suka cita terhadap kenikmatan yang diberikan yang tidak mungkin bisa digambarkan
“Dan Rabb mereka memelihara mereka dari azab neraka.” Mereka diberi apa-apa yang disenangi dan diselamatkan dari apa-apa yang ditakuti, karena mereka mengerjakan yang dicintaai Allah dan menjauhi perbuatan yang bisa mendatangkan murkaNya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 17-20
Allah SWT memberitahukan keadaan orang-orang yang berbahagia. Maka Allah berfirman: (Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam surga dan kenikmatan (17)) Demikian itu kebalikan dari orang-orang yang berada dalam azab dan siksaan di neraka (mereka bersuka ria dengan apa yang diberikan kepada mereka oleh Tuhan mereka) yaitu mereka bersenang-senang dengan kenikmatan yang diberikan Allah SWT kepada mereka berupa berbagai nikmat yaitu makanan, minuman, pakaian, tempat-tempat tinggal, kendaraan-kendaraan, dan lainnya (dan Tuhan mereka memelihara mereka dari azab neraka) yaitu Allah SWT telah menyelamatkan mereka dari azab neraka, dan itu merupakan nikmat tersendiri selain dari nikmat lainnya, yaitu Dia memasukkan mereka ke dalam surga yang di dalamnya terdapat kenikmatan yang belum pernah terlihat mata, terdengar telinga, dan terbesit dalam hati manusia.
Firman Allah SWT: ((Dikatakan kepada mereka), "Makan dan minumlah dengan enak sebagai balasan dari apa yang telah kamu kerjakan” (19)) sebagaimana firmanNya SWT: ((kepada mereka dikatakan).”Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu” (24)) (Surah Al-Haqqah) yaitu hal itu merupakan karunia dan kebaikanNya.
Firman Allah SWT: (mereka bertelekan di atas dipan-dipan berderetan) Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa yang dimaksud adalah dipan-dipan yang mempunyai kelambu.
Firman Allah: (berderet-deretan) yaitu wajah sebagian dari mereka berhadapan dengan sebagian lain, sebagaimana firmanNya: (di atas tahta-tahta kebesaran berhadap-hadapan) (Surah Al-Hijr: 44)
(dan Kami kawinkan mereka dengan bidadari-bidadari yang cantik bermata jeli) yaitu Kami menjadikan bagi mereka pendamping-pendamping yang shalihah dan istri-istri yang cantik-cantik dari bidadari yang bermata jeli.
Mujahid berkata tentang firmanNya: (dan Kami kawinkan mereka) yaitu Kami nikahkan mereka dengan bidadari yang bermata jeli.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat At-Tur ayat 18: 17-18. Ketika Allah telah jelaskan keadaan orang-orang yang berdosa, Allah menyebutkan keadaan orang-orang yang beriman yang bertakwa, yang mereka adalah orang-orang yang bertakwa ketika di dunia dengan mengerjakan perintah-perintah dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Dimana Allah juga mengabarkan balasan bagi mereka dengan surga, yang mereka menikmati apa yang ada di dalamnya. Kemudian Allah mengabarkan keadaan mereka yang berlezat-lezat dan menikmati apa yang Allah berikan kepada mereka, yang mereka belum pernah melihat sebelumnya, belum pernah mendengar dan belum pernah terbesit dalam hati manusia. Mereka semua bergembira karena Allah jadikan mereka orang-orang yang berhasil lolos dari adzab Allah.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Mereka merasa bangga dan senang dengannya karena kenikmatan yang Allah berikan kepada mereka yang tidak bisa disifatkan.

Yang demikian karena mereka mengerjakan apa yang dicintai Allah dan menjauhi apa yang dimurkai-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat At-Tur Ayat 18

Di surga itu mereka selalu bersuka ria dan berbahagia dengan apa yang diberikan tuhan yang maha pengasih kepada mereka; dan selain itu, tuhan yang maha pemberi senantiasa memelihara mereka dari azab neraka yang panas dan pedihnya tidak terkira. 19. Allah menyediakan di surga beragam makanan yang lezat dan minuman yang menyegarkan. Kemudian dikatakan kepada mereka yang bertakwa, 'makan dan minumlah dengan rasa nikmat semua yang sudah disediakan. Ini semua sebagai balasan dari apa, yaitu kebajikan, yang telah kamu kerjakan di dunia dengan ikhlas demi mengharap rida Allah. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beragam penjelasan dari banyak ahli tafsir terkait makna dan arti surat At-Tur ayat 18 (arab-latin dan artinya), moga-moga membawa manfaat bagi ummat. Bantulah usaha kami dengan memberi link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dilihat

Terdapat berbagai topik yang banyak dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 156, Az-Zalzalah 7-8, An-Nahl, Al-Kautsar 2, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, Ali ‘Imran 173. Juga At-Talaq 3, At-Taubah 103, Yusuf 87, Al-Baqarah 255, An-Nahl 97, Luqman 12.

  1. Al-Baqarah 156
  2. Az-Zalzalah 7-8
  3. An-Nahl
  4. Al-Kautsar 2
  5. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  6. Ali ‘Imran 173
  7. At-Talaq 3
  8. At-Taubah 103
  9. Yusuf 87
  10. Al-Baqarah 255
  11. An-Nahl 97
  12. Luqman 12

Pencarian: arti surat an-nur ayat 31, albaqarah 151, al araf 80, surat at taubah ayat 20, q.s. al-hujurat/49 : 10

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: