Surat Az-Zariyat Ayat 52

كَذَٰلِكَ مَآ أَتَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِهِم مِّن رَّسُولٍ إِلَّا قَالُوا۟ سَاحِرٌ أَوْ مَجْنُونٌ

Arab-Latin: Każālika mā atallażīna ming qablihim mir rasụlin illā qālụ sāḥirun au majnụn

Artinya: Demikianlah tidak seorang rasulpun yang datang kepada orang-orang yang sebelum mereka, melainkan mereka mengatakan: "Dia adalah seorang tukang sihir atau seorang gila".

« Az-Zariyat 51Az-Zariyat 53 »

Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Berharga Terkait Dengan Surat Az-Zariyat Ayat 52

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zariyat Ayat 52 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada sekumpulan pelajaran berharga dari ayat ini. Diketemukan sekumpulan penjelasan dari banyak mufassirin mengenai isi surat Az-Zariyat ayat 52, sebagiannya sebagaimana terlampir:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sebagaimana orang-orang Quraisy mendustakan rasul mereka, Muhammad, mereka berkata, “Muhammad adalah penyair atau penyihir atau gila,” umat-umat sebelum Quraisy juga telah melakukan hal yang sama terhadap rasul-rasul mereka, maka Allah menurunkan azabNya kepada mereka.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

52-53. Sebagaimana orang-orang kafir Makkah mendustakan Nabi Muhammad, demikian pula umat-umat terdahulu mendustakan rasul mereka. Tidaklah datang seorang rasul melainkan akan mereka tuduh sebagai tukang sihir atau orang gila. Apakah kaum terdahulu itu mewasiatkan kaum setelahnya untuk mendustakan? Mereka tidak saling mewasiati, akan tetapi kezaliman, kesombongan, dan keengganan mengikuti kebenaran adalah yang menjadikan mereka mendustakan para rasul.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

52. Sebagaimana pendustaan yang dilakukan oleh penduduk Makkah, demikian pula umat-umat terdahulu juga mendustakan. Dan tidaklah mereka didatangi oleh utusan dari sisi Allah melainkan mereka berkata tentangnya, dia penyihir, atau dia gila.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

Indikasi bahwa tidaklah mereka setuju; Karena hati mereka mirip dengan hati sebagian orang dalam kekafiran dan kezaliman, maka perkataan mereka kepada para rasul serupa karena kesamaan hati mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

52. Seperti itulah perkara yang terjadi. Inilah yang dialami umat-umat sebelumnya. Belum ada satupun rasul yang datang kepada kaumnya (sebelum penduduk Mekah) kecuali mereka mendustakannya dan berkata: “Dia adalah penyihir atau orang gila”. Kata yang ditunjukkan oleh kata {kadzalika} adalah perkara yang serupa. Perkara yang dialami umatmu wahai Rasul itu serupa dengan perkara umat-umat terdahulu.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Demikianlah tidak ada seorang rasul yang datang kepada orang-orang sebelumnya, kecuali mereka pasti mengatakan,“ penyihir atau orang gila”


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

52. Allah berfirman menghibur RasulNya dari pendustaan kaum musyrikin terhadap Allah dan mendustakan beliau, mereka mengatakan dengan berbagai kata-kata keji yang Mahasuci Allah dari kata-kata itu. Kata-kata itu senantiasa menjadi kebiasaan dan adat para pendosa yang mendustakan para rasul. Tidaklah Allah mengutus seorang utusan melainkan ditusuh oleh kaumnya sebagai penyihir maupun orang gila.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 52-60
Allah SWT berfirman seraya menghibur NabiNya SAW bahwa sebagaimana orang-orang musyrik itu berkata kepadamu, orang-orang yang mendustakan para rasulNya terdahulu juga mengatakannya (Demikianlah tidak seorang rasul pun yang datang kepada orang-orang yang sebelum mereka, melainkan mereka mengatakan, "Ia adalah seorang tukang sihir atau orang gila” (52)) Kemudian Allah berfirman (Apakah mereka saling berpesan tentang apa yang dikatakan itu?) yaitu apakah sebagian dari mereka saling berpesan dengan sebagian yang lain tentang ucapan itu? (Sebenarnya mereka adalah kaum yang melampaui batas) Sebenarnya mereka adalah kaum yang melampaui batas, hati mereka sama saja. Jadi orang-orang yang terakhir dari mereka mengatakan hal yang sama dengan apa yang dikatakan oleh orang-orang sebelum mereka. Allah SWT berfirman: (Maka berpalinglah kamu dari mereka) yaitu wahai Muhammad, berpalinglah dari mereka (dan kamu sekali-kali tidak tercela) yaitu, Kami tidak mencelamu dengan itu (Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman (55)) yaitu sesungguhnya yang dapat menerima manfaat peringatan itu hanya­lah orang-orang yang hatinya beriman. Kemudian Allah SWT berfirman: (Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku (56)) Sesungguhnya Aku menciptakan mereka agar Aku memerintahkan mereka untuk menyembahKu, bukan karena Aku membutuhkan mereka.
Ali bin Abi Thalhah meriwayatkan dari Ibnu Abbas tentang firmanNya: (melainkan supaya mereka menyembah-Ku) yaitu agar mereka mengakui penyembahan mereka kepadaKu, baik dengan sukarela maupun terpaksa. Demikianlah menurut apa yang dipilih Ibnu Jarir. Ibnu Juraij berkata bahwa makna yang dimaksud adalah melainkan supaya mereka mengenalKu.
Firman Allah SWT: (Aku tidak menghendaki rezeki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak menghendaki supaya mereka memberi Aku makan (57) Sesungguhnya Allah, Dialah Maha Pemberi rezeki Yang Mempunyai Kekuatan lagi Sangat Kokoh (58))
Firman Allah SWT: (Maka sesungguhnya untuk orang-orang yang zalim ada bagian) yaitu bagian dari azab (seperti bagian teman-teman mereka (dahulu); maka janganlah mereka meminta kepada-Ku menyegerakannya) yaitu, maka janganlah mereka meminta untuk menyegerakan hal itu, karena sesungguhnya hal itu pasti akan terjadi (Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang kafir pada hari yang diancamkan kepada mereka (60)) yaitu hari kiamat.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zariyat ayat 52: 52-53. Allah menghibur Nabi-Nya ﷺ dengan berkata : Sebagaimana engkau telah didustakan oleh kaummu wahai Nabi Allah dan mereka menuduhmu dengan penyihir dan orang gila; Begitu juga yang demikian diperbuat oleh umat-umat yang telah lalu dengan para Nabi mereka. Apakah engkau melihat pesan mereka orang-orang kafir kepada para Nabi mereka ? Mereka mengatakan : Engkau adalah tukang sihir dan orang yang gila. Hakikatnya para Nabi tidaklah mengajarkan demikian; Akan tetapi mereka yang membawa pesan ini adalah orang-orang yang kafir dan melampaui batas serta orang-orang yang mendustakan dan mereka adalah orang yang berusaha merubah apa yang Nabi mereka bawa.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Allah Subhaanahu wa Ta'aala berfirman menghibur Rasul-Nya Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam terhadap pendustaan orang-orang musyrik kepada Beliau dan ucapan-ucapan buruk yang mereka tujukan kepada Beliau, padahal Beliau tidak demikian, dan bahwa yang demikian adalah kebiasaan orang-orang yang berdosa yang mendustakan Rasul sejak dahulu, dimana Allah tidaklah mengutus rasul kecuali kaumnya menuduhnya sebagai pesihir atau orang gila.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zariyat Ayat 52

Tidak hanya nabi Muhammad yang didustakan oleh kaumnya yang ingkar, para rasul terdahulu pun menghadapi tentangan kaumnya yang durhaka. Demikianlah sikap orang kafir mekah; mereka menentang dakwah nabi Muhammad dan mengatainya sebagai pendusta. Hal yang sama juga terjadi pada masa lalu; setiap kali seorang rasul yang datang untuk memberi peringatan kepada orang-orang yang sebelum mereka, mereka yang ingkar pasti menolak dan mengingkarinya serta mengatakan, 'dia itu pasti seorang pesihir atau orang gila. '53. Sikap kaum kafir mekah dan umat terdahulu identik, maka muncul pertanyaan apakah mereka pernah saling berpesan melalui kakek moyang tentang apa yang dikatakan itu' tentu tidak. Mereka tidak saling berpesan, tetapi sebenarnya mereka adalah kaum yang melampaui batas dan be-nar-benar tidak mau beriman pada dakwah para rasul.


Mau pahala jariyah & rezeki berlimpah? Klik di sini sekarang!

Demikian beragam penafsiran dari kalangan mufassirin terkait isi dan arti surat Az-Zariyat ayat 52 (arab-latin dan artinya), semoga bermanfaat untuk kita semua. Support syi'ar kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Yang Paling Banyak Dibaca

Telaah ratusan konten yang paling banyak dibaca, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 255, Yusuf 87, An-Nahl, Az-Zalzalah 7-8, At-Talaq 3, At-Taubah 103. Termasuk Ali ‘Imran 173, Luqman 12, Al-Baqarah 156, Al-Kautsar 2, An-Nahl 97, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah.

  1. Al-Baqarah 255
  2. Yusuf 87
  3. An-Nahl
  4. Az-Zalzalah 7-8
  5. At-Talaq 3
  6. At-Taubah 103
  7. Ali ‘Imran 173
  8. Luqman 12
  9. Al-Baqarah 156
  10. Al-Kautsar 2
  11. An-Nahl 97
  12. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah

Pencarian: quran surat al-imran ayat 104, arti dari surat al baqarah, kullu nafsin zaikatul maut ayat, q.s. al-maidah /5: 32, arti az zumar

Surat dan Ayat Rezeki

Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah" dengan sharing informasi tentang TafsirWeb!

Cara Sharing Manual:

Copy-paste text di bawah, kirim ke lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
✅ Klik *tafsirweb.com/start* untuk menikmati tafsir al-Qur'an
 
✅ Klik *tafsirweb.com/pahala* lalu kirim informasi ini ke 5 group lainnya untuk dapat pahala jariyah

Cara Sharing Otomatis:

Klik Di Sini 👉 pilih lima (5) group WhatsApp yang Anda ikuti 👉 klik tombol kirim

Bonus Setelah Sharing:

Setelah Anda melakukan sharing, klik tombol di bawah: