Surat Az-Zariyat Ayat 40

فَأَخَذْنَاهُ وَجُنُودَهُ فَنَبَذْنَاهُمْ فِي الْيَمِّ وَهُوَ مُلِيمٌ

Terjemah Arti: Maka Kami siksa dia dan tentaranya lalu Kami lemparkan mereka ke dalam laut, sedang dia melakukan pekerjaan yang tercela.

TAFSIR AYAT

Maka Kami mengazab Fir’aun dan bala tentaranya. Kami menenggelamkan mereka di lautan. Dia melakukan sesuatu yang salah, disebabkan oleh kekafirannya, pengingkarannya dan kedurjanaannya.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

40. Maka kami arahkan Fir’aun serta pasukannya untuk mengepung Musa, lalu kami hempaskan mereka ke dalam lautan. Fir’aun mendatangi akibat dari sesuatu yang dia cela dengan kekufuran dan kezalimannya.

Tafsir Al-Wajiz / Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Sehingga mereka tenggelam.

Karena mendustakan Nabi Musa ‘alaihis salam dan mengaku sebagai tuhan.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Akibat keangkuhan dan penolakan fira'un terhadap dakwah nabi musa, maka kami siksa dia beserta bala tentaranya dengan berbagai musibah yang mengerikan, lalu kami lemparkan mereka ke dalam laut bagai barang yang tidak berguna. Kami menenggelamkannya hingga mati dalam keadaan tercela. 41-42. Dan perhatikanlah pula tanda-tanda kekuasaan kami pada kisah kaum 'ad. Ingatlah ketika kami kirimkan kepada mereka angin beku atau angin panas yang membinasakan mereka. Saat bertiup, angin itu tidak membiarkan suatu apa pun yang dilandanya tetap seperti kondisinya semula, sesuai dengan ketetapan Allah. Bahkan, apa saja yang diterjang dijadikannya seperti serbuk halus yang diterbangkan angin.

Tafsir Ringkas Kemenag