Surat Az-Zariyat Ayat 36

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

فَمَا وَجَدْنَا فِيهَا غَيْرَ بَيْتٍ مِّنَ ٱلْمُسْلِمِينَ

Arab-Latin: Fa mā wajadnā fīhā gaira baitim minal-muslimīn

Artinya: Dan Kami tidak mendapati negeri itu, kecuali sebuah rumah dari orang yang berserah diri.

« Az-Zariyat 35Az-Zariyat 37 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Mengenai Surat Az-Zariyat Ayat 36

Paragraf di atas merupakan Surat Az-Zariyat Ayat 36 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir berharga dari ayat ini. Terdokumentasi bermacam penjabaran dari beragam pakar tafsir mengenai isi surat Az-Zariyat ayat 36, di antaranya sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Kami tidak melihat di perkampungan tersebut selain satu rumah dari kaum Muslimin, yaitu rumah Luth.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

36. Ternyata tidak Kami dapati di kampung mereka ini selain satu rumah dari orang-orang yang berserah diri, yaitu keluarga Lūṭ -'alaihissalām-.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

36. فَمَا وَجَدْنَا فِيهَا غَيْرَ بَيْتٍ مِّنَ الْمُسْلِمِينَ (Dan Kami tidak mendapati negeri itu, kecuali sebuah rumah dari orang yang berserah diri)
Yakni kecuali satu keluarga dari mereka, yaitu keluarga Nabi Luth.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1). { فَأَخْرَجْنَا مَنْ كَانَ فِيهَا مِنَ الْمُؤْمِنِينَ } "Lalu Kami keluarkan orang-orang yang beriman yang berada di negeri kaum Luth itu" { فَمَا وَجَدْنَا فِيهَا غَيْرَ بَيْتٍ مِّنَ ٱلْمُسْلِمِينَ } "Dan Kami tidak mendapati negeri itu, kecuali sebuah rumah dari orang yang berserah diri" Tanpa berkata: Maka kami keluarkan Luth dan penghuni rumahnya. Dimaksudkan untuk menonjolkan iman dan Islam, artinya Allah menyelamatkan mereka dari siksa karena keimanan mereka terhadap apa yang dibawa Rasul mereka, bukan karena mereka keluarga Luth.

2). Berkata Qatada pada firman Allah ta'ala: { فَمَا وَجَدْنَا فِيهَا غَيْرَ بَيْتٍ مِّنَ ٱلْمُسْلِمِينَ } "Dan Kami tidak mendapati negeri itu, kecuali sebuah rumah dari orang yang berserah diri" : Seandainya ada lebih banyak orang dari itu, niscaya Allah akan menyelamatkan mereka; Untuk mengetahui bahwa keimanan dijaga oleh Allah dan tidak hilang bagi penghuninya

3). Jadi berhati-hatilah, saudaraku sang pendakwah. Jangan khawatir jika engkau menyerukan suatu kebenaran, tetapi hanya sepuluh dari seratus yang menjawab Anda. Para utusan Allah tetap berada di antara kaumnya selama berabad-abad, dan hanya sedikit yang mengikuti mereka.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

36. Kami tidak menemukan satupun orang muslim selain Ahlu Bait dalam negeri itu. Ahli bait itu adalah Ahlu bait Luth kecuali istrinya. Iman adalah Akidah (keyakinan) dan Islam adalah mengerjakan segala sesuatu yang diwajibkan


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Kami tidak mendapati di dalamnya, kecuali sebuah rumah} penghuni rumah Luth AS {dari orang-orang muslim


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

35-36. “Lalu Kami keluarkan orang-orang yang beriman yang berada di negeri kaum Luth itu. Dan Kami tidak mendapati di negeri itu, kecuali sebuah rumah dari orang-orang yang berserah diri,” yakni rumah keluarga Nabi Luth kecuali istrinya karena termasuk orang-orang yang akan dibinasakan.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 31-37
Allah SWT berfirman seraya memberitahukan tentang nabi Ibrahim (Maka tatkala rasa takut hilang dari Ibrahim dan berita gembira telah datang kepadanya, dia pun bersoal jawab dengan (malaikat-malaikat) Kami tentang kaum Luth (74) Sesungguhnya Ibrahim itu benar-benar seorang yang penyantun lagi pengiba dan suka kembali kepada Allah (75) Hai Ibrahim, tinggalkanlah soal jawab ini, sesungguhnya telah datang ketetapan Tuhanmu, dan sesungguhnya mereka itu akan didatangi azab yang tidak dapat ditolak (76)) (Surah Hud) dan di sini Allah berfirman: (Ibrahim bertanya, “Apakah urusanmu, hai para utusan?” (31)) yaitu apakah urusan kalian? dan apakah yang menyebabkan kalian datang? (Mereka menjawab, "Sesungguhnya kami diutus kepada kaum yang berdosa (32)) yang mereka maksud adalah kaum nabi Luth (agar kami timpakan kepada mereka batu-batu dari tanah (yang keras) (33) yang ditandai) yaitu diberi tanda (di sisi Tuhanmu untuk (membinasakan) orang-orang yang melampaui batas”) yaitu dicatatkan pada setiap batu nama orang yang akan dikenainya. Allah berfirman dalam surah Al-'Ankabut: (Berkata Ibrahim, "Sesungguhnya di kota itu ada Lut.” Para malaikat berkata, "Kami lebih mengetahui siapa yang ada di kota itu. Kami sungguh-sungguh akan menyelamatkan dia dan pengikut-pengikutnya kecuali istrinya. Dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan)" (32)) (Surah Al-'Ankabut) di sini Allah berfirman: (Lalu Kami keluarkan orang-orang yang beriman yang berada di negeri kaum Luth itu (35)) Mereka adalah nabi Luth dan ahli baitnya kecuali istrinya (Dan Kami tidak mendapati di negeri itu, kecuali sebuah rumah dari orang-orang yang berserah diri (36)) Firman Allah SWT: (Dan Kami tinggalkan pada negeri itu suatu tanda bagi orang-orang yang takut kepada siksa yang pedih (37)) yaitu Kami menjadikannya sebagai pelajaran bagi yang lainnya tentang azab, pembalasan, dan batu dari tanah yang keras yang Kami timpakan kepada mereka, dan Kami menjadikan bekas tempat mereka danau yang berbau busuk dan kotor. Dalam hal itu terdapat pelajaran bagi orang-orang yang beriman (bagi orang-orang yang takut kepada siksa yang pedih)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zariyat ayat 36: Allah menjelaskan bahwa tidak ada dari penghuni negeri tersebut selain satu rumah yang terdapat di dalamnya orang-orang muslim, rumah tersebut adalah yang di dalamnya terdapat keluarga Luth, (tidak ada selainnya) di antara seluruh penghuninya yang berlumur dosa dan fasik dalam negeri tesebut. Allah berfirman : غَيْرَ بَيْتٍۢ مِّنَ ٱلْمُسْلِمِينَ, dan pada ayat sebelumnya Allah berfirman : فَأَخْرَجْنَا مَن كَانَ فِيهَا مِنَ ٱلْمُؤْمِنِينَ. Karena sebab rumah Luth tidak semua yang di dalamnya adalah termasuk orang-orang yang beriman, istrinya Luth termasuk orang-orang yang berserah diri, akan tetapi tidak ikut diselamatkan (dari adzab); Karena ia termasuk orang-orang yang munafik dan khianat; Dimana dia berada di atas keyakinan agama kaum Luth, dan berkhianat, yang mengabarkan kepada orang-orang fasik akan kedatangan para tamu Luth (suaminya).


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Rumah Nabi Luth ‘alaihis salam dan keluarganya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zariyat Ayat 36

35-36. Allah mengkhususkan azabnya kepada mereka yang melampaui batas, sehingga orang-orang yang telah beriman tidak akan merasakan azab tersebut. Sebelum azab Allah datang, para malaikat memperingatkan mereka, lalu kami, yakni Allah dan subjek lain yang berperan dalam penyelamatan ini, keluarkan orang-orang yang beriman yang berada di dalamnya, yakni di negeri kaum lut, itu agar mereka selamat dari bencana yang segera tiba. Maka para malaikat yang kami utus tidak mendapati di dalamnya, yaitu di negeri tersebut, kecuali sebuah rumah saja dari orang-orang muslim yang beriman dan mengikuti ajaran nabi lut. 37. Kami turunkan azab sebagai peringatan bagi mereka yang ingkar, dan kami telah tinggalkan pula padanya, yaitu negeri nabi lut, suatu tanda yang sangat jelas tentang kebesaran dan kekuasaan kami. Kami menjadikannya pelajaran bagi orang-orang yang takut kepada azab yang pedih.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beraneka penjelasan dari banyak pakar tafsir terhadap makna dan arti surat Az-Zariyat ayat 36 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi ummat. Support usaha kami dengan mencantumkan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Banyak Dikunjungi

Terdapat ratusan konten yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Ali ‘Imran 173, An-Nahl 97, At-Talaq 3, An-Nahl, Al-Kautsar 2, Yusuf 87. Ada juga Al-Baqarah 156, Az-Zalzalah 7-8, At-Taubah 103, Luqman 12, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah, Al-Baqarah 255.

  1. Ali ‘Imran 173
  2. An-Nahl 97
  3. At-Talaq 3
  4. An-Nahl
  5. Al-Kautsar 2
  6. Yusuf 87
  7. Al-Baqarah 156
  8. Az-Zalzalah 7-8
  9. At-Taubah 103
  10. Luqman 12
  11. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah
  12. Al-Baqarah 255

Pencarian: an nisa ayat 141-150, surat al waqiah arab saja pdf, 17+ artinya, kun fayakun arab dan artinya, apa arti surat al-ikhlas

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: