Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Az-Zariyat Ayat 36

فَمَا وَجَدْنَا فِيهَا غَيْرَ بَيْتٍ مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Arab-Latin: Fa mā wajadnā fīhā gaira baitim minal-muslimīn

Terjemah Arti: Dan Kami tidak mendapati negeri itu, kecuali sebuah rumah dari orang yang berserah diri.

Terjemahan Makna Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Kami tidak melihat di perkampungan tersebut selain satu rumah dari kaum Muslimin, yaitu rumah Luth.

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

36. Ternyata tidak Kami dapati di kampung mereka ini selain satu rumah dari orang-orang yang berserah diri, yaitu keluarga Lūṭ -'alaihissalām-.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

36. فَمَا وَجَدْنَا فِيهَا غَيْرَ بَيْتٍ مِّنَ الْمُسْلِمِينَ (Dan Kami tidak mendapati negeri itu, kecuali sebuah rumah dari orang yang berserah diri)
Yakni kecuali satu keluarga dari mereka, yaitu keluarga Nabi Luth.

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

36. Kami tidak menemukan satupun orang muslim selain Ahlu Bait dalam negeri itu. Ahli bait itu adalah Ahlu bait Luth kecuali istrinya. Iman adalah Akidah (keyakinan) dan Islam adalah mengerjakan segala sesuatu yang diwajibkan

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

Allah menjelaskan bahwa tidak ada dari penghuni negeri tersebut selain satu rumah yang terdapat di dalamnya orang-orang muslim, rumah tersebut adalah yang di dalamnya terdapat keluarga Luth, (tidak ada selainnya) di antara seluruh penghuninya yang berlumur dosa dan fasik dalam negeri tesebut. Allah berfirman : غَيْرَ بَيْتٍۢ مِّنَ ٱلْمُسْلِمِينَ, dan pada ayat sebelumnya Allah berfirman : فَأَخْرَجْنَا مَن كَانَ فِيهَا مِنَ ٱلْمُؤْمِنِينَ. Karena sebab rumah Luth tidak semua yang di dalamnya adalah termasuk orang-orang yang beriman, istrinya Luth termasuk orang-orang yang berserah diri, akan tetapi tidak ikut diselamatkan (dari adzab); Karena ia termasuk orang-orang yang munafik dan khianat; Dimana dia berada di atas keyakinan agama kaum Luth, dan berkhianat, yang mengabarkan kepada orang-orang fasik akan kedatangan para tamu Luth (suaminya).

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

35-36. “Lalu Kami keluarkan orang-orang yang beriman yang berada di negeri kaum Luth itu. Dan Kami tidak mendapati di negeri itu, kecuali sebuah rumah dari orang-orang yang berserah diri,” yakni rumah keluarga Nabi Luth kecuali istrinya karena termasuk orang-orang yang akan dibinasakan.

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di

Rumah Nabi Luth ‘alaihis salam dan keluarganya.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


35-36. Allah mengkhususkan azabnya kepada mereka yang melampaui batas, sehingga orang-orang yang telah beriman tidak akan merasakan azab tersebut. Sebelum azab Allah datang, para malaikat memperingatkan mereka, lalu kami, yakni Allah dan subjek lain yang berperan dalam penyelamatan ini, keluarkan orang-orang yang beriman yang berada di dalamnya, yakni di negeri kaum lut, itu agar mereka selamat dari bencana yang segera tiba. Maka para malaikat yang kami utus tidak mendapati di dalamnya, yaitu di negeri tersebut, kecuali sebuah rumah saja dari orang-orang muslim yang beriman dan mengikuti ajaran nabi lut. 37. Kami turunkan azab sebagai peringatan bagi mereka yang ingkar, dan kami telah tinggalkan pula padanya, yaitu negeri nabi lut, suatu tanda yang sangat jelas tentang kebesaran dan kekuasaan kami. Kami menjadikannya pelajaran bagi orang-orang yang takut kepada azab yang pedih.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Az-Zariyat Ayat 37 Arab-Latin, Surat Az-Zariyat Ayat 38 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Az-Zariyat Ayat 39, Terjemahan Tafsir Surat Az-Zariyat Ayat 40, Isi Kandungan Surat Az-Zariyat Ayat 41, Makna Surat Az-Zariyat Ayat 42

Category: Surat Az-Zariyat

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!

Surah Az Zariyat Ayat 36