Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera bisa? Klik di sini sekarang!

Surat Az-Zariyat Ayat 12

يَسْأَلُونَ أَيَّانَ يَوْمُ الدِّينِ

Arab-Latin: Yas`alụna ayyāna yaumud-dīn

Terjemah Arti: Mereka bertanya: "Bilakah hari pembalasan itu?"

Terjemahan Tafsir Bahasa Indonesia (Isi Kandungan)

Orang-orang yang berdusta itu bertanya dengan nada pengingkaran dan pendustaan, “Kapan hari hisab dan pembalasan terjadi.”

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

12.  Mereka bertanya, “Kapankah hari pembalasan itu?” Sementara mereka tidak mempersiapkan untuk hari itu.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh di bawah asuhan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

12. Mereka bertanya kepada Nabi dengan pertanyaan yang berisi ejekan dan sangkalan: “Kapankah hari kiamat itu?” {Ayyaana} adalah isim istifham untuk menanyakan waktu.

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili

12-14. Allah mengabarkan bahwa mereka orang-orang yang mendustakan, mereka bertanya dengan pertanyaan yang jauh panggang dan pendustaan dengan berkata : Kapan datang hati pembalasan yang kami akan mendapatkannya wahai Muhammad ﷺ ?, Maka Allah menjawabkan untuk Nabi-Nya ﷺ: Sungguh hari pembalasan adalah hari dimana mereka dimasukkan ke dalam jahannam dan mereka dibakar dan diadzab di dalamnya. Kemudian Allah berkata kepada mereka para pendusta : Rasakanlah adzab ini yang kalian terburu-buru untuk mencela dan sombong dan menyangkan bahwa hari itu tidak mungkin datang.

An-Nafahat Al-Makkiyah / Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Secara ragu-ragu dan mendustakan dan menganggap bahwa hal itu mustahil.

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I


Para pembohong yang lalai sehingga mereka dikutuk itu memperolok-olokkan dakwah rasulullah dan cenderung mengingkarinya. Oleh karena itu mereka bertanya yang tujuannya adalah untuk mengejek dan bukan karena tidak tahu. Mereka berkata, 'kapankah datangnya hari pembalasan yang selalu engkau ungkapkan itu''13. Dalam rangka merespon olok-olok mereka, maka Allah berkata kepada nabi Muhammad untuk menjawab bahwa hari pembalasan itu akan terjadi pada hari ketika mereka diazab di dalam api neraka sebagai hukuman dari keingkaran mereka terhadap ajaran-Nya.

Tafsir Ringkas Kemenag RI


Related: Surat Az-Zariyat Ayat 13 Arab-Latin, Surat Az-Zariyat Ayat 14 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Surat Az-Zariyat Ayat 15, Terjemahan Tafsir Surat Az-Zariyat Ayat 16, Isi Kandungan Surat Az-Zariyat Ayat 17, Makna Surat Az-Zariyat Ayat 18

Category: Surat Az-Zariyat

Anda belum mahir membaca Qur'an? Ingin segera sisa? Klik di sini sekarang!