Surat Qaf Ayat 33

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

مَّنْ خَشِىَ ٱلرَّحْمَٰنَ بِٱلْغَيْبِ وَجَآءَ بِقَلْبٍ مُّنِيبٍ

Arab-Latin: Man khasyiyar-raḥmāna bil-gaibi wa jā`a biqalbim munīb

Artinya: (Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat,

« Qaf 32Qaf 34 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Berharga Tentang Surat Qaf Ayat 33

Paragraf di atas merupakan Surat Qaf Ayat 33 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada beragam tafsir berharga dari ayat ini. Ditemukan beragam penjabaran dari banyak mufassirun berkaitan makna surat Qaf ayat 33, antara lain sebagaimana berikut:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

32-33. Dikatakan kepada mereka, “Inilah yang dulu dijanjikan kepada kalian (wahai orang-orang yang bertakwa) bagi setiap orang yang bertaubat dari dosa-dosanya, menjaga apa yang mendekatkannya kepada Tuhannya, yaitu amal-amal ketaatan dan kewajiban, orang yang takut kepada Allah di dunia dan bertemu denganNya di Hari Kiamat dengan hati yang bertaubat dari dosa-dosanya.”


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

33. Barangsiapa takut kepada Allah saat sembunyi-sembunyi di mana tidak ada yang melihat kecuali Allah, menjumpai Allah dengan hati yang bersih, bertobat kepada-Nya dan tunduk.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

33. مَّنْ خَشِىَ الرَّحْمٰنَ بِالْغَيْبِ ((Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sedang Dia tidak melihat-Nya)
Yakni ketika dia sedang sendirian tidak ada yang melihatnya. Imam al-Hasan mengatakan, yakni jika dia telah memasang tirai dan menutup pintu.

وَجَآءَ بِقَلْبٍ مُّنِيبٍ (dan dia datang dengan hati yang bertaubat)
Yakni kembali kepada Allah dengan hati yang ikhlas mentaati-Nya.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Li Yaddabbaru Ayatih / Markaz Tadabbur di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Umar bin Abdullah al-Muqbil, professor fakultas syari'ah Universitas Qashim - Saudi Arabia

1). { مَنْ خَشِيَ الرَّحْمَٰنَ بِالْغَيْبِ } "(Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya)" Al-Fudhayl bin 'Iyad berkata: Dia adalah orang yang mengingat dosa-dosanya dalam kesendirian dan meminta ampun kepada Allah ta'ala atas dosa-dosanya.

Termasuk dalam makna ini adalah salah satu dari tujuh orang yang dinaungi Allah di bawah naungan-Nya: "dan seorang laki-laki yang hanya mengingat Allah Kemudian matanya berbinar", yakni: dari ingatannya akan kebesaran Allah dan pertemuannya dengan-Nya, dan makna-makna serupa yang terlintas di hati.

2). Siapa yang meninggalkan pelanggaran karena takut akan azab Allah maka ia adalah orang bertaubat, dan siapa yang meninggalkan karena malu maka ia orang yang kembali, dan siapa yang meninggalkan karena meninggikan keagungan Allah Yang Maha Esa, dialah orang yang benar-benar bertaubat.


📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

33. Barangsiapa takut dengan hukuman Allah di waktu dan tempat yang tidak diketahui oleh siapapun, datang dengan hati yang selamat mau menaati Allah dan Ikhlas dalam beribadah


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{orang yang takut} takut {kepada Dzat Yang Maha Pengasih dengan tanpa melihatNya} dengan ghaib dimana tidak ada satupun yang melihatNya kecuali Allah itu sendiri {dan dia datang dengan hati yang bertaubat} kembali kepada Allah SWT


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

33. “(Yaitu) orang yang takut kepada Rabb Yang Maha Pemurah,” artinya, takut kepadaNya karena mengenal Rabbnya, mengharap rahmatNya serta senantiasa takut terhadap Allah meski tidak berada di hadapan orang. Dan inilah rasa takut yang sebenarnya. Sedangkan rasa takut di hadapan dan dalam pandangan orang, maka rasa takut itu adalah riya’ dan sum’ah yang tidak menunjukkan rasa takut. Rasa takut yang membawa manfaat adalah rasa takut, baik di kala sendirian maupun ketika bersama orang lain. Kemungkinan maksud ayat ini juga adalah takut terhadap Allah meski tidak terlihat oleh mata seperti halnya yang dimaksud dengan beriman kepada yang ghaib. Ghaib adalah kebalikan dari nyata, karena iman dan rasa takut adalah sesuatu yang vital bukan alternative karena bisa menentukan azab, kemudian ayat-ayat Allah datang dan inilah yang Nampak.
“Dan ia datang dengan hati yang kembali,” ia disifati dengan kembali kepada Penolongnya serta tertarik oleh berbagai faktor pendorong menuju keridhaanNYa.


📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 30-35
Allah SWT berfirman kepada neraka Jahanam pada hari kiamat, "Apakah kamu telah penuh?" Demikian itu karena Allah SWT telah berjanji kepadanya bahwa Dia akan memenuhinya dengan jin dan manusia.
Dia memerintahkan untuk mencampakkan ke dalam neraka orang-orang yang Dia kehendaki, sedangkan neraka itu mengatakan, ("Masih adakah tempat tambahan bagiku?") yaitu apakah masih ada yang tersisa untuk ditambahkan kepadaku?. Demikianlah yang tampak dalam konteks ayat ini dan seperti apa yang ditunjukkan oleh banyak hadits.
Diriwayatkan dari Anas bin Malik dari Nabi SAW yang bersabda: Neraka diisi, dan neraka mengatakan, "Apakah masih ada tambahan?" sehingga akhirnya Allah meletakkan telapak kakiNya ke dalam neraka maka neraka mengatakan, "Cukup, cukup”
Al-Walid bin Muslim meriwayatkan dari Yazid bin Abu Maryam, bahwa dia pernah mendengar Mujahid berkata bahwa masih terus-menerus dimasukkan ke dalam neraka hingga neraka neagatakan, "Aku telah penuh" dan mengatakan, ("Masih adakah tempat tambahan bagiku?"). Diriwayatkan dari Abdurrahman bin Zaid bin Aslam pendapat yang serupa. Menurut mereka, makna firman Allah SWT: (Apakah kamu sudah penuh?) hanyalah sesudah Allah SWT meletakkan telapak kakiNya di dalamnya, maka neraka menjadi surut dan saat itu ia mengatakan, "Masih adakah bagiku suatu tempat untuk ditambahkan kepadaku?" Al-Aufi meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa yang demikian itu dikatakan ketika tidak ada suatu tempat pun di dalam neraka yang dapat memuat sebatang jarum, hanya Allah yang lebih Mengetahui.
Firman Allah SWT: (Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tiada jauh (dari mereka) (31)) Qatadah berkata bahwa makna (uzlifat) adalah didekatkan kepada orang-orang yang bertakwa (pada tempat yang tiada jauh (dari mereka)) Demikian itu pada hari kiamat. Dan dikatakan “tidak jauh” karena pasti terjadi, dan setiap yang akan terjadi maka itu dekat (Inilah yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada setiap hamba yang selalu kembali) yaitu kembali bertaubat dan tidak mengulangi (lagi memelihara) memelihara janji, tidak pernah merusaknya dan tidak pula menyalahinya.
(dan dia datang dengan hati yang bertaubat) yaitu bertemu dengan Allah SWT di hari kiamat nanti dengan hati yang bertaubat, berserah diri, dan tunduk di hadapanNya (masukilah surga itu dengan aman)
Firman Allah: (itulah hari kekekalan) yaitu mereka kekal di dalam surga, dan tidak akan mati selamanya, tidak akan pergi darinya serta tidak mau pindah darinya. Firman Allah: (Mereka di dalamnya memperoleh apa yang mereka kehendaki) yaitu, bagaimanapun yang mereka minta, maka mereka langsung mendapatkannya, yaitu berbagai macam kesenangan dan kenikmatan, ketika mereka memintanya langsung disuguhkan kepada mereka.
Firman Allah SWT: (dan pada sisi Kami ada tambahannya) sebagaimana firmanNya: (Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya) (Surah Yunus: 26) Telah disebutkan dalam hadits shahih Muslim dari Shuhaib bin Sinan Ar-Rumi bahwa itu memandang kepada Allah SWT yang Maha Mulia.


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Qaf ayat 33: Ketika kemudian dikatakan kepada mereka: Ketahuilah bahwasanya kenikmatan ini adalah balasan bagi hamba yang takut kepada Allah dalam kesendirian maupun keramaian, mereka adalah orang-orang yang meluruskan hatinya untuk Allah yang istiqomah di atas ketaatan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Yakni takut kepada-Nya dengan mengenal Tuhannya, berharap kepada rahmat-Nya dan senantiasa takut kepada Allah dalam keadaan gaibnya, yakni dalam keadaan tidak diketahui manusia. Inilah takut yang hakiki, adapun takut ketika di hadapan manusia, maka bisa saja riya’ dan sum’ah sehingga tidak menunjukkan takut. Bahkan takut yang bermanfaat adalah takut baik pada saat terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi. Bisa juga maksud “bilghaib” dalam ayat di atas adalah sekalipun tidak kelihatan olehnya.

Yakni sifatnya kembali kepada Allah dan terdorong dirinya untuk mengerjakan hal-hal yang diridhai-Nya.


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Qaf Ayat 33

Allah menjelaskan pada ayat ini sifat-sifat orang yang bertakwa, yaitu orang yang takut kepada Allah yang maha pengasih sekalipun dia maha ghaib, tidak kelihatan olehnya dan dia datang kepada-Nya dengan hati yang bertobat dan tunduk kepada-Nya. 34. Sebagai penghormatan kepada mereka, para malaikat berkata, "masuklah ke dalam surga dengan aman, tanpa dihalangi, dan damai, penuh ketenteraman. Maka bergembiralah dan bersenang-senanglah kalian semua. Itulah hari yang abadi, tidak ada kematian dan kesulitan sesudah itu. '.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah kumpulan penjabaran dari berbagai mufassir berkaitan isi dan arti surat Qaf ayat 33 (arab-latin dan artinya), semoga membawa faidah untuk kita. Support dakwah kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Bacaan Sering Dilihat

Kami memiliki berbagai materi yang sering dilihat, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 255, Az-Zalzalah 7-8, Yusuf 87, An-Nahl 97, At-Taubah 103, Al-Kautsar 2. Serta Al-Baqarah 156, At-Talaq 3, An-Nahl, Ali ‘Imran 173, Luqman 12, Tiga (3) Terakhir al-Baqarah.

  1. Al-Baqarah 255
  2. Az-Zalzalah 7-8
  3. Yusuf 87
  4. An-Nahl 97
  5. At-Taubah 103
  6. Al-Kautsar 2
  7. Al-Baqarah 156
  8. At-Talaq 3
  9. An-Nahl
  10. Ali ‘Imran 173
  11. Luqman 12
  12. Tiga (3) Terakhir al-Baqarah

Pencarian: contoh surat al ashr, surat al ankabut ayat 14, surat yunus ayat 18, teks arab innalillahi, qs ar radu ayat 11

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: