Surat Al-Jatsiyah Ayat 4

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

ูˆูŽููู‰ ุฎูŽู„ู’ู‚ููƒูู…ู’ ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูŽุจูุซู‘ู ู…ูู† ุฏูŽุงู“ุจู‘ูŽุฉู ุกูŽุงูŠูŽูฐุชูŒ ู„ู‘ูู‚ูŽูˆู’ู…ู ูŠููˆู‚ูู†ููˆู†ูŽ

Arab-Latin: Wa fฤซ khalqikum wa mฤ yabuแนกแนกu min dฤbbatin ฤyฤtul liqaumiy yแปฅqinแปฅn

Artinya: Dan pada penciptakan kamu dan pada binatang-binatang yang melata yang bertebaran (di muka bumi) terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk kaum yang meyakini,

ยซ Al-Jatsiyah 3 โœต Al-Jatsiyah 5 ยป

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Tafsir Penting Tentang Surat Al-Jatsiyah Ayat 4

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Jatsiyah Ayat 4 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada bermacam tafsir penting dari ayat ini. Terdokumentasi bermacam penafsiran dari para pakar tafsir terhadap kandungan surat Al-Jatsiyah ayat 4, sebagiannya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Dan pada penciptaan kalian (wahai manusia) dan penciptaan berbagai macam makhluk-makhluk hidup lainnya di muka bumi, terkandung hujjah-hujjah dan dalil-dalil bagi kaum yang meyakini Allah dan syariatNya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

4. Dan di dalam penciptaan kalian -wahai manusia- mulai dari air mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging, dan dalam penciptaan hewan-hewan melata yang disebarkan Allah, yang melata di atas bumi, terdapat bukti-bukti keesaan Allah bagi orang-orang yang meyakini bahwa Allah adalah Pencipta.


📚 Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

4. ูˆูŽููู‰ ุฎูŽู„ู’ู‚ููƒูู…ู’ (Dan pada penciptakan kamu)
Yakni penciptaan kalian dalam fase yang berbeda-beda; dimulai dari tanah kemudian air mani sampai menjadi manusia, dan dalam pembentukan anggota tubuh kalian serta menciptakan bagi kalian kekuatan jiwa dan raga yang ada dalam diri kalian.

ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูŽุจูุซูู‘ ู…ูู† ุฏูŽุขุจูŽู‘ุฉู(dan pada binatang-binatang yang melata yang bertebaran)
Dan dalam penciptaan hewan-hewan melata yang tersebar di seluruh penjuru bumi, baik itu di wilayah yang panas, tropis, maupun dingin, serta di tempat yang basah atau kering; dan pada setiap tempat di bumi, Allah menempatkan hewan yang sesuai.

ุกูŽุงูŠูฐุชูŒ ู„ูู‘ู‚ูŽูˆู’ู…ู ูŠููˆู‚ูู†ููˆู†ูŽ(terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk kaum yang meyakini)
Yakni tanda-tanda yang sangat jelas, yang menunjukkan keagungan kuasa dan kebijaksanaan Sang Pencipta, sehingga menjadi pelajaran bagi orang-orang yang yakin yang mau menerima kebenaran.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

4. Wahai manusia, Allah menciptakan kalian dalam kondisi dan keadaan yang berbeda-beda, apa yang tersebar dan tumbuh dari perut bumi, yang meliputi binatang melata diatas bumi, merupakan bukti yang jelas atas kekuasaan Allah bagi mereka yang mempercayai kekuasaan Allah dan percaya adanya hari kebangkitan.


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimurajaโ€™ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-โ€˜Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Pada penciptaan kalian dan apa yang Dia sebar} yang Dia sebarkan dan pisahkan {berupa makhluk yang bergerak terdapat tanda-tanda bagi kaum yang meyakini


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

3-5. kemudian Allah mengukuhkan hal itu dengan tanda-tanda kekuasaan Allah yang ada di alam semesta (al ayat al-ufuqiyah) dan yang ada di dalam diri manusia (al ayat an nafsiyyah), berupa penciptaan langit dan bumi serta binantang melata yang menyebar pada keduanya serta berbagai manfaat yang disimpan oleh Allah di langit dan di bumi. Demikian juga air yang diturunkan oleh Allah, dengan air itulah Allah menghidupkan bumi dan manusia. Semua itu merupakan tanda-tanda kebesaran Allah serta bukti-bukti jelas yang menunjukkan kebenaran al-qurโ€™an yang agung ini serta kebenaran berbagai hikmah dan hukum yang terkandung di dalamnya. Juga sebagai bukti atas kesempurnaan Allah dan kekuasaan untuk membangkitkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-5
Allah SWT membimbing makhlukNya untuk memikirkan tanda-tanda kekuasaanNya, nikmat-nikmatNya, dan kekuasaanNya yang besar yang dengan itu Dia menciptakan langit, bumi dan semua makhluk yang ada pada keduanya yang beragam macam dan jenisnya. yaitu para malaikat, jin, manusia, binatang-binatang melata, burung-burung, hewan-hewan pemangsa, hewan-hewan liar, berbagai jenis serangga, dan berbagai macam makhluk di dalam laut, serta pergantian siang dan malam hari yang tanpa henti, yang ini datang dengan membawa kegelapannya, dan yang lainnya dengan sinarnya. dan apa yang diturunkan Allah SWT dari langit melalui awan berupa hujan saat diperlukan, yang hal ini disebut rezeki karena dengan itu rezeki bisa didapatkan (lalu dihidupkan-Nya dengan air hujan itu bumi sesudah matinya) yaitu sebelumnya bumi kering dan tandus, tidak ada tumbuhan padanya.
Firman Allah: (dan pada pergerakan angin) yaitu dari selatan, utara, angin dabur dan shaba, angin darat dan angin laut, angin malam dan siang, yang antara lainnya ada yang membawa air hujan, dan ada yang menyemaikan benih, dan ada yang menjadi penyegar bagi jiwa, ada juga yang mandul tidak menghasilkan apapun, pada mulanya Allah berfirman: (benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk orang-orang yang beriman) Kemudian Allah berfirman, (untuk kaum yang meyakini) kemudian (bagi kaum yang berakal) Hal ini merupakan ungkapan yang bertingkat-tingkat dari suatu keadaan yang mulia kepada keadaan yang lebih mulia dan lebih tinggi, ayat ini mirip dengan apa yang disebutkan di dalam surah Al-Baqarah melalui firmanNya SWT (Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan (164)) (Surah Al-Baqarah)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Jatsiyah ayat 4: (Dan pada penciptaan kalian) penciptaan masing-masing di antara kalian, yaitu mulai dari air mani, lalu berupa darah kental, kemudian segumpal daging, lalu menjadi manusia (dan) penciptaan (apa yang bertebaran) di muka bumi (berupa makhluk-makhluk yang melata) arti kata Ad-Daabbah adalah makhluk hidup yang melata di permukaan bumi, yaitu berupa manusia dan lain-lainnya (terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah dan keesaan-Nya bagi kaum yang meyakini) adanya hari berbangkit.


📚 Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Dari mani, lalu berubah menjadi segumpal darah dan berubah menjadi segumpal daging sehingga kemudian menjadi manusia.

Adanya kebangkitan. Mereka ini adalah orang-orang mukmin.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Jatsiyah Ayat 4

4-5. Dan juga pada penciptaan dirimu, wahai manusia, dengan bentuk yang fungsi yang sempurna dan pada apa yang di tebarkan-Nya di permukaan bumi dari aneka jenis binatang melata, terdapat tanda-tanda keesaan, kekuasaan, dan kebesaran Allah untuk kaum yang meyakini, dan pada perbedaan malam dan siang, yang datang silih berganti, malam datang lalu siang pergi, dan pada apa yang di turunkan Allah dari langit, seperti hujan sebagai rezeki lalu dengan air hujan itu di hidupkan-Nya bumi setelah matinya, yaitu kering, dan demikian pula pada perkisaran angin ke berbagai arah, perbedaan suhu dan kekuatannya serta manfaat dan bahayanya, terdapat pula tanda-tanda keesaan, kekuasaan, dan kebesaran Allah bagi kaum yang mengerti


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Demikian pelbagai penjelasan dari banyak ahli ilmu mengenai makna dan arti surat Al-Jatsiyah ayat 4 (arab-latin dan artinya), moga-moga memberi kebaikan untuk ummat. Support syi'ar kami dengan mencantumkan link ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.

Link Banyak Dikunjungi

Tersedia ratusan materi yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Al-Baqarah 282, Ar-Ra’d 31, Al-Qalam, Al-Hujurat 11, Al-‘Ashr 3, Al-Anbiya 19. Serta Al-Ahzab 43, Al-Baqarah 285, An-Najm 39-42, Ar-Rahman 33, Ali Imran 26-27, Al-Baqarah 261.

  1. Al-Baqarah 282
  2. Ar-Ra’d 31
  3. Al-Qalam
  4. Al-Hujurat 11
  5. Al-‘Ashr 3
  6. Al-Anbiya 19
  7. Al-Ahzab 43
  8. Al-Baqarah 285
  9. An-Najm 39-42
  10. Ar-Rahman 33
  11. Ali Imran 26-27
  12. Al-Baqarah 261

Pencarian: walam yakullahu kufuwan, surat al baqarah ayat 222 tentang kebersihan, anna ba, ayat 159, arti dari surat an-nasr

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qurโ€™an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
ย 
๐Ÿ‘‰ tafsirweb.com/start
ย 
โœ… Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: