Surat Al-Jatsiyah Ayat 3

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

إِنَّ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ لَءَايَٰتٍ لِّلْمُؤْمِنِينَ

Arab-Latin: Inna fis-samāwāti wal-arḍi la`āyātil lil-mu`minīn

Artinya: Sesungguhnya pada langit dan bumi benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk orang-orang yang beriman.

« Al-Jatsiyah 2Al-Jatsiyah 4 »

Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Pelajaran Mendalam Tentang Surat Al-Jatsiyah Ayat 3

Paragraf di atas merupakan Surat Al-Jatsiyah Ayat 3 dengan text arab, latin dan terjemah artinya. Ada variasi pelajaran mendalam dari ayat ini. Terdokumentasikan variasi penjabaran dari para ahli tafsir mengenai isi surat Al-Jatsiyah ayat 3, misalnya seperti tercantum:

📚 Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sesungguhnya pada langit yang tujuh dan bumi yang darinya asal-usul manusia berikut makhluk-makhluk yang ada padanya dengan keanekaragaman jenisnya, merupakan bukti dan hujjah bagi orang-orang yang beriman.


📚 Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

3-4. Sungguh pada penciptaan tujuh langit dan bumi terdapat tanda-tanda besar kekuasaan dan keesaan Allah bagi orang-orang yang beriman kepada-Nya dan mengakui keesaan-Nya.

Hai para hamba, pada penciptaan kalian melalui fase-fase yang berbeda dan pada hewan-hewan yang berjalan di muka bumi terdapat pula tanda-tanda kuasa Allah dalam mengatur urusan makhluk-Nya bagi orang-orang yang percaya keesaan-Nya.


📚 Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid, Imam Masjidil Haram

3. Sesungguhnya di langit dan bumi benar-benar terdapat bukti-bukti kekuasaan Allah dan keesaan-Nya bagi orang-orang yang beriman, karena merekalah yang mengambil pelajaran dari tanda-tanda itu.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

3. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi adalah sebagai bukti kebijaksanaan Allah ta’ala, kekuasaanNya dan KeesaanNya bagi mereka yang beriman kepadaNya


📚 Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

Sesungguhnya di langit dan bumi benar-benar terdapat tanda-tanda} dalil-dalil atas kekuasaan Allah {bagi orang-orang mukmin


📚 Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

3-5. kemudian Allah mengukuhkan hal itu dengan tanda-tanda kekuasaan Allah yang ada di alam semesta (al ayat al-ufuqiyah) dan yang ada di dalam diri manusia (al ayat an nafsiyyah), berupa penciptaan langit dan bumi serta binantang melata yang menyebar pada keduanya serta berbagai manfaat yang disimpan oleh Allah di langit dan di bumi. Demikian juga air yang diturunkan oleh Allah, dengan air itulah Allah menghidupkan bumi dan manusia. Semua itu merupakan tanda-tanda kebesaran Allah serta bukti-bukti jelas yang menunjukkan kebenaran al-qur’an yang agung ini serta kebenaran berbagai hikmah dan hukum yang terkandung di dalamnya. Juga sebagai bukti atas kesempurnaan Allah dan kekuasaan untuk membangkitkan.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

📚 Tafsir Ibnu Katsir (Ringkas) / Fathul Karim Mukhtashar Tafsir al-Qur'an al-'Adzhim, karya Syaikh Prof. Dr. Hikmat bin Basyir bin Yasin, professor fakultas al-Qur'an Univ Islam Madinah

Ayat 1-5
Allah SWT membimbing makhlukNya untuk memikirkan tanda-tanda kekuasaanNya, nikmat-nikmatNya, dan kekuasaanNya yang besar yang dengan itu Dia menciptakan langit, bumi dan semua makhluk yang ada pada keduanya yang beragam macam dan jenisnya. yaitu para malaikat, jin, manusia, binatang-binatang melata, burung-burung, hewan-hewan pemangsa, hewan-hewan liar, berbagai jenis serangga, dan berbagai macam makhluk di dalam laut, serta pergantian siang dan malam hari yang tanpa henti, yang ini datang dengan membawa kegelapannya, dan yang lainnya dengan sinarnya. dan apa yang diturunkan Allah SWT dari langit melalui awan berupa hujan saat diperlukan, yang hal ini disebut rezeki karena dengan itu rezeki bisa didapatkan (lalu dihidupkan-Nya dengan air hujan itu bumi sesudah matinya) yaitu sebelumnya bumi kering dan tandus, tidak ada tumbuhan padanya.
Firman Allah: (dan pada pergerakan angin) yaitu dari selatan, utara, angin dabur dan shaba, angin darat dan angin laut, angin malam dan siang, yang antara lainnya ada yang membawa air hujan, dan ada yang menyemaikan benih, dan ada yang menjadi penyegar bagi jiwa, ada juga yang mandul tidak menghasilkan apapun, pada mulanya Allah berfirman: (benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk orang-orang yang beriman) Kemudian Allah berfirman, (untuk kaum yang meyakini) kemudian (bagi kaum yang berakal) Hal ini merupakan ungkapan yang bertingkat-tingkat dari suatu keadaan yang mulia kepada keadaan yang lebih mulia dan lebih tinggi, ayat ini mirip dengan apa yang disebutkan di dalam surah Al-Baqarah melalui firmanNya SWT (Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan (164)) (Surah Al-Baqarah)


📚 An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Al-Jatsiyah ayat 3: (Sesungguhnya pada langit dan bumi) pada penciptaan keduanya (benar-benar terdapat tanda-tanda) yang menunjukkan kepada kekuasaan dan keesaan Allah swt. (bagi orang-orang yang beriman.)


📚 Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Al-Jatsiyah Ayat 3

Sesungguhnya, pada penciptaan langit dan bumi benar-benar terdapat tanda-tanda ke-esaan, kekuasaan, dan kebesaran Allah bagi orang-orang mukmin yang imannya mantap. 4-5. Dan juga pada penciptaan dirimu, wahai manusia, dengan bentuk yang fungsi yang sempurna dan pada apa yang di tebarkan-Nya di permukaan bumi dari aneka jenis binatang melata, terdapat tanda-tanda keesaan, kekuasaan, dan kebesaran Allah untuk kaum yang meyakini, dan pada perbedaan malam dan siang, yang datang silih berganti, malam datang lalu siang pergi, dan pada apa yang di turunkan Allah dari langit, seperti hujan sebagai rezeki lalu dengan air hujan itu di hidupkan-Nya bumi setelah matinya, yaitu kering, dan demikian pula pada perkisaran angin ke berbagai arah, perbedaan suhu dan kekuatannya serta manfaat dan bahayanya, terdapat pula tanda-tanda keesaan, kekuasaan, dan kebesaran Allah bagi kaum yang mengerti.


Anda belum lancar atau belum hafal al-Qur'an? Klik di sini sekarang!

Itulah beberapa penjelasan dari kalangan pakar tafsir berkaitan isi dan arti surat Al-Jatsiyah ayat 3 (arab-latin dan artinya), semoga menambah kebaikan bagi kita semua. Dukung perjuangan kami dengan memberikan tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Halaman Banyak Dikunjungi

Telaah ratusan konten yang banyak dikunjungi, seperti surat/ayat: Ali Imran 26-27, Al-Qalam, An-Najm 39-42, Ar-Ra’d 31, Al-Hujurat 11, Al-Ahzab 43. Termasuk Al-Baqarah 261, Al-Baqarah 285, Ar-Rahman 33, Al-‘Ashr 3, Al-Anbiya 19, Al-Baqarah 282.

  1. Ali Imran 26-27
  2. Al-Qalam
  3. An-Najm 39-42
  4. Ar-Ra’d 31
  5. Al-Hujurat 11
  6. Al-Ahzab 43
  7. Al-Baqarah 261
  8. Al-Baqarah 285
  9. Ar-Rahman 33
  10. Al-‘Ashr 3
  11. Al-Anbiya 19
  12. Al-Baqarah 282

Pencarian: as asr, arti dari innama amruhu idza aroda syaian ayyakulalahu kun fayakun, albaqarah ayat 53, isi kandungan surat ali imran ayat 148, surah an naba latin 1-40

Surat dan Ayat Rezeki

GRATIS Dapatkan pahala jariyah dan buku digital "Jalan Rezeki Berlimpah". Caranya, copy-paste text di bawah dan kirimkan ke minimal tiga (3) group WhatsApp yang Anda ikuti:

Nikmati kemudahan dari Allah untuk memahami al-Qur’an dengan tafsirnya. Tinggal klik nama suratnya, klik nomor ayat yang berwarna biru, maka akan keluar penjelasan lengkap untuk ayat tersebut:
 
👉 tafsirweb.com/start
 
✅ Bagikan informasi ini untuk mendapat pahala jariyah

Setelah Anda melakukan hal di atas, klik tombol di bawah: