Daftar Isi > Ad-Dukhan > Ad-Dukhan 59

Surat Ad-Dukhan Ayat 59

فَٱرْتَقِبْ إِنَّهُم مُّرْتَقِبُونَ

Arab-Latin: Fartaqib innahum murtaqibụn

Artinya: Maka tunggulah; sesungguhnya mereka itu menunggu (pula).

« Ad-Dukhan 58Al-Jatsiyah 1 »

GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Ad-Dukhan Ayat 59 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Ad-Dukhan Ayat 59 dengan text arab, latin dan artinya. Didapati kumpulan penjabaran dari para ulama terhadap isi surat Ad-Dukhan ayat 59, di antaranya seperti tertera:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka tunggulah (wahai Rasul) apa yang Aku janjikan kepadamu, yaitu kemenangan atas orang-orang musyrk itu dan azab yang menimpa mereka, dan mereka juga menanti-nantikan kematianmu dan kekalahanmu. Mereka akan tahu siapa yang akan memiliki kemenangan, keunggulan dan ketinggian kalimat di dunia dan di akhirat. Sesungguhnya itu adalah milikmu (wahai Rasul) dan orang-orang yang mengikutimu dari orang-orang Mukmin.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

59. Maka tunggulah pertolonganmu dan kehancuran mereka, sesungguhnya mereka menunggu kehancuranmu.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

59. فَارْتَقِبْ إِنَّهُم مُّرْتَقِبُونَ (Maka tunggulah; sesungguhnya mereka itu menunggu (pula))
Yakni tunggulah apa yang Kami janjikan kepadamu berupa kemenanganmu atas mereka dan kebinasaan mereka di tanganmu jika mereka terus menerus kafir terhadap seruan Allah, dan melawan Allah dan rasul-Nya; sebab mereka juga menunggu apa yang akan menimpa mereka berupa kematian atau yang lainnya.


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

59. Maka tunggulah apa-apa yang telah Allah janjikan padamu, dari pertolongan pada mereka dan kehancuran mereka apabila mereka tidak beriman, sesungguhnya mereka menunggu kematianmu, atau selainnya dari beberapa musibah.


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{Maka tunggulah} tunggulah pertolongan untukmu dan kehancuran mereka {Sesungguhnya mereka itu menunggu} menunggu keruntuhan dan kehancuranmu.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

59. “maka tunggulah,”yakni, tunggulah kebaikan dan kemenangan yang dijanjikan Rabbmu padamu, “sesungguhnya mereka itu menunggu (pula)” azab yang akan menimpa mereka. Perbedaan yang jauh antara kedua penantian. Rasulullah dan para pengikutnya menantikan kebaikan dunia dan akhirat sedangkan penentang mereka menanti keburukan dunia dan akhirat.


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ad-Dukhan ayat 59: (Maka tunggulah) nantikanlah kebinasaan mereka (sesungguhnya mereka itu menunggu pula) kebinasaanmu. Ayat ini diturunkan sebelum ada perintah untuk berjihad melawan mereka.


Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Kehancuran mereka.

Kehancuranmu. Bisa juga diartikan, maka tunggulah apa yang dijanjikan Tuhanmu berupa kebaikan dan pertolongan, sesungguhnya mereka juga menunggu hal yang menimpa mereka berupa azab. Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam dan para pengikutnya menunggu kebaikan di dunia dan akhirat, sedangkan musuh mereka menunggu keburukan di dunia dan akhirat.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ad-Dukhan Ayat 59

Maka tunggulah, wahai Muhammad, apa yang akan terjadi pada mereka dengan dosa-dosa mereka. Sesungguhnya, mereka itu juga sedang menunggu apa yang akan terjadi pada dirimu dan dakwahmu. 1. H' m'm.


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah berbagai penjelasan dari berbagai mufassirun mengenai isi dan arti surat Ad-Dukhan ayat 59 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi ummat. Dukung kemajuan kami dengan memberikan link menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.