Daftar Isi > Ad-Dukhan > Ad-Dukhan 27

Surat Ad-Dukhan Ayat 27

وَنَعْمَةٍ كَانُوا۟ فِيهَا فَٰكِهِينَ

Arab-Latin: Wa na'mating kānụ fīhā fākihīn

Artinya: Dan kesenangan-kesenangan yang mereka menikmatinya,

« Ad-Dukhan 26Ad-Dukhan 28 »

GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Ad-Dukhan Ayat 27 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Ad-Dukhan Ayat 27 dengan text arab, latin dan artinya. Terdokumentasikan beraneka penafsiran dari beragam pakar tafsir terkait makna surat Ad-Dukhan ayat 27, di antaranya seperti di bawah ini:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

25-27. Berapa banyak harta peninggalan Fir’aun dan kaumnya setelah mereka binasa dengan ditenggelamkannya mereka oleh Allah berupa kebun-kebun dan ladang-ladang hijau, mata air yang mengalir, tanaman dan bangunan-bangunan yang indah dan kehidupan di mana mereka dulu mereguk kenikmatan di dalamnya.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

27. Serta betapa banyak mereka meninggalkan kehidupan bersenang-senang yang sebelumnya mereka nikmati.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

27. وَنَعْمَةٍ (dan kesenangan-kesenangan)
Yakni berupa harta benda dan kebaikan yang banyak.

كَانُوا۟ فِيهَا فٰكِهِينَ (yang mereka menikmatinya)
Makna (الفاكه) yakni oran yang menikmati segala jenis kenikmatan sebagaimana seseorang yang menikmati segala jenis buah-buahan.


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

27. Dan kenikmatan: yang meliputi harta, kebaikan yang luas, mereka bersenang-senang dan tenang


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

{dan kesenangan-kesenangan} penghidupan {yang dapat mereka nikmati di sana} yang mereka nikmati


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

25-28. karena itu Allah berfirman, ”alangkah banyaknya taman dan mata air yang mereka tinggalkan, dan kebun-kebun serta tempat-tempat yang indah-indah, dan kesenangan –kesenangan yang mereka menikmatinya, demikianlah dan kami wariskan,” nikmat tersebut “kepada kaum yang lain” , dalam ayat lain ”seperti itulah kami mewaiskannya untuk bani israil.” (asy syura:59)


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ad-Dukhan ayat 27: (Dan nikmat) kesenangan (yang dahulu mereka bergelimang di dalamnya) bersenang-senang di dalamnya.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ad-Dukhan Ayat 27

25-27. Setelah mereka ditenggelamkan dan semuanya mati, maka Allah menjelaskan bahwa betapa banyak taman-taman yang indah lagi menawan dan mata air mata air yang mengalir yang mereka tinggalkan, juga kebun-kebun yang beraneka ragam dan macamnya serta tempat-tempat kediaman yang nyaman, menyenangkan, dan indah, dan kesenangan-kesenangan hidup yang berlimpah yang mereka semua adalah penikmatnya sebelum peristiwa penenggelaman itu terjadi. 28. Demikianlah kami menguraikan dan menggambarkan keadaan mereka sebelum itu dan balasan yang kami timpakan kepada mereka karena perbuatan mereka sendiri, dan kami wariskan semua itu, yakni peninggalan mereka itu, kepada kaum yang lain sesudah mereka.


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian berbagai penafsiran dari para ahli ilmu berkaitan makna dan arti surat Ad-Dukhan ayat 27 (arab-latin dan artinya), moga-moga berfaidah bagi kita bersama. Support usaha kami dengan mencantumkan hyperlink ke halaman ini atau ke halaman depan TafsirWeb.com.