Daftar Isi > Ad-Dukhan > Ad-Dukhan 23

Surat Ad-Dukhan Ayat 23

فَأَسْرِ بِعِبَادِى لَيْلًا إِنَّكُم مُّتَّبَعُونَ

Arab-Latin: Fa asri bi'ibādī lailan innakum muttaba'ụn

Artinya: (Allah berfirman): "Maka berjalanlah kamu dengan membawa hamba-hamba-Ku pada malam hari, sesungguhnya kamu akan dikejar,

« Ad-Dukhan 22Ad-Dukhan 24 »

GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Ad-Dukhan Ayat 23 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas merupakan Surat Ad-Dukhan Ayat 23 dengan text arab, latin dan artinya. Terdokumentasi kumpulan penjelasan dari kalangan ulama tafsir terhadap isi surat Ad-Dukhan ayat 23, antara lain sebagaimana tercantum:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

berjalanlah kamu (wahai Musa) bersama hamba-hambaKu (yang membenarkanmu, juga beriman kepadamu dan mengikutimu, dan bukan orang-orang yang mendustakanmu dari mereka) di malam hari. Namun Kalian akan dikejar oleh Fir’aun dan bala tentaranya, namun kalian akan selamat, sedangkan Fir’aun dan bala tentaranya akan tenggelam.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

23. Maka Allah memerintahkan Musa agar pergi bersama kaumnya pada malam hari, dan mengabarkan kepadanya bahwa Fir'aun dan kaumnya akan mengikutinya.


Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

23-27. Maka Allah mewahyukan kepada Musa: pergilah di malam hari bersama orang-orang yang beriman kepadamu, karena kalian akan dikejar oleh Fir’aun dan tentaranya. Dan biarkanlah lautan terbelah setelah kamu pukul dengan tongkatmu, hingga Fir’aun dan tentaranya memasukinya; maka mereka akan tenggelam di laut itu.

Mereka semua tenggelam, dan meninggalkan kebun-kebun hijau, mata air, berbagai jenis tanaman, istana-istana mewah, dan kehidupan yang penuh dengan kenikmata.


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

23. فَأَسْرِ بِعِبَادِى لَيْلًا ((Allah berfirman): “Maka berjalanlah kamu dengan membawa hamba-hamba-Ku pada malam hari)
Allah mengabulkan do’anya, maka Allah memerintahkannya untuk pergi bersama Bani Israil pada malam hari.

إِنَّكُم مُّتَّبَعُونَ (sesungguhnya kamu akan dikejar)
Yakni dikejar oleh Fir’aun dan bala tentaranya.


Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

23. Maka berjalanlah (Musa) beserta Bani Israil (kaumku) pada malam hari, sesungguhnya kalian semua akan dikejar oleh pengikut fir’aun dan pasukannya.


Tafsir Ash-Shaghir / Fayiz bin Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah oleh Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor tafsir Univ Islam Madinah

“Maka berjalanlah dengan hamba-hambaKu } maka berjalanlah bersama Bani Israil {pada malam hari. Sesungguhnya kalian akan diikuti


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

23. kemudian Allah memerintahkan agar pergi bersama hamba-hambaNya di malam hari dan Allah memberitahukan bahwa fir’aun dan kaumnya akan mengikutinya.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Ad-Dukhan ayat 23: Maka Allah swt. berfirman, ("Maka berjalanlah kamu) lafaz ini dapat dibaca Fa-asri atau Fasri (dengan membawa hambahamba-Ku) yaitu Bani Israel (pada malam hari, sesungguhnya kalian akan dikejar) oleh Firaun dan kaumnya.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Ad-Dukhan Ayat 23

23-24. Allah menyambut permohonan nabi musa dengan berfirman kepadanya, 'karena itu berjalanlah pada malam hari dengan hamba-hamba-ku, sesungguhnya kamu, wahai musa dan pengikut-pengikutmu, akan di ikuti, yakni di kejar oleh fir'aun dan bala tentaranya, dan jika kamu semua nanti sampai di laut merah, maka pukulkanlah tongkatmu, dan laut akan terbelah, lalu menyeberanglah kamu semua. Bila kamu telah tiba di pantai, biarkanlah laut itu tetap terbelah sehingga fir'aun dan bala tentaranya berusaha menyeberangi laut itu. Sesungguhnya mereka, yakni fir'aun dan pengikut-pengikutnya adalah bala tentara yang akan di tenggelamkan ketika mereka berada di tengah-tengah laut itu. '23-24


GRATIS! Dapatkan buku Jalan Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikianlah berbagai penjabaran dari para ulama terkait kandungan dan arti surat Ad-Dukhan ayat 23 (arab-latin dan artinya), semoga membawa manfaat untuk ummat. Sokonglah dakwah kami dengan memberi tautan menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.