Surat Az-Zukhruf Ayat 83

فَذَرْهُمْ يَخُوضُوا۟ وَيَلْعَبُوا۟ حَتَّىٰ يُلَٰقُوا۟ يَوْمَهُمُ ٱلَّذِى يُوعَدُونَ

Arab-Latin: Fa żar-hum yakhụḍụ wa yal'abụ ḥattā yulāqụ yaumahumullażī yụ'adụn

Terjemah Arti: Maka biarlah mereka tenggelam (dalam kesesatan) dan bermain-main sampai mereka menemui hari yang dijanjikan kepada mereka.

Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Surat Az-Zukhruf Ayat 83

Terdokumentasikan beberapa penafsiran dari para mufassirun berkaitan isi surat Az-Zukhruf ayat 83, di antaranya sebagaimana terlampir:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Maka biarkanlah (wahai rasul), orang-orang yang berdusta atas Nama Allah berbicara dalam kebatilan mereka dan bermain-main di dunia mereka, sampai mereka mendapatkan hari yang diancamkan kepada mereka, yaitu azab, bisa di dunia dan bisa di akhirat atau bisa pula di keduanya sekaligus.


Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

83. Maka tinggalkanlah mereka -wahai Rasul- terus tenggelam dalam kebatilan yang mereka lakukan dan bermain-main hingga mereka mendapati hari yang dijanjikan kepada mereka, lalu mereka mengetahui akibat dari apa yang telah mereka lakukan dan menyesal.


Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah

83. فَذَرْهُمْ يَخُوضُوا۟ وَيَلْعَبُوا۟ (Maka biarlah mereka tenggelam (dalam kesesatan) dan bermain-main)
Yakni tenggelam dalam memberbincangkan kedustaan mereka dan bermain-main dalam dunia mereka.

حَتَّىٰ يُلٰقُوا۟ يَوْمَهُمُ الَّذِى يُوعَدُونَ(sampai mereka menemui hari yang dijanjikan kepada mereka)
Yakni pada hari kiamat.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, pakar fiqih dan tafsir negeri Suriah

83. Biarkanlah atau tinggalkanlah mereka dalam kesesatan mereka, terlena dalam keduniaan mereka, sampai mereka akan tahu sendiri akan datangnya hari kiamat yang telah mereka tunggu-tunggu.


Tafsir as-Sa'di / Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, pakar tafsir abad 14 H

83. “maka biarkanlah mereka tenggelam (dalam kesesatan) dan bermain-main,” yakni tenggelam dalam kebatilan dan bermain-main dengan kemustahilan. Ilmu mereka membahayakan dan tidak berguna, karena mereka menyelami dan meneliti berbagai ilmu yang digunakan untuk menentang kebenaran yang dibawa oleh para rasul. Semua tindakan mereka adalah permainan dan kebodohan yang tidak bisa menyucikan jiwa dan membuahkan pengetahuan. Oleh sebab itulah Allah mengancam mereka dengan sesuatu di hadapan mereka pada hari kiamat seraya berfirman, ”sampai mereka menemui hari yang dijanjikan kepada mereka,” mereka akan mengetahui apa yang mereka dapatkan berupa kesengsaraan abadi dan siksa yang terus menerus.


An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Az-Zukhruf ayat 83: (Maka biarlah mereka tenggelam) dalam kesesatannya atau dalam kebatilannya (dan bermain-main) di dalam dunia mereka (sampai mereka menemui hari yang dijanjikan kepada mereka) yaitu azab yang dijanjikan kepada mereka pada hari kiamat nanti.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur'an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Di dunia. Oleh karena itu, ilmu mereka merugikan mereka dan tidak bermanfaat; mereka tenggelam dalam mengkaji ilmu-ilmu untuk menolak yang hak dan apa yang dibawa para rasul. Perbuatan mereka adalah main-main dan kebodohan, tidak membersihkan jiwa dan membuahkan pengetahuan. Oleh karena itu, pada lanjutan ayatnya Allah Subhaanahu wa Ta'aala mengancam mereka dengan hari Kiamat, “Sampai mereka menemui hari yang dijanjikan kepada mereka.”

Yaitu hari Kiamat, dimana mereka akan mengetahui apa yang mereka dapatkan, yaitu kesengsaraan yang kekal dan azab yang tetap.


Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Az-Zukhruf Ayat 83

Jika mereka tetap bersikeras dengan kesesatan itu, maka biarkanlah mereka, wahai nabi Muhammad, tenggelam dalam kesesatannya dan bermain-main dengan kesesatan yang mereka yakini itu sampai mereka menemui hari yang di janjikan kepada mereka, yakni hari kiamat di mana mereka akan mempertanggungjawabkan semua amal yang telah mereka lakukan. 84. Dan dialah tuhan yang mahasuci dari segala kekurangan, dialah tuhan yang disembah di langit dan dia pulalah tuhan yang disembah di bumi dan dialah yang mahabijaksana terhadap semua yang di ciptakan-Nya, maha mengetahui terhadap segala sesuatu yang nyata maupun yang tersembunyi.


Dapatkan pahala berdakwah dan gratis buku Rahasia Rezeki Berlimpah, klik di sini untuk detailnya

Demikian pelbagai penjabaran dari para mufassirun berkaitan kandungan surat Az-Zukhruf ayat 83, semoga bermanfaat bagi ummat. Bantu dakwah kami dengan memberi hyperlink menuju halaman ini atau menuju halaman depan TafsirWeb.com.

Lainnya: Az-Zukhruf Ayat 84 Arab-Latin, Az-Zukhruf Ayat 85 Bahasa Indonesia, Terjemah Arti Az-Zukhruf Ayat 86, Terjemahan Tafsir Az-Zukhruf Ayat 87, Isi Kandungan Az-Zukhruf Ayat 88, Makna Az-Zukhruf Ayat 89

Kategori: Surat Az-Zukhruf

Terkait: « | »

Trending: Surat Yasin, Surat Al-Waqiah, Surat Al-Mulk, Surat Al-Kahfi, Ayat Kursi